Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Budaya 5

Budaya 5

Ratings: (0)|Views: 186|Likes:
Published by Suko Iswahyudi

More info:

Published by: Suko Iswahyudi on Jan 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/30/2013

pdf

text

original

 
Menggali dan Memodifikasi Budaya1. Mencari PersepsiBUDAYA
 Nilai-nilai/norma kerja(dari pendiri/perintis)Apakah1.Nilai-nilai masih relevan dengan situasidan kondisi saat ini2.Nilai-nilai tersebut memang sesuai dengannilai yang dianut oleh perusahaanLangkah-langkahDalam memilih budaya perusahaan.Mencari persepsi/ core valuesMencari persepsi mayoritasDari persepsi mayoritas dibuat key-wordsMenentukan strategi sosialisasiEmplementasikan budaya organisasi/perusahaanSosialisasi (key words di tuangkan dalam bentuk slogan)Proses sosialisasi dan mengamalan budaya perusahaan.AdaPada semua perusahaan
 
a. Tujuan dan misi perusahaan b. Pola kerja yang dianutc. Gaya kepemimpinan (power, charisma, wibawa dll).
2. Mencari persepsi mayoritas
a. Membuat daftar pertanyaan tentang persepsi yang diinginkanb. Mentabulasi dan memberikan ranking dari nilai-nilai yang masuk c. Seleksi sesuai dengan ranking yang ada.Hasil seleksi berdasarkan daftar pertanyaan akan ditemukan sejumlah persepsi-persepsi, core values, gambaran situasi, kondisi, nilai moral dan lain-lain.
3. Dari persepsi mayoritas dibuat key-words
a. Menentukan beberapa nilai yang akan dijadikan nilai kunci/inti persepsib. Memilah dari nilai kunci tersebut untuk dijadikan nilai inti atau nilai tambahan/ penunjangc. Kesepakatan menentukan nilai yang akan dijadikan budaya perusahaan.Kata-kata ini akan menjadi inti dari pembentukan budaya organisasi/perusahaanyang akan ditawarkan kepada seluruh anggota organisasi dan lingkunganorganisasi yang terkait.
4. Menentukan strategi sosialisasi 
a. Sosialisasi melalui pengenalan nilai-nialai budaya yang disepakati keseluruhkaryawanb. Menentukan sangsi jika nilai-nilai budaya tidak dilaksanakanc. Membentuk tim penilai sebagai pelaksana dan pengawasan terlaksananya budayaorganisasi.
 
Strategi harus dibedakan, untuk internal seluruh anggota organisasi/perusahaandan eksternal seperti pelanggan, penyalur, nasabah dan lain-lain.
5
.
Implementasikan budaya perusahaan
 a. Ada kesepakatan dari semua karyawan untuk mengimplementasi budaya perusahaan tersebut.b. Ada kesepakatan untuk menerima sangsi yang sudah ditentukan jika ada pelanggaran nilai-nilai budaya yang sudah disepakati bersama.c. Tim penilai bekerja menjalankan tugasnya sesuai dengan
SK 
yang ditetapkan.Dalam emplementasi budaya organisasi/perusahaan akan tercermin tujuanstrategis dan tujuan yang ingin dicapai bersama oleh perusahaan.
6. Sosialisasi (key words di tuangkan dalam bentuk slogan)
a.
 
Semua anggota perusahaan sepakat untuk mengimplementasikan nilai-nilai budaya sesuai dengan aturan yang ada.b. Di tempat-tempat strategis dicantumkan slogan-slogan tentang budayaorganisasi/perusahaan.Slogam ini ditanamkan dalam benak seluruh anggota organisasi melalui berbagaisarana yang ada dan berlaku diperusahaan.
7. Proses sosialisasi dan mengamalan budaya perusahaan 
a
.
Dalam tahap ini diuraikan lebih teknis mengenai pelaksanaan proses sosialisasidari budaya organisasi/perusahaan.b
.
Semua karyawan taat dan patuh melaksanakan budaya perusahaan yang sudah
 
disepakati bersama.Di samping proses formulasi dan sosialisasi dibutuhkan juga promosi dan publisitas atau menggunakan sarana lain sebagai media komunikasi seperti;emblem, gantungan kunci, dompet, pakaian seragam, poster, buku pedoman danlain-lain. Dengan maksud untuk memaksa secara halus anggota organisasi/ perusahaan memahami nilai-nilai yang sudah menjadi ketentuan. Dengan katalain seluruh anggota organisasi mau tidak mau harus memahami dan melaksana-kan budaya secara idial. 
Mengembangkan Budaya organisasi 
JCG mengembangkan model pengembangan budaya organisasi yang disebut JCG’s
Corporate Culture Development Model.
Model ini merupakan tuntunan yang menunjukkan tahapan tentang
“start-to-finish”
 proses yang harus dilakukan untuk mengembangkan budaya organisasi/perusahaan:Gambar konsep Pengembangan Budaya Perusahaan JCG:
“S“
Model 
Sumber: Susanto et al; (
2008;178
)
Proses pengembangan ini memerlukan tiga (3) aspek utama;
pertama
diperlukanmetodologi khusus,
kedua
diperlukan rumusan nilai-nilai baru yang tegas dan jelas,
ketiga
pemahaman mengenai besarnya kesenjangan antara nilai yang dianutsaat ini dengan nilai-nilai yang ingin dicapai.
2. CulturalAssessment3. BS & NCSReview1. SEM4.Differentiation5. NCS Core ValueDev’t6. MeasuringThe Gap7. Soc.StratDev’s8. InternStratDev’s9. ExecutiveEnhancement
1. Pertemuan EksplorasiStrategis (kajian Organisasi).2. Kajian Budaya3. Kajian Strategi Bisnis & Nilai-nilai ”NCS4. Diferensiasi Antara Tata Nilai Unggulan denganSub-budaya5. Mengembangkan Tata Nilai ”NCS” Unggulan6. Mengukur KesenjanganBudaya7. Menyusun strategiSosialisasi8. Menyusun StrategiInternalisasi9. Pembekalan Eksekutif 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->