Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Dampak Perubahan Sosial

Dampak Perubahan Sosial

Ratings: (0)|Views: 690|Likes:
Published by Arnawan Arief

More info:

Published by: Arnawan Arief on Jan 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/22/2013

pdf

text

original

 
BAB 2 DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL ]Sosiologi XII IPS
1
BAB IIDAMPAK PERUBAHAN SOSIAL DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKATStandar Kompetensi
Memahami dampak perubahan sosial
Kompetensi Dasar
Menjelaskan proses perubahan sosial di masyarakat
Indikator :
1. memberi contoh kasus dampak perubahan sosial2. mengidentifikasi tantangan globalisasi terhadap eksistensi jati diri bangsa3. mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk mengatasi memudarnya jari diri bangsaAlokasi Waktu12 x 45 menit ( 6 pertemuan )
Ringkasan MateriA. Dampak Perubahan Sosial
 1.
Integrasi sosial
 Dalam perubahan sosial di masyarakat, perlu diikuti adanya penyesuaian baik unsurmasyarakat maupun unsur baru. Hal demikian sering disebut sebagai integrasi sosial. Unsuryang saling berbeda dapat saling menyesuaikan diri. Indonesia yang terdiri dariberanekaragam suku bangsa dan budayanya, diharapkan semua unsur/ komponen bangsadapat menyesuaikan diri. Oleh karena itu akan terciptakan integrasi sosial atau integrasinasional Indonesia.2.
Disintegrasi sosial
 Disintegrasi sering diartikan sebagai proses terpecahnya suatu kesatuan menjadibagian-bagian kecil yang trpisah satu sama lain. Sedangkan disintegrasi sosial adalah prosesterpecahnya suatu kelompok sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah satu samalain. Proses ini terjadi akibat hilangnya ikatan kolektif yang mempersatukan anggotakelompok satu sama lain.Perubahan sosial sering ditandai dengan perubahan unsur kebudayaan, tanpadiimbangi perubahan unsur kebudayaan yang lain yang saling terkait. Biasanya unsur yangcepat berubah adalah kebudayaan kebendaan bila dibandingkan dengan kebudayaanrokhani. Dalam hal ini dapat dikemukakan beberapa bentuk :1.
Anomie
 Anomie adalah keadaan kritis dalam masyarakat akibat perubahan sosial dimananorma/ nilai lama memudar, namun norma/ nilai baru yang akan menggantikan belumterbentuk. Dengan demikian dalam kehidupan masyarakat sekolah-olah tidak ada normaatau nilai.
 
BAB 2 DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL ]Sosiologi XII IPS
2
2.
Cultural lag
 Menurut William F. Ogburn dikemukakan sebagai perbedaan taraf kemajuan antaraberbagai bagian dalam kebudayaan, atau ketertinggalan antara unsur kebudayaan materialdengan non material. Penyebab timbulnya cultural lag adalah :a. Kurangnya intetiviteit (penemuan baru) dalam sektor yang harus menyesuaikan denganperkembangan sosial.b. Adanya hambatan terhadap perkembangan pada umumnya.c. heterogenitas/ keberagaman sikap masyarakat yaitu kesiapan dalam menerimaperubahan.d. kurangnya kontak dengan budaya material masyarakat lain.3.
Mestizo culture
 Mestizo culture atau kebudayaan campuran merupakan proses percampuran unsurkebudayaan yang satu dengan unsur kebudayaan lain yang memiliki warna dan sifat yangberbeda. Hal ini bercirikan sifat formalimse, yaitu hanya dapat meniru bentuknya, tetapitidak mengerti akan arti sesungguhnya. Keadaan ini ditandai dengan meningkatnya polakonsumsi masyarakat serta terjadinya demonstrasi efek (pamer kekayaan) yang makinbesar dengan adanya iklan. Kondisi demikian dapat menimbulkan disintegrasi sosial.Dalam kehidupan masyarakat perubahan sosial kadang-kadang dapat menimbulkanketidakseimbangan (disequilibrium). Ketidakseimbangan tersebut dapat disebabkan adanyakesenjangan budaya dalam masyarakat (disintegrasi sosial). Adapun gejala yangmenyebabkan terjadinya disintegrasi sosial adalah sebagai berikut :a. Tidak ada persepsi atau persamaan pandangan di antara anggota masyarakatmengenai norma yang semula dijadikan pegangan oleh anggota masyarakat.b. Norma-norma masyarakat tidak berfungsi dengan baik sebagai alat untuk mencapaitujuan masyarakat.c. Timbul pertentangan norma-norma dalam masyarakat, sehingga menimbulkankebingungan bagi anggota masyarakat itu sendiri.d. Tidak ada tindakan sanksi yang tepat bagi pelanggar norma.e. Tindakan dalam masyarakat sudah tidak sesuai lagi dengan norma masyarakat.f. Interaksi sosial yang terjadi ditandai dengan proses yang bersifat disosiatif.Berdasarkan gejala tersebut, kehidupan dalam masyarakat sudah tidak ada lagipenyesuaian di antara unsur yang berbeda (disintegrasi sosial). Disintegrasi sosial akanmendorong timbulnya gejala kehidupan sosial yang tidak normal yang dinamakan masalahsosial.Adapun bentuk disintegrasi sebagai akibat terjadinya perubahan sosial yang dapat dijumpaidi Indonesia cukup kompleks.
1. Pergolakan di daerah
Pergolakan daerah adalah peristiwa disintegrasi yang mempermasalahkan isu lokal/daerah. Pergolakan dapat berupa tuntutan sekelompok massa kepada kelompok laintermasuk the rulling class (penguasa). Dari bentuk disintegrasi ini kita dapat mengambilpelajaran untuk lebih berhati-hati dalam melangkah terutama menyangkut hal mendasardan melibatkan masyarakat luas. Hal ini dapat dicontohkan gerakan RMS (1950), DI/TII(1949
1962), PRRI/Permesta (1957-1958), pergolakan di Aceh, pergolakan di Papua, dansebagainya.Timbulnya pergolakan daerah dapat dilatarbelakangi hal berikut :a. Sentimen kedaerahan dan primordialisme lebih berkembang dibanding sentimennasionalisme.b. Sentralisasi kehidupan ekonomi dan politik yang mengakibatkan perbedaanpertumbuhan yang tajam antara pusat dan daerah.
 
BAB 2 DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL ]Sosiologi XII IPS
3
Adapun faktor yang dapat memunculkan pergolakan di daerah atau konflik antarkelompok antara lain :a. Program pembangunan yang dilaksanakan tidak memperhatikan kondisi sosial budayamasyarakat setempat.b. Kurang berfungsinya lembaga masyarakat.c. Ketidakstabilan situasi politik dan keamanan nasional.d. Sarana-sarana komunikasi dan interaksi sosial antar daerah di berbagai bidang tidakberjalan dengan baik.e. Terjadinya kesenjangan sosial ekonomi di masyarakat.f. Masing-masing kelompok atau daerah memiliki kesetiaan primordial yang berlebihan.Pergolakan yang kemungkinan berlangsung dalam masyarakat dapat diminimalisirdengan cara :a. Menyusun perencanaan pembangunan yang mengarah pada peningkatan kualitas hidupmasyarakat dan meminimalkan konflik.b. Memfungsikan secara optimal lembaga sosial kemasyarakatan sebagai kontrol sosial.c. mengefektifkan sarana komunikasi, interaksi atau kerjasama antar kelompok denganbaik.d. Berbagai pihak yang ada dalam masyarakat diajak bersama dalam kelangsungan prosespembangunan.e. Proses pembauran bangsa atau antar suku bangsa harus tetap dijalankan.f. Mempertegas tata nilai hukum dalam kehidupan bangsa.g. Membudayakan nilai Pancasila dan UUD 1945.
2.
 
Aksi protes dan demonstrasi
Aksi protes dapat diartikan gerakan yang dilakukan secara perorangan atau bersamauntuk menyampaikan pernyataan tidak setuju yang oleh sebagian besar orang biasanyadilancarkan melalui kecaman pedas. Demonstrasi adalah tindakan sekelompok orang secarabersama-sama untuk menunjukkan rasa ketidakpuasan yang pada umumnya menyangkutbidang ekonomi, sosial dan politik.Bentuk disintegrasi ini dapat dikategorikan menjadi :a. demonstrasi yang berkaitan dengan sengketa tanahAksi ini biasanya dilakukan petani dengan latar belakang mereka merasa ganti rugiyang kurang layak dan ditetapkan secara sepihak, misal pengalihan hak untuk kepentinganekonomi dan industri seperti perumahan, industri dan kantor.b. demonstrasi yang berkaitan dengan perburuhanKategori ini termasuk paling menonjol dan cenderung meningkat. Meningkatnyakasus ini seiring dengan pesatnya perkembangan industri di Indonesia. Tuntutan yangdiajukan menyangkut perbaikan kesejahteraan misal, kenaikan upah (UMK), jaminan sosialdan kondisi dan keselamatan kerja.c. demonstrasi dan protes mahasiswaMahasiswa sering dianggap sebagai tumpuan bagi perubahan (agent of change).Tindakan mahasiswa terpusat pada isu lokal/daerah, namun memiliki konteks nasional.Dengan demikian masalah yang diangkat tumpang tindih dengan demonstrasi petani danburuh.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->