Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PP 3 tahun 2013 Perlindungan TKI di Luar Negeri

PP 3 tahun 2013 Perlindungan TKI di Luar Negeri

Ratings: (0)|Views: 84 |Likes:
Published by Peduli Buruh Migran
PP 3 tahun 2013 Perlindungan TKI di Luar Negeri
PP 3 tahun 2013 Perlindungan TKI di Luar Negeri

More info:

Published by: Peduli Buruh Migran on Jan 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/22/2013

pdf

text

original

 
 
PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIANOMOR 3 TAHUN 2013 TENTANGPERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERIDENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESAPRESIDEN REPUBLIK INDONESIA,Menimbang : bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 80ayat (2), Pasal 81 ayat (3), dan Pasal 84 serta dalamrangka memberikan perlindungan Tenaga KerjaIndonesia mulai dari pra penempatan, masapenempatan sampai dengan purna penempatansebagaimana dimaksud dalam Pasal 77 ayat (2)Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentangPenempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesiadi Luar Negeri, perlu menetapkan Peraturan Pemerintahtentang Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di LuarNegeri;Mengingat : 1. Pasal 5 ayat (2) Undang-Undang Dasar NegaraRepublik Indonesia Tahun 1945;2. Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentangPenempatan dan Perlindungan Tenaga KerjaIndonesia di Luar Negeri (Lembaran Negara RepublikIndonesia Tahun 2004 Nomor 133, TambahanLembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4445);MEMUTUSKAN:Menetapkan : PERATURAN PEMERINTAH TENTANG PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA DI LUAR NEGERI.BAB I . . .
 
 - 2 -BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan:1.
 
Calon Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnyadisebut calon TKI adalah setiap warga negaraIndonesia yang memenuhi syarat sebagai pencarikerja yang akan bekerja di luar negeri dan terdaftar diinstansi pemerintah kabupaten/kota yangbertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan.2.
 
 Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnya disebutdengan TKI adalah setiap warga negara Indonesia yang memenuhi syarat untuk bekerja di luar negeridalam hubungan kerja untuk jangka waktu tertentudengan menerima upah.3.
 
Perlindungan TKI adalah segala upaya untukmelindungi kepentingan calon TKI/TKI dalammewujudkan terjaminnya pemenuhan hak-haknyasesuai dengan peraturan perundang-undangan, baiksebelum, selama, maupun sesudah bekerja.4.
 
Pembinaan adalah kegiatan yang dilakukan secaraberdaya guna dan berhasil guna untuk memperolehhasil yang lebih baik dalam rangka memberikan danmeningkatkan perlindungan TKI di luar negeri.5.
 
Asuransi Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri yangselanjutnya disebut Asuransi TKI adalah suatubentuk perlindungan bagi TKI dalam bentuksantunan berupa uang sebagai akibat resiko yangdialami TKI sebelum, selama dan sesudah bekerja diluar negeri.6. Pembekalan . . .
 
 - 3 -6.
 
Pembekalan Akhir Pemberangkatan yang selanjutnyadisingkat PAP adalah kegiatan pemberian pembekalanatau informasi kepada calon TKI yang akan berangkatbekerja ke luar negeri agar calon TKI mempunyaikesiapan mental dan pengetahuan untuk bekerja diluar negeri, memahami hak dan kewajibannya sertadapat mengatasi masalah yang akan dihadapi.7.
 
Perwakilan Republik Indonesia di Luar Negeri yangselanjutnya disebut Perwakilan adalah PerwakilanDiplomatik dan Perwakilan Konsuler RepublikIndonesia yang secara resmi mewakili danmemperjuangkan kepentingan bangsa, negara, danPemerintah Republik Indonesia secara keseluruhan dinegara penerima atau pada organisasi internasional.
 
8.
 
Atase Ketenagakerjaan adalah Pegawai Negeri Sipilpada kementerian yang bertanggung jawab di bidangketenagakerjaan yang ditempatkan pada PerwakilanDiplomatik tertentu yang proses penugasannyaberdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan untuk melaksanakan tugas di bidangketenagakerjaan.
 
9.
 
Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia yang selanjutnya disebutBNP2TKI adalah Lembaga Pemerintah NonKementerian sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatandan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di LuarNegeri.10. Pelaksana . . .

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->