Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MEMAHAMI DNS

MEMAHAMI DNS

Ratings: (0)|Views: 128|Likes:
Published by september1985
MEMAHAMI DNS
MEMAHAMI DNS

More info:

Published by: september1985 on Jan 20, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/19/2014

pdf

text

original

 
Domain Name System (DNS) adalah untuk mendistribusikan sistem database yang digunakanuntuk mencari nama komputer (resolusi nama) dalam jaringan yang menggunakan TCP / IP(Transmission Control Protocol / Internet Protocol). DNS digunakan dalam aplikasi yangterhubung ke Internet seperti web browser atau e-mail, yang membantu mengontrol komputeruntuk memetakan nama host ke alamat IP.Selain digunakan di Internet, DNS juga dapat diimplementasikan ke jaringan pribadi atauintranet di mana kontrol memiliki keunggulan seperti:Mudah, DNS sangat mudah karena user tidak lagi direpotkan untuk mengingat IP addresskomputer yang memadai nama host (nama Komputer).Secara konsisten, alamat IP dari suatu nama host komputer dapat diubah tetapi tidak berubah.Sederhana, pengguna hanya menggunakan satu nama domain untuk mencari baik Internet danIntranet.DNS dapat disamakan dengan fungsi buku telepon. Dimana setiap komputer di jaringan Internetmemiliki host name (nama komputer) dan Internet Protocol (IP) address. Secara umum, setiapclient yang akan menghubungkan satu komputer ke komputer lain, akan menggunakan namahost. Maka komputer Anda akan menghubungi server DNS untuk memeriksa nama host yangAnda minta adalah bagaimana alamat IP. Alamat IP yang digunakan untuk menghubungkankomputer Anda dengan komputer lain.
Sejarah DNS
 Sebelum menggunakan kontrol, jaringan komputer menggunakan file HOSTS yang berisiinformasi dari nama komputer dan alamat IP. Di Internet, file ini dikelola secara terpusat dan disetiap lokasi harus menyalin versi terbaru dari file HOSTS, dari sini Anda bisa membayangkanbetapa sulitnya jika ada penambahan komputer di jaringan, maka kita harus copy versi terbarudari file ini ke setiap lokasi. Dengan jaringan internet yang terus berkembang, lebih merepotkan,akhirnya menciptakan sebuah solusi dimana DNS dirancang untuk menggantikan fungsi fileHOSTS, dengan kelebihan ukuran basis data terbatas, dan performace yang baik. DNS adalahlayanan aplikasi di Internet yang menerjemahkan nama domain ke alamat IP. Sebagai contoh,www untuk penggunaan di Internet, maka nama domain mengetik, misalnya: yahoo.com makaakan dipetakan ke IP misalnya 202.68.0.134. Jadi dalam analogi DNS dapat menggunakan bukutelepon, di mana orang yang kita kenal dengan nama untuk menghubunginya kita harus memutarnomor telepon di telepon. Sama persis, host komputer mengirimkan permintaan dalam bentuk nama komputer dan server nama domain ke DNS, maka kontrol dipetakan ke alamat IP.
Struktur DNS
 
 Akar-Level Domains
 Domain ditentukan berdasarkan tingkat kemampuan yang ada dalam struktur hirarki yangdisebut level. Tingkat atas dalam hirarki disebut domain root. Domain root disajikan berdasarkanperiode dimana lambang untuk domain root (".").
Top-Level Domains
 Pada bagian bawah adalah contoh dari top-level domain:
com:
Organisasi Komersial
edu:
pendidikan institusi atau universitas
 
org:
Non-profit Organisasi
net:
Networks (backbone Internet)
gov:
pemerintah non-militer organisasi
mil:
Organisasi pemerintah militernum: telepon adaARPA: Reverse DNS
xx:
dua huruf kode negara untuk (id: Indonesia, sg: singapore, au: Australia, dll)Top-level domain dapat berisi kedua-level domain dan host.
Kedua-Level Domains
 Kedua-level domain dapat berisi host dan domain lain, yang disebut subdomain. Misalnya:Domain Bachelors, ada bujangan.com komputer (host) training.bujangan.comserver1.bujangan.com tersebut dan subdomain. Subdomain training.bujangan.com ada jugasebuah komputer (host) sebagai client1.training.bujangan.com.
Nama inang
 Nama domain yang digunakan dengan nama host akan membuat nama domain berkualifikasilengkap(FQDN) untuk masing-masing komputer. Misalnya, jika ada fileserver1.detik.com, di manafileserver1 adalah nama host dan nama domain yang detik.com.
Bagaimana DNS Bekerja?
 Fungsi DNS adalah menerjemahkan nama komputer ke alamat IP (dipetakan). DNS clientdisebut resolvers dan DNS server disebut server nama. Resolvers atau klien mengirimkanpermintaan untuk nama query server. Name server akan memproses dengan memeriksa databaseDNS lokal, atau hubungi server lain nama akan mengirimkan pesan gagal jika ternyatapermintaan dari client tidak ditemukan. Proses ini disebut Query Lookup Forward, yangmerupakan permintaan dari klien dengan pemetaan nama komputer (host) ke alamat IP.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->