Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
routing.docx

routing.docx

Ratings:
(0)
|Views: 15|Likes:
Published by Nia Dwi Anggraeni

More info:

Published by: Nia Dwi Anggraeni on Jan 18, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2014

pdf

text

original

 
Nama : Nia Dwi Anggraeni
ROUTING
 Guru :bpk. Antoni BudimanKelas : XI TKJ AAbsen : 21 Tanggal : 18 January 2013
→ DEFINISI ROUTING
 Routing adalah suatu proses pengiriman paket-paket data, dari suatu device ke device yanglainnya dalam suatu jaringan maupun ke jaringan yang lainnya. Router adalah alat untuk mengirimpaket-paket data tersebut.Agar dapat mengirimkan paket paket data, router harus mengetahui :
 
Alamat IP penerima.
 
Router tetangganya agar bisa mempelajari jaringan lebih luas dan dapat saling bertukarinformasi dengan user lainnya yang berbeda network.
 
Informasi routing.
 
Jalur atau lintasan yang dapat di lewati agar suatu network dapat terkoneksi dengan jaringannetwork yang lain.
 
Lintasan atau route terbaik ke setiap network
→ KONSEP DASAR ROUTING
 Konsep Dasar Routing adalah proses yang dialami datagram untuk mencapai tujuan dijaringan TCP/IP. Konsep routing adalah hal yang utama pada lapisan internet di jaringanTCP/IP. Hal ini karena pada lapisan internet terjadi proses pengalamatan.Data-data daridevice yang terhubung ke internet dikirim dalam bentuk datagram, yaitu paket data yangdidefinisikan oleh IP. Datagram memiliki alamat tujuan paket data.Internet Protokolmemeriksa alamat ini untuk menyampaikan datagram dari device asal ke device tujuan.Jikaalamat tujuan datagram tersebut terletak satu jaringan dengan device asal, datagram tersebutlangsung disampaikan.Jika alamat tujuan datagram tidak terdapat di jaringa yang sama,datagram akan disampaikan kepada router yang paling tepat.Router berfungsi sebagai penghubung dua buah jaringan yang berbeda,
 
tepatnya mengarahkan rute yang terbaik untuk mencapai network yang diharapkan.Routermenjadi perangkat yang berfungsi meneruskan datagram IP pada network layer. Routermemiliki lebih dari satu NIC dan dapat meneruskan datagram dari Satu NIC ke NIC yang lain.
→ JENIS ROUTING
 1.
Routing Statik 
 
 
-entri dalam forwarding table route diisi dan dihapus secara manual.
2.RoutingDinamik 
 
 
Proses pengisian data routing di table secara otomatis.
 
Cara yang digunakan untuk melepaskan kewajiban mengisi entri-entri forwarding table secaramanual.
 
Protokol routing mengatur router-router sehingga dapat berkomunikasi satu dengan yang laindan saling memberikan informasi routing yang routing yang dapat mengubah isi forwardingtable, tergantung keadaan jaringannya.
 
Dengan cara ini, router-router mengetahui keadaan jaringan yang terakhir dan mampumeneruskan datagram ke arah yang benar.
 
Perbedaan Routing Statik dan Dinamik
→ TABEL ROUTING
 Router merekomendasikan tentang jalur yang digunakan untuk melewatkan paket
 
berdasarkan informasi yang terdapat pada Tabel Routing.Informasi yang terdapat pada tabel routing dapat diperoleh secara static routingmelalui perantara administrator dengan cara mengisi tabel routing secara manual ataupunsecara dynamic routing menggunakan protokol routing, dimana setiap router yangberhubungan akan saling bertukar informasi routing agar dapat mengetahui alamat tujuandan memelihara tabel routing.Tabel Routing pada umumnya berisi informasi tentang:a. Alamat Network Tujuanb. Interface Router yang terdekat dengan network tujuanc. Metric, yaitu sebuah nilai yang menunjukkan jarak untuk mencapai network tujuan.Metric tesebut menggunakan teknik berdasarkan jumlah lompatan (Hop Count).Contoh tabel routing pada mikrotik :

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->