Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh teks ceramah

Contoh teks ceramah

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by Okky

More info:

Published by: Okky on Jan 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/09/2013

pdf

text

original

 
MENUNTUT ILMU
 
.
Yang terhormat Tim JuriPara Pegawai Kantor Departemen agama Kab. MUBAPara Dewan Guru PendampingDan teman-teman sekalian yang berbahagia,
 Hadirin dan hadirat yang Insya Allah dirahmati Allah !
 Pertama dan yang paling utama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadiratAllah SWT. Yang telah melimpahkan nikmat-Nya kepada kita semua, sehingga kita bisa bertatapmuka di tempat yang cukup sederhana ini. Dua kenikmatan yang sering dilupakan oleh manusia
Yaitu: Nimat Kesehatan dan kesempatan, …………..
Shalawat dan salam kita sanjungkan kepada Nabi Muhammad SAW. Yang telahmembebaskan kita dari zaman jahiliyah menuju zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan,dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang, dari zaman Siti Khodijah menujuZaman Siti Nur Kholijah, dari zaman Ibu Fatimah menuju zaman Ibu Kita Kartini, berkat jasabeliau Islam tersebar di penjuru dunia. Berkat Jasa beliau pula kita bisa membedakan mana yangbaik dan mana yang buruk.
 Hadirin dan hadirat yang Insya Allah dirahmati Allah !
 Selanjutnya, tidak lupa saya sampaikan banyak terima kasih kepada Moderator dan tim juri yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan beberapa patah kata.Baiklah pada kesempatan ini saya akan ceramah dengan Judul:
“ MENUNTUT ILMU”
 
 Hadirin dan hadirat yang Insya Allah dirahmati Allah !
 Ketahuilah saudara-saudara sekalian, bahwa mencari ilmu itu hukumnya adalah wajibbagi kaum muslimin dan muslimat. Sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW didalam haditsnya:
“Men
cari ilmu itu wajib bagi orang Islam laki-
laki dan perempuan.”
 
Kenapa Rasulullah SAW. Mewajibkan umatnya untuk menuntut ilmu ? Karenailmu sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Dengan ilmu, kita bisamenundukkan seluruh makhluk Allah di dunia ini. Kita bisa menguasai gunung, bintang,bulan, langit, tumbuh-tumbuhan dan binatang buas sekalipun. Dengan ilmu pula kita bisamemimpin dunia, memimpin seluruh makhluk hidup. Dan dengan ilmu kita bisa menjadimakhluk yang terbaik di antara makhluk Allah SWT. Tetapi jika tidak berilmu, kita akan
 
menjadi bodoh, tidak tahu apa-apa di dunia ini dan pada akhirnya kita menjadi makhluk yang paling jelek dan paling rendah.
 
Saudara sekalian Seakidah !!!
 Sebagaimana saya sebutkan di awal, bahwa ilmu pengetahuan sangat penting dalamhidup ini, karena dengan ilmu pengetahuan kita akan mendapatkan kebahagiaan baik di duniamaupun di akherat. Oleh karena itu, barang siapa yang menghendaki bahagia di dunia, makaharus menguasai ilmu dunia, begitu juga barang siapa yang menghendaki bahagia di akherat, jaga harus dengan ilmu. Sebagaimana sabda Nabi Muhmmad SAW bersabda:Artinya:
“Barangsiapa yang menghendaki dunia maka hendaklah ia berilmu, dan barang siapa
 yang menghendaki akhirat maka hendaklah ia berilmu dan barang siapa yang menghendaki
keduanya, hendaklah ia berilmu.”
(Al Hadits).Dari keterangan hadits ini kita bisa menyimpulkan, betapa pentingnya ilmu bagi kehidupanmanusia. Karena itulah manusia akan tingi derajatnya di sisi Allah, dan Allah akan mengagkatderajat orang-orang yang berilmu ke beberapa tingkat (derajat). Sebagaimana Firman Allahdalam surat Al Mujadalah ayat : 11:
“… Niscaya Allah akan meninggikan orang 
-orang yang beriman dan berilmu pengetahuanbeb
erapa derajat.”
(QS. Al Mujadalah: 11)Karena ilmu pula yang membedakan manusia dengan hewan. Begitu pentingnya ilmu
 bagi kehidupan manusia, Allah mengisyaratkan dalam Al Qur’an bahwa pada wahyu pertama,
kata yang pertama dipakai adalah kata I
QRA’, yang artinya
bacalah
. Membaca adalah carauntuk mendapatkan ilmu, tanpa mau membaca seseorang sangat sulit mendapatkan ilmu.Sebagai manusia, kita memiliki akal atu intelegensi. Dengan akal inilah kita dapatmencari ilmu pengetahuan, yang mana akan menjadikan kita berbeda dengan binatang.Makhlukflora dan Fauna tidak mampu mencari ilmu, karena mereka tidak berakal. Itulahsebabnya manusia lebih unggul ketimbang makluk lainya. Misalnya, manusia dapatmenaklukkan semua makhluk di dunia ini seperti gunung-gunung yang besar, pohon-pohonraksasa, hewan-hewan buas dan lain-lain.Dapat kita bayangkan, jikalau kita tidak memiliki ilmu, maka kita akan sama derajatnyadengan makhluk lain, atau bahkan mungkin lebih hina. Menuntut ilmu tidak ada batasannya,meskipun sudah tamat MI, MTs, MA atau sampai Sarjana. Kita wajib menuntut ilmu dari buaiansampai keliang lahat. Sebagaimana sabda Nabi:
“Carilah ilmu sejak dari buaian sampai keliang lahat.”
Dan sabda beliau :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->