Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Susunan lembaga

Susunan lembaga

Ratings: (0)|Views: 71 |Likes:
Published by Adi Patoni

More info:

Published by: Adi Patoni on Jan 24, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/24/2013

pdf

text

original

 
SUSUNAN LEMBAGA NEGARAMENURUT UUD 1945 HASIL AMANDEMENOleh : ADI PATONI, SH
Salah satu stap pengajar/Wakasek pada SMP Islam NW Majuwet dan sekretaris BPD
Susunan lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia telah dilakukanpenyempurnaan sesuai dengan aspirasi rakyat, sehingga mengalami beberapa perubahan.Perubahan yang sangat jelas terlihat pada kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat(MPR). Sebelum UUD 1945 diamandemen, kedudukan MPR berada lebih tingggi darilembaga-lembaga tinggi lainnnya. Namun, setelah UUD 1945 mengalami amandemenkedudukan MPR disejajarkan dengan lembaga-lembaga tinggi lainnnya, seperti DPR, MA,DPA, BPK, dan Presiden. Disamping itu juga dibentuk lembaga-lembaga tinggi negara lain.Lihat bagan di bawah ini!
Lembaga-Lembaga Negara sesuai dengan
 
UUD 1945 Sebelum Amandemen
 
Lembaga-Lembaga Negara sesuai dengan
 
UUD 1945 Setelah Amandemen
 Lembaga negara yang memegang kekuasaan menurut UUD 1945 hasil amandemen adalahMPR, DPR, presiden, MA, MK, dan BPK.
Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)
 Anggota MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihanumum. Keanggotaan MPR diresmikan dengan keputusan presiden. Masa jabatan anggotaMPR lima tahun dan berakhir bersamaan pada saat anggota MPR yang baru mengucapkan
 
sumpah/janji. Sebelum memangku jabatannya, anggota MPR mengucapkan sumpah/janjibersama-sama yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam sidang paripurna MPR.Sebelum UUD 1945 diamandemen, MPR berkedudukan sebagai lembaga tertinggi negara.Namun, setelah UUD 1945 istilah lembaga tertinggi negara tidak ada yang ada hanyalembaga negara. Dengan demikian, sesuai dengan UUD 1945 yang telah diamandemen makaMPR termasuk lembaga negara. Sesuai dengan Pasal 3 Ayat 1 UUD 1945 MPR amandemenmempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut:1.
 
mengubah dan menetapkan undang-undang dasar;2.
 
melantik presiden dan wakil presiden;3.
 
memberhentikan presiden dan wakil presiden dalam masa jabatannya menurutundang-undang dasar.MPR bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibu kota negara. Dalam menjalankantugas dan wewenangnya, anggota MPR mempunyai hak berikut ini:1.
 
mengajukan usul perubahan pasal-pasal undang-undang dasar;2.
 
menentukan sikap dan pilihan dalam pengambilan keputusan;3.
 
memilih dan dipilih;4.
 
membela diri;5.
 
imunitas;6.
 
protokoler;7.
 
keuangan dan administratif.Anggota MPR mempunyai kewajiban sebagai berikut:1.
 
mengamalkan Pancasila;2.
 
melaksanakan UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan;3.
 
menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kerukunan nasional;4.
 
mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok, dangolongan;5.
 
melaksanakan peranan sebagi wakil rakyat dan wakil daerah.
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
 DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara.Anggota DPR berasal dari anggota partai politik peserta pemilu yang dipilih berdasarkanhasil pemilu. DPR berkedudukan di tingkat pusat, sedangkan yang berada di tingkat provinsidisebut DPRD provinsi dan yang berada di kabupaten/kota disebut DPRD kabupaten/kota.Berdasarkan UU Pemilu N0. 10 Tahun 2008 ditetapkan sebagai berikut:1.
 
 jumlah anggota DPR sebanyak 560 orang;2.
 
 jumlah anggota DPRD provinsi sekurang-kurangnya 35 orang dan sebanyak-banyak 100 orang;
 
3.
 
 jumlah anggota DPRD kabupaten/kota sedikitnya 20 orang dan sebanyak-banyaknya50 orang.Keanggotaan DPR diresmikan dengan keputusan presiden. Anggota DPR berdomisili di ibukota negara. Masa jabatan anggota DPR adalah lima tahun dan berakhir pada saat anggotaDPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. Sebelum memangku jabatannya, anggota DPRmengucapkan sumpah/ janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua MahkamahAgung dalam sidang paripurna DPR. Lembaga negara DPR mempunyai fungsi berikut ini:1.
 
Fungsi Legislasi. Fungsi legislasi artinya DPR berfungsi sebagai lembaga pembuatundang-undang.2.
 
Fungsi Anggaran. Fungsi anggaran artinya DPR berfungsi sebagai lembaga yangberhak untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).3.
 
Fungsi Pengawasan. Fungsi pengawasan artinya DPR sebagai lembaga yangmelakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang menjalankan undang-undang.DPR sebagai lembaga negara mempunyai hak-hak, antara lain sebagai berikut.1.
 
Hak Interpelasi. Hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepadapemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis sertaberdampak luas bagi kehidupan masyarakat.2.
 
Hak Angket. Hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadapsuatu kebijakan tertentu pemerintah yang diduga bertentangan dengan peraturanperundang-undangan.3.
 
Hak Menyatakan Pendapat. Hak menyatakan pendapat adalah hak DR untuk menyatakan pendapat terhadap kebijakan pemerintah mengenai kejadian yang luarbiasa yang terdapat di dalam negeri disertai dengan rekomendasi penyelesaiannyaatau sebagai tindak lanjut pelaksanaan hak interpelasi dan hak angket. Untuk memudahkan tugas anggota DPR maka dibentuk komisi-komisi yang bekerja samadengan pemerintah sebagai mitra kerja.
Dewan Perwakilan Daerah (DPD)
 Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merupakan lembaga negara baru yang sebelumnya tidak ada. DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang berkedudukan sebagai lembaganegara. DPD terdiri atas wakil-wakil dari provinsi yang dipilih melalui pemilihan umum.Jumlah anggota DPD dari setiap provinsi tidak sama, tetapi ditetapkan sebanyak-banyaknyaempat orang. Jumlah seluruh anggota DPD tidak lebih dari 1/3 jumlah anggota DPR.Keanggotaan DPD diresmikan dengan keputusan presiden. Anggota DPD berdomisili didaerah pemilihannya, tetapi selama bersidang bertempat tinggal di ibu kota Republik Indonesia. Masa jabatan anggota DPD adalah lima tahun. Sesuai dengan Pasal 22 D UUD1945 maka kewenangan DPD, antara lain sebagai berikut:1.
 
Dapat mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR yang berkaitan denganotonomi daerah, hubungan pusat dengan daerah, pembentukan dan pemekaran, serta

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->