Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
pasar modal

pasar modal

Ratings: (0)|Views: 179 |Likes:
pasar modal
pasar modal

More info:

Published by: Laura Monica Agnesia Pasaribu on Jan 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/04/2013

pdf

text

original

 
PASAR MODAL
DEFENISI PASAR MODAL
1.
 
Pengertian pasar modal secara umum menurut Kepustusan MenteriKeuangan RI No. 1548/KMK/1990 tentang peraturan pasar modaladalah, suatu sistem keuangan yang terorganisasi,termasuk di dalamnyaadalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara di bidangkeuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar.2.
 
Menurut Darmaji dan Fakruddin, pasar modal merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangkan panjang yang bisa diperdagangkandalam bentuk utang maupun modal sendiri.Maka dapat disimpulkan bahwa pasar modal adalah pasar yangmeyediakan sumber pembelanjaan dengan jangka waktu yang relatif panjang, yang diinvestasikan pada barang modal untuk menciptakan danmemperbanyak alat-alat produksi dan akhirnya meningkatkanperekonomian.
SEGMEN PASAR MODAL
1. Non-securities segment
Segmen pasar modal yang menyediakan dana jangka panjang darilembaga keuangan langsung kepada perusahaan. Dalam segmen initerjadi perundingan langsung antara lembaga penyedia dana denganperusahaan yang membutuhkan dana. Dalam segmen ini tanda buktiinvestasi tidak dapat dijual secara bebas.Lembaga yang berperan dalam segmen inidiantaranya adalah bank komersial, bank pembangunan, perusahaan asuransi, dana pensiunan,perusahaan leasing, dan bank tabungan.
 
 
2. Securities segment
Segmen pasar modal yang menyediakan dana jangka panjang namuntanda bukti investasi dapat diperjualbelikan dari investor satu ke yanglain. Hal ini karena investor menginginkan likuiditas investasi yangdimilikinya. Investor yang berkecimpung dalam pasar ini antara lainlembaga keuangan dan perorangan.
SEJARAH PASAR MODAL
Sekitar awal abad ke-19 pemerintah kolonial Belanda mulai membangunperkebunan secara besar-besaran di Indonesia. Sebagai salah satu sumber danaadalah dari para penabung yang telah dikerahkan sebaik-baiknya. Para penabungtersebut terdiri dari orang-orang Belanda dan Eropa lainnya yangpenghasilannya sangat jauh lebih tinggi dari penghasilan penduduk pribumi.Atas dasar itulah maka pemerintahan kolonial waktu itu mendirikan pasarmodal. Setelah mengadakan persiapan, maka akhirnya berdiri secara resmi pasarmodal di Indonesia yang terletak di Batavia (Jakarta) pada tanggal 14 Desember1912 dan bernama Vereniging voor de Effectenhandel (bursa efek) dan langsungmemulai perdagangan.Karena perkembangannya yang pesat maka bursa efek tersebut diikuti denganpendirian bursa efek di Surabaya dan Semarang. Namun karena pecahnyaPerang Dunia yang pertama maka kegiatan bursa efek terhenti. Untuk mengaktifkan kemabli bursa efek, maka dibentuk UU Darurat tentang bursaNo.13 tahun 1951 yang kemudian ditetapkan dengan UU No.15 tahun 1952.Namun usaha pengaktifan kembali bursa efek tersebut tidak mengalamiperkembangan. Maka pemerintah mulai kembali melakukan usaha pengaktifanPasar Modal Indonesia sejak 10 Agustus dengan membentuk Badan PelaksanaPasar Modal (BAPEPAM)
 
PENGELOLAAN PASAR MODAL
1.
 
Badan Pembina Pasar Modal
Keanggotaan Badan Pembina Pasar Modal tdd:Ketua : Menteri KeuanganWakil ketua : Menteri Negara Perencanaan PembangunanNasional/ketua BappenasAnggota :1. Menteri Perdagangan2. Menteri Perindustrian3. Menteri Sekretaris Negara4. Gubernur Bank Indonesia5. Ketua BKPMSekretaris : Direktur Jendral Moneter
Tugas Badan Pembina Pasar Modal
:a.
 
Memberikan pertimbangan kebijaksanaa kepada MenteriKeuangan dalam melaksanakan wewenangnya berdasarkan UUNo. 15 tahun 1952 tentang bursa.b.
 
Memberikan pertimbangan kebijaksanaa kepada MenteriKeuangan dalam melaksanakan wewenangnya terhadap BUMN,PT (Persero) Dan Reksa Dana sebagaimana dimaksud KeppresNo. 52/1976.
2.
 
Badan Pengawas Pasar Modal
Tugas BAPEPAM menurut Keppres No. 53 tahun 1990 tentang pasarmodal adalah :1.
 
Mengatur pasar modal sehingga efek dapat ditawarkan dandiperdagangkan secara teratur serta melindungi pemodal sertamasyarakat umum.2.
 
Melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga-lembaga berikut:1.
 
Bursa efek 2.
 
Lembaga kliring

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->