Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
07_bab6

07_bab6

Ratings: (0)|Views: 217 |Likes:
Published by awznu

More info:

Published by: awznu on Jan 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/11/2014

pdf

text

original

 
VI
BAB
Mengomunikasikan HasilPenelitian
Tujuan Pembelajaran:
S
egala sesuatu agar bisa diketahui oleh orang lain atau umum, maka harusdikomunikasikan. Misalnya penemuan di bidang teknologi komunikasi, sepertiberbagai tipe
handphone 
terbaru harus dikomunikasikan agar dapat diketahui olehmasyarakat melalui berbagai iklan di media massa. Begitupun juga dalam penelitiansosial. Hasil-hasil penelitian sosial yang mengungkap berbagai fenomena sosialyang terjadi di sekitar kita harus dikomunikasikan pada masyarakat umum.
Mengomunikasikan hasil penelitian 
ini dapat dilakukan dengan mengadakan seminarseperti terlihat pada gambar di atas atau melalui diskusi kelas. Pada bab ini kamuakan belajar mengenai bentuk-bentuk diskusi kelas, cara dan prosedurmempresentasikan laporan hasil penelitian, serta cara membuat artikel untukmempublikasikan hasil penelitian.
Sumber:
Tempo, 4 Juli 2005 
 
Peta Konsep
laporan penelitianpresentasipenulisan artikeldiskusi kelas
Kata Kunci
Isi artikelFormat artikelFungsi dan tujuan
MengomunikasikanHasil Penelitian
Membuat laporanpenelitianHakikat penulisanlaporanCiri penulisan laporanFungsi penulisanlaporanFormat penulisanlaporanPetunjuk penulisanPenelaahan penulisanMembuat artikel hasilpenelitian
Mempresentasikanlaporan penelitian
Bentuk diskusi kelas
Presentasi hasil pene-litian
 
Mengomunikasikan Hasil Penelitian
165
Penelitian mengumpulkan data secara objektif, tidak beratsebelah dalam arti hanya mengumpulkan data yang men-dukung kebenaran sebuah hipotesis dan mengabaikan data yangtidak sejalan dengan harapan-harapan pribadi peneliti. Data-data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan meng-gunakan metode yang sesuai permasalahan yang diteliti.Langkah selanjutnya adalah membuat laporan hasil penelitianyang di dalamnya mengandung penjelasan masalah yang diteliti,pelaksanaan penelitian, dan kesimpulan hasil penelitian. Laporanhasil penelitian yang telah disusun oleh peneliti hendaknyadiseminarkan atau didiskusikan terlebih dahulu sebelum dibacaoleh masyarakat umum atau orang-orang yang berhubungandengan masalah yang diteliti. Harapannya agar memperolehsaran yang membangun demi kebaikan hasil penelitian.
A.Penulisan Laporan Penelitian
Penelitian merupakan alat yang dapat digunakan untukmenyelidiki gejala-gejala sosial dan berbagai permasalahan yangterjadi di masyarakat. Karena ditujukan kepada masyarakat,maka masyarakat harus mengetahui hasil dari penelitian itu.Dengan demikian harus disusun laporan penelitian.
1.Hakikat Penulisan Laporan
Tahap akhir dari suatu kegiatan penelitian adalah menulisatau menyusun laporan penelitian. Penulisan laporan penelitianmerupakan bagian yang sangat penting, karena melalui laporanpenelitian tersebut, hasil penelitian dapat dibaca oleh orang lain,mudah dipahami, serta dapat dijadikan sebagai alat dokumentasiuntuk pengujian dan pengembangan penelitian lebih lanjut. Adahal-hal yang prinsip yang perlu diperhatikan dalam membuatlaporan penelitian sosial, yaitu sebagai berikut.a.Penulis menggunakan bahasa sederhana dengan tata bahasayang baku. b.Menghindari penggunaan kata-kata yang bermakna samasecara berulang-ulang.c.Menghindari penggunaan bahasa klise yang kurang bermakna.d.Arah dan tujuan penulisan harus sesuai dengan maksudpenelitian.e.Ada pemisahan antara teori dan hasil penelitian di lapangan.
Tugas Individu
Coba kamu cari karya tulis yang dikumpulkan di perpustakaan! Lakukan penelaahansesuai dengan syarat penulisan laporan di atas! Berikan kritisi dalam bentuk laporanterhadap karya tulis yang telah kamu baca!

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->