Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah autis

makalah autis

Ratings: (0)|Views: 608 |Likes:
Published by al_vhine
kedokteran jiwa
kedokteran jiwa

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: al_vhine on Jan 23, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Dalam Pendidikan Luar Biasa kita banyak mengenal macam-macam Anak Berkebutuhan Khusus. Salah satunya adalah anak Autis. Anak autis juga merupakanpribadi individu yang harus diberi pendidikan baik itu keterampilan, maupun secaraakademik. Permasalahan yang dilapangan terkadang setiap orang tidak mengetahuitentang anak autis tersebut. Oleh kerena itu kita harus kaji lebih dalam tentang anak autis.Dalam pengkajian tersebut kita btuh banyak informasi mengenai siapa anak autis,penyebabnya dan lainnya. Dengan adanya bantuan baik itu pendidikan secara umum.Dalam masyarakat nantinya anak-anak tersebut dapat lebih mandiri dan anak-anak tersebut dapat mengembangkan potensi yang ada dan dimilikinya yang selama initerpendam karena ia belum bisa mandiri. Oleh karena itu, makalah ini nantinya dapatmembantu kita mengeahui anak autis tersebut.
1.2
 
Rumusan Masalah
Adapun rumusan makalah autis ini adalah:1.
 
Apa yang dimaksud dengan anak autis?2.
 
Apa yang menyebabkan anak autis?3.
 
Bagimana patofisiologi anak yang autis?4.
 
Apa saja manifestasi klinis anak autis?5.
 
Bagaimana WOC autis?6.
 
Apa saja penatalaksana anak autis?7.
 
Bagaimana ASKEP autis?
1.3
 
Tujuan Masalah
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui :1.
 
Pengertian anak autis2.
 
Etiologi ( penyebab ) autis3.
 
Patofisiologi autis4.
 
Manifestasi klinis ( gejala-gejala ) anak autis5.
 
WOC autis6.
 
Penatalaksanaan autis
 
2
7.
 
ASKEP autis
1.4
 
Manfaat
Adapun manfaat dari pembuatan makalah ini adalah untuk melatih dan menambahpengetahua tentang anak autis. Dan diharapkan agar mahasiswa/mahasiswi dapat membuatasuhan keperawatan anak autis. Disamping itu juga sebagai syarat dari tugas mata kuliahkeperawatan anak.
BAB IITINJAUAN PUSTAKA
 
2.1 DEFENISI
 
3
Secara harfiah autisme berasal dari kata autos ( diri ) sedangkan isme ( paham/aliran ).Autisme secara etimologi adalah anak yang memiliki gangguan perkembangan dalamdunianya sendiri. Beberapa pengartian autis menurut para ahli adalah sebagai berikut:a.
 
Autisme merupakan suatu jenis gangguan perkembangan pada anak, mengalamikesendirian, kecenderungan menyendiri. (Leo kanker handojo, 2003 )b.
 
Autisme adalah ganguan perkembangan yang terjadi pada anak yang mengalamikondisi menutup diri. Dimana gangguan ini mengakibatkan anak mengalami
keterbatasan dari segi komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku “Sumber dariPedoman Pelayanan Pendidikan Bagi Anak Austistik”.
( American PsychiaticAssociation 2000 )c.
 
Autisme adalah adanya gangguan dalam bidang Interaksi sosial, komunikasi, perilaku,emosi, dan pola bermain, gangguan sensoris dan perkembangan terlambat atau tidak normal. Autisme mulai tampak sejak lahir atau saat masi bayi ( biasanya sebulum usia3 tahun ).
“Sumber dari Pedoman Penggolongan Diagnotik Gangguan Jiwa” (PPDGJ
III)d.
 
Autisme adalah suatu kondisi yang mengenai seseorang sejak lahir ataupun saat masabalita, yang membuat dirinya tidak dapat membentuk hubungan sosial ataukomunikasi yang normal. Hal ini mengakibatkan anak tersebut terisolasi dari anak yang lain. (Baron-Cohen, 1993).Jadi anak autisme merupakan anak yang mengalami gangguan perkembangan yangsangat kompleks yang dapat diketahui sejak umur sebelum 3 tahun mencakup bidangkomunikasi, interaksi sosial serta perilakunya. Anak autisme dapat ditinjau daribeberapa segi yaitu:a.
 
Segi pendidikan : anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembangankomunikasi, sosial, perilaku pada anak sesuai dengan kriteria DSM-IV sehingga anak ini memerlukan penanganan/layanan pendidikan secara khusus sejak dini.b.
 
Segi medis : anak autis adalah anak yang mengalami gangguan/kelainan otak yangmenyebabkan gangguan perkembangan komunikasi, sosial, perilaku sesuai dengankriteria DSM-IV sehingga anak ini memerlukan penanganan/terapi secara klinis.c.
 
Segi psikologi : anak autis adalah anak yang mengalami gangguan perkembanganyang berat bisa ketahui sebelum usia 3 tahun, aspek komunikasi sosial, perilaku,bahasa sehingga anak perlu adanya penanganan secara psikologis.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->