Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
UU No. 8 Tahun 2010 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang

UU No. 8 Tahun 2010 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang

Ratings: (0)|Views: 453|Likes:
Published by Muhammad Zainudin

UU No. 8 Tahun 2010 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang

UU No. 8 Tahun 2010 Tentang Tindak Pidana Pencucian Uang

More info:

Published by: Muhammad Zainudin on Jan 19, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial Share Alike

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
 
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIANOMOR 8 TAHUN 2010 TENTANGPENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANGDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : a.
 
bahwa tindak pidana Pencucian Uang tidak hanyamengancam stabilitas perekonomian dan integritassistem keuangan, tetapi juga dapat membahayakansendi-sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, danbernegara berdasarkan Pancasila dan Undang-UndangDasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;b.
 
bahwa pencegahan dan pemberantasan tindak pidanaPencucian Uang memerlukan landasan hukum yangkuat untuk menjamin kepastian hukum, efektivitaspenegakan hukum, serta penelusuran danpengembalian Harta Kekayaan hasil tindak pidana;c.
 
bahwa Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang sebagaimana telahdiubah dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003perlu disesuaikan dengan perkembangan kebutuhanpenegakan hukum, praktik, dan standar internasionalsehingga perlu diganti dengan undang-undang baru;d.
 
bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimanadimaksud dalam huruf a, huruf b, dan huruf c, perlumembentuk Undang-Undang tentang Pencegahan danPemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang;Mengingat : Pasal 5 ayat (1) dan Pasal 20 Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;Dengan Persetujuan BersamaDEWAN PERWAKILAN RAKYAT REPUBLIK INDONESIAdanPRESIDEN REPUBLIK INDONESIAMEMUTUSKAN: . . .
 
 
- 2 -MEMUTUSKAN:Menetapkan : UNDANG-UNDANG TENTANG PENCEGAHAN DANPEMBERANTASAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG.BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Undang-Undang ini yang dimaksud dengan:1.
 
Pencucian Uang adalah segala perbuatan yangmemenuhi unsur-unsur tindak pidana sesuai denganketentuan dalam Undang-Undang ini.2.
 
Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan yangselanjutnya disingkat PPATK adalah lembagaindependen yang dibentuk dalam rangka mencegah danmemberantas tindak pidana Pencucian Uang.3.
 
 Transaksi adalah seluruh kegiatan yang menimbulkanhak dan/atau kewajiban atau menyebabkan timbulnyahubungan hukum antara dua pihak atau lebih.4.
 
 Transaksi Keuangan adalah Transaksi untuk melakukanatau menerima penempatan, penyetoran, penarikan,pemindahbukuan, pentransferan, pembayaran, hibah,sumbangan, penitipan, dan/atau penukaran atassejumlah uang atau tindakan dan/atau kegiatan lain yang berhubungan dengan uang.5.
 
 Transaksi Keuangan Mencurigakan adalah:a.
 
 Transaksi Keuangan yang menyimpang dari profil,karakteristik, atau kebiasaan pola Transaksi dariPengguna Jasa yang bersangkutan;b.
 
 Transaksi Keuangan oleh Pengguna Jasa yang patutdiduga dilakukan dengan tujuan untukmenghindari pelaporan Transaksi yangbersangkutan yang wajib dilakukan oleh PihakPelapor sesuai dengan ketentuan Undang-Undangini;c.
 
 Transaksi Keuangan yang dilakukan atau bataldilakukan dengan menggunakan Harta Kekayaan yang diduga berasal dari hasil tindak pidana; ataud.
 
 Transaksi Keuangan yang diminta oleh PPATKuntuk dilaporkan oleh Pihak Pelapor karenamelibatkan Harta Kekayaan yang diduga berasaldari hasil tindak pidana.6. Transaksi . . .
 
 
- 3 -6.
 
 Transaksi Keuangan Tunai adalah Transaksi Keuangan yang dilakukan dengan menggunakan uang kertasdan/atau uang logam.7.
 
Pemeriksaan adalah proses identifikasi masalah,analisis, dan evaluasi Transaksi KeuanganMencurigakan yang dilakukan secara independen,objektif, dan profesional untuk menilai dugaan adanyatindak pidana.8.
 
Hasil Pemeriksaan adalah penilaian akhir dari seluruhproses identifikasi masalah, analisis dan evaluasi Transaksi Keuangan Mencurigakan yang dilakukansecara independen, objektif, dan profesional yangdisampaikan kepada penyidik
.
9.
 
Setiap Orang adalah orang perseorangan atau Korporasi.10.
 
Korporasi adalah kumpulan orang dan/atau kekayaan yang terorganisasi, baik merupakan badan hukummaupun bukan badan hukum.11.
 
Pihak Pelapor adalah Setiap Orang yang menurutUndang-Undang ini wajib menyampaikan laporankepada PPATK.12.
 
Pengguna Jasa adalah pihak yang menggunakan jasaPihak Pelapor.13.
 
Harta Kekayaan adalah semua benda bergerak ataubenda tidak bergerak, baik yang berwujud maupun yangtidak berwujud, yang diperoleh baik secara langsungmaupun tidak langsung.14.
 
Personil Pengendali Korporasi adalah setiap orang yangmemiliki kekuasaan atau wewenang sebagai penentukebijakan Korporasi atau memiliki kewenangan untukmelakukan kebijakan Korporasi tersebut tanpa harusmendapat otorisasi dari atasannya.15.
 
Permufakatan Jahat adalah perbuatan dua orang ataulebih yang bersepakat untuk melakukan tindak pidanaPencucian Uang.16.
 
Dokumen adalah data, rekaman, atau informasi yangdapat dilihat, dibaca, dan/atau didengar, yang dapatdikeluarkan dengan atau tanpa bantuan suatu sarana,baik yang tertuang di atas kertas atau benda fisik apapun selain kertas maupun yang terekam secaraelektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada:a.
 
tulisan, suara, atau gambar;b. peta . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->