Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
TOR - Term of References

TOR - Term of References

Ratings: (0)|Views: 19|Likes:
Published by Muhammad Cordiaz

TOR - Term of References

TOR - Term of References

More info:

Published by: Muhammad Cordiaz on Jan 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

 
 Term of Reference
 Term of reference atau dikenal sebagai TOR adalah batasan yang berguna untuk setiap pengisi(pemateri/pembicara), agar topik yang disampaikan sesuai dengan apa yang diharapkan panitia  yang mengundangnya. Selain untuk sabagai batasan pokok pembicaraan dan guideline dimuka umum, TOR ini juga dipakai sebagai acuan dalam membuat tulisan. Pokoknya, kalau pernahmengisi materi alias cuap-cuap di depan umum suatu acara pasti sudah pernah dikasih TOR,kecuali panitia acaranya kurang profesional, hehehe... Just kidding...Biasanya TOR mengadung beberapa point penting yang harus diperhatikan pemateri. Point-point nya adalah:
 Judul
Judul yang ditetapkan oleh panitia, sesuai dengan tema besar acara, atau pemateri memberikanbeberapa alternatif judul yang lebih relevan. Artinya hal tersebut dapat dinegosiasikan.
Tujuan Umum
 Tujuan umum mengapa materi tertentu ingin disampaikan dalam suatu acara.
Tujuan Khusus
 Tujuan khusus mengapa materi tertentu ingin disampaikan dalam acara tersebut. Tujuan khususharus selaras dan mendukung tujuan umum. Tujuan khusus apa yang harus dikerjakan untuk mewujudkan tujuan umum.
Hari, Tanggal, Waktu
Kapan harus disampaikan isi materi? Kapan deadline materi dikumpulkan ke panitia acara? Kirimkemana dan dalam bentuk apa? Soft copy, hard copy? Format materi?Kapan dimulai? Kapan pemateri harus datang? Transport dan akomodasi disediakan panitia? Jauhperjalanan berapa kilo meter atau berapa lama waktunya?
Resume
Hampir mirip dengan tujuan khusus, tapi lebih bersifat teknis. Dalam arti lain dapat menjawabpertanyaan: ‘bagaimana cara agar tujuan khusus tercapai?’ 
Kondisi
Kondisi di sini menggambarkan kondisi objek yang akan diberi materi saat penyampaian materi.Harus diperhatikan siapa peserta yang bakal diberi materi, sehingga penyampaian tepat. Biasanya bisa berupa jawaban dari beberapa pertanyaan ini:
Siapa persertanya?
SUBJECT: JURNALISTIC
GRADE LEVEL: 1-2PAGE 1 OF 2
DURATION: TWO CLASSROOM PERIODS

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->