Welcome to Scribd. Sign in or start your free trial to enjoy unlimited e-books, audiobooks & documents.Find out more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
STRUKTUR ORGANISASI PADA SUATU PERUSAHAAN.docx

STRUKTUR ORGANISASI PADA SUATU PERUSAHAAN.docx

Ratings:
(0)
|Views: 295|Likes:

More info:

Published by: Muhammad Shohibul Bahri on Jan 22, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/06/2013

pdf

text

original

 
STRUKTUR ORGANISASI PADA SUATU PERUSAHAAN
 
Uraian Tugas dan Tanggung JawabAdapun uraian jabatan yang mencakup tugas, wewenang dan tanggung jawab di lingkungan perusahaanadalah sebagai berikut :
1. Direktur
Direktur merupakan pimpinan tertinggi perusahaan yang diangkat oleh Rapat Umum Pemegang Sahamuntuk menjalankan perusahaan. Direksi bertanggung jawab atas segala kegiatan di dalam dan di luarperusahaan. Di luar perusahaan bertanggung jawab kepada pemilik saham, pemerintah, masyarakatdisekitar perusahaan dan konsumen. Sedangkan di dalam perusahaan bertanggung jawab ataskeselamatan kerja karyawan, hasil penelitian para manajer dan staf, peningkatan karir dan kesejahteraanstaf dan karyawan.
Selain itu, direktur mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut :
 a. Merencanakan dan merumuskan kebijaksanaan mengenai pengembangan dan perbaikan perusahaanserta memberikan bimbingan dan petunjuk pelaksanaannya.b. Mengadakan hubungan kerja dengan pihak luar, baik hubungan dengan perusahaan lain maupundengan kegiatan dalam perusahaan.c. Mengkoordinir tugas-tugas yang didelegasikan kepada tiap-tiap direktur dan menjalin hubungan kerjayang baik dengan para direktur lainnya agar terbentuk suatu grup kerja yang harmonis.d. Mengambil keputusan-keputusan dan tindakan-tindakan yang tepat demi kepentingan, kelangsungandan kelancaran jalannya perusahaan sehingga segala kegiatan organisasi menuju ke tujuan utamaperusahaan.
2. General Manager
General Manager adalah pemimpin di perusahaan yang membawahi sejumlah operasional menager,manager dan kepala bagian.
Tugas dan tanggung jawabnya meliputi :
a. Memimpin dan mengkoordinasikan kegiatan yang berhubungan dengan operasional perusahaankeseluruhan, meliputi persomalia/administrasi, pembelian bahan-bahan, penjualan (marketing) danproduksi.b. Mengontrol setiap kegiatan agar sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat.c. Mengontrol kegiatan peyediaan bahan-bahan yang diperlukan.d. Mengembangkan jenis produk baru berdasarkan kebutuhan pasar.e. Memperluas pasar.
Wewenang dari general manager adalah sebagai berikut :
 
 a. Mengawasi dan mengambil tindakan-tindakan (action) yang diperlukan terhadap manajer produksi,manajer keuangan dan manajer marketing.
Tanggung jawab dari general manager adalah sebagai berikut :
a. Bertanggung jawab kepada Direktur mengenai pelaksanaan instruksi-instruksi atau arahan-arahanDirektur.3. Manajer Produksi
Tugas-tugas dari manajer produksi adalah sebagai berikut :
 
a. Merencanakan kegiatan produksi dan setiap bagian pendukungnya.b. Mengontrol pelaksanaan kegiatan produksi dan bagian pendukungnya.c. Melakukan koordinasi dengan departemen penjualan terkait dengan order yang akan dikerjakan dan jadwal pengiriman.d. Melakukan koordinasi dengan departemen keuangan terkait dengan kebutuhan produksi akan bahanbaku, bahan penolong dan bahan pembantu.e. Mengontrol kualitas produksi baik proses maupun mutu.
Wewenang dari manajer produksi adalah sebagai berikut :
 
a. Memberikan saran dan nasehat serta penilaian terhadap kinerja bawahannya.b. Memberikan sanksi terhadap kesalahan dan pelanggaran bawahan.c. Meminta nasehat, petunjuk dan bimbingan dari atasnya.d. Membuat inovasi baru dalam pengerjaan produksi.e. Memberikan masukan kepada perusahaan terkait dengan departemennya.f. Melakukan koordinasi dengan departemen lain yang terkait dengan departemennya.Tanggung jawab dari manajer produksi adalah sebagai berikut :a. Bertanggung jawab kepada General Manager mengenai pelaksanaan tugas-tugasnya.Bagian Produksi membawahi :1.
 
Staf Bagian Teknik Merupakan orang yang bertanggung jawab atas penyediaan kebutuhan tenagalistrik, air, perbaikan-perbaikan mesin/peralatan yang rusak serta pemeliharaan/ perawatannya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->