Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah HAM

Makalah HAM

Ratings: (0)|Views: 44 |Likes:
Published by hafizthewell

More info:

Published by: hafizthewell on Jan 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/02/2013

pdf

text

original

 
3
BAB I
 
1.
 
Pengertian Hak Asasi Manusia
Hak Asasi Manusia(HAM) adalah hak yang melekat pada diri setiap manusia sejak awaldilahirkan yang berlaku seumur hidup dan tidak dapat diganggu gugat siapa pun. Sebagaiwarga negara yang baik kita harus menjunjung tinggi nilai hak asasi manusia tanpamembeda-bedakan status, golongan, keturunan, jabatan, dan lain sebagainya.Melanggar HAM seseorang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia. Hak Asasi Manusia memiliki wadah organisasi yang mengurus permasalahan seputar hak asasimanusia yaitu Komnas HAM. Kasus pelanggaran HAM di Indonesia memang masih banyak yang belum terselesaikan/tuntas sehingga diharapkan perkembangan dunia HAM diIndonesia dapat terwujud ke arah yang lebih baik. Salah satu tokoh HAM di Indonesiaadalah Munir yang tewas dibunuh di atas pesawat udara saat menuju Belanda dariIndonesia.Pembagian Bidang, Jenis dan Macam Hak Asasi Manusia Dunia:1.
 
Hak Asasi Pribadi/Personal Right 
 
Hak kebebasan untuk bergerak, bepergian dan berpindah-pindah tempat 
 
Hak kebebasan mengeluarkan atau menyatakan pendapat 
 
Hak kebebasan memilih dan aktif di organisasi atau perkumpulan
 
Hak kebebasan untuk memilih, memeluk, dan menjalankan agama dan kepercayaanyang diyakini masing-masing2.
 
Hak Asasi Politik/Political Right 
 
Hak untuk memilih dan dipilih dalam suatu pemilihan
 
Hak ikut serta dalam kegiatan pemerintah
 
Hak membuat dan mendirikan Parpol/Partai politik dan organisasi politik lainnya
 
Hak untuk membuat dan mengajukan suatu usulan petisi
 
4
3.
 
Hak Asasi Hukum/Legal Equality Right 
 
Hak mendapatkan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan
 
Hak untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil(PNS)
 
Hak mendapat layanan dan perlindungan hukum4.
 
Hak Asasi Ekomomi/Property Right 
 
Hak kebebasan melakukan kegiatan jual beli
 
Hak kebebasan mengadakan perjanjian kontrak 
 
Hak kebebasan menyelenggarakan sewa-menyewa, hutang-piutang, dll
 
Hak kebebasan untuk memiliki sesuatu
 
Hak memiliki dan mendapat pekerjaan yang layak 5.
 
Hak Asasi Peradilan/Procedural Right 
 
Hak mendapat pembelaan hukum di pengadilan
 
Hak persamaan atas perlakuan penggeledahan, penangkapa, penahanan, danpenyelidikkan di mata hukum6.
 
Hak Asasi Sosial Budaya/Social Culture Right 
 
Hak menentukan, memilih dan mendapatkan pendidikan
 
Hak mendapatkan pengajaran
 
Hak untuk mengembangkan budaya yang sesuai dengan bakat dan minat Keenam Hak Asasi Manusia tersebut telah ditandatangani oleh lima belas besar DewanAnggota Eropa di Roma, pada tanggal 4 Nopember 1950, mengakui pernyataan umum hak-hak asasi manusia yang diproklamasikan Sidang Umum PBB 10 Desember 1948.Menurut Myres Mc Dougal, yang mengembangkan suatu pendekatan tehadap Hak AsasiManusia yang sarat nilai dan berorientasi pada kebijakan, berdasarkan pada nilai luhurperlindungan terhdap martabat manusia. Tuntutan pemenuhan hak asasi manusia berasaldari pertukaran nilai-nilai intenasional yang luas dasarnya.Nilai-nilai ini dimanifestasikan oleh tuntunan-tuntunan yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan social, seperti rasa hormat, kekuasaan pencerahan, kesejahteraan, kesehatan,
 
5
keterampilan, kasih sayang dan kejujuran. Semua nilai ini bersama-sama mendukung dandisahkan oleh nilai luhur martabat manusia.Artinya Hak Asasi Manusia itu muncul karena adanya segelintir factor-faktor yangmengharuskan Hak Asasi Manusia itu harus diterapkan didunia karena adanya akulturasidan asimilasi yang diambil dari luar dan saling berhubungan satu sama lain diduniainternasional antara nila-nilai positif mengenai adanya pengakuan terhadap hak setiapindividu. Faktor-faktor itu meliputi:Kebutuhan-kebutuhan social yang artinya manusia saling membutuhkan satu sama lain dantidak mampu hidup sendiri sebagai seorang individu oleh sebab itu manusia akan selaluberinteraksi dengan lingkungan sekitarnya, Saling berkerjasama dan saling melengkapisatu sama lain.Untuk menciptakan kerjasama yang baik dan harmonis dibutukan suatusikap untuk saling menghargai antar individu. Disinilah muncul penerapan nilai-nilai Hak Asasi Manusia secara alami terlaksana didalam kehidupan yang nyata.Selanjutnya seperti rasa hormat, kekuasaan pencerahan, kesejahteraan, kesehatan,keterampilan, kasih sayang dan kejujuran. Saling bermunculan keatas permukaan dalampenerapanya karena seluruh factor tersebut saling berkoheresi satu sama lain terbentuk akibat adanya pengakuan akan Hak Asasi Manusia.2.
 
Pengertian Lain HAM
 
 
HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia, sesuai dengan kodratnya(Kaelan: 2002).
 
Menurut pendapat Jan Materson (dari komisi HAM PBB), dalam Teaching Human Rights,United Nations sebagaimana dikutip Baharuddin Lopa menegaskan bahwa HAM adalahhak-hak yang melekat pada setiap manusia, yang tanpanya manusia mustahil dapat hidup sebagai manusia.
 
John Locke menyatakan bahwa HAM adalah hak-hak yang diberikan langsung olehTuhan Yang Maha Pencipta sebagai hak yang kodrati. (Mansyur Effendi, 1994).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->