Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CUPLIKAN+BERITA

CUPLIKAN+BERITA

Ratings: (0)|Views: 1|Likes:
Published by Hasan Hpw

More info:

Published by: Hasan Hpw on Jan 25, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/27/2014

pdf

text

original

 
BERITA
Pemerintah Indonesia akan melelang 271 ribu keping harta karun yang diangkat darikapal karam di perairan Cirebon pada 5 Mei. Kementerian Budaya dan Pariwisata telahmenyimpan 976 item harta peninggalan Kerajaan Tiongkok dan Persia itu untuk negara. Yangakan dilelang 271 ribu item. 90 persen barang tersebut adalah porselin dan 976 barang lainnyadisimpan Negara. Sesuai peraturan, barang yang diambil dari Benda Berharga Asal MuatanKapal yang Tenggelam (BMKT), akan terlebih dahulu diserahkan ke Kementerian Budaya danPariwisata. Budpar akan menyeleksi barang yang mana yang akan diambil oleh Negara untuk disimpan di museum. Sisa dari seleksi tersebut, kemudian akan dilelang kepada pihak luar.Hasilnya akan dibagi dua antara pemerintah dan swasta yang ikut andil dalam pencarian hartaini. Pembagiannya sama rata, masing-masing mendapat 50 persen. Nilai pembukaan lelang US$10 juta, dengan 271.000 benda yang terbagi dalam 30 jenis harta karun.
(Sudirman Saad,Pelaksana Tugas Direktur Kelautan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil Kementerian Kelautandan Perikanan)
Harta karun senilai Rp 720 miliar tersebut diangkut dari perairan Laut Jawa, utaraCirebon, oleh PT Paradigma Putra Sejahtera (PPS) bekerjasama dengan COSMIX Underwater Research Ltd (Cosmix). Pemburu harta karun dari Belgia, Luc Haymens, yang terlibat dalam proyek ini menyatakan, pihaknya perlu menyelam 22 ribu kali untuk mengangkut harta karun itudari dasar laut dalam rentang waktu Februari 2004 hingga Oktober 2005. Item yang dilegomencakup rubi, mutiara, perhiasan emas, batu kristal dari dinasti Fatimiyah, gelas dari Iran dan porselen indah kekaisaran Cina peninggalan sekitar tahun 976. Rincian harta karun yang dilelangantara lain vas bunga terbesar dari Dinasti Liao (907-1125), barang-barang Yue Mise dari eraLima Dinasti (907-960) dengan warna hijau khusus untuk Kaisar. Selain itu ada juga 11.000mutiara, 4.000 rubi, 400 safir merah dan lebih dari 2.200 batu akik.
(Adi Agung, DirekturUtama PT Paradigma Putra Sejahtera)
BCB peninggalan bawah laut itu merupakan kekayaan yang tak ternilai,karena itu dari sisi arkeologi, ia merupakan jejak budaya peradaban manusiamasa lalu, yang merupakan jejak peradaban bangsa. Atas dasar itu, dalampengangkatan BCB peninggalan bawah laut, harus memenuhi kaedah-kaedaharkeologi. Cara seperti ini, sangat bermanfaat dari ilmu pengetahuan , dariBCB bisa ditelusuri sejarah tentang kapal yang tenggelam, tentang asal-usulbarang bawaannya, dan bagaimana peradaban manusia waktu itu.
(Nunus Supardi, mantan Direktur Purbakala)
Indonesia sebagai negara kelautan memiliki kekayaan yang luar biasa, tidak saja dari sisi biotalaut, tetapi juga benda cagar budaya (BCB), tinggalan bawah laut. Diduga ratusan kapal sejak abad ke-7 hingga abad ke-19 tenggelam dan barang-barang yang diangkutnya menjadi bendacagar budaya. Walaupun pengangkatan BCB itu dibolehkan, namun harus memenuhi kaedah-kaedah arkeologi. Pengangkatan BCB di Cirebon yang hasilnya akan dilelang, 5 Mei mendatang,sudah dilakukan dengan kaedah-kaedah arkeologi, sehingga laporan hasil penelitiannyadibukukan.
(Surya Helmi, Direktur Peninggalan Bawah Air, KemBudpar) 
Potensi bawah laut Indonesia digali orang asing, karena di bidangpenelitian arkeologi bawah laut, peneliti Indonesia belum begitu banyak.Karena itu perlu ada pelatihan-pelatihan dan belajar dengan ahli dariNorwegia. Kalau SDM sudah andal, baru teknologi untuk itu dilengkapi. Kalautak dimulai dari sekarang kapan lagi, jangan dilihat bahwa ekskavasi di bawahlaut memerlukan biaya tinggi, sehingga negara tak bisa berbuat apa-apa untukmenyelamatkan BCB bawah air, kecuali menyerahkannya kepada investor untukpengangkatan BCB itu.
(Siswanto, Kepala Balai Arkeologi Yogyakarta)
 
Kaedah-kaedah arkeologi harus menjadi dasar. Karena benda berharga asal muatan kapal yangtenggelam (BMKT) bukan harga harun sebagaimana dipersepsikan masyarakat, melainkan bendacagar budaya yang harus dilindungi. Yang terjadi main comot saja, sehingga kita sulitmendeteksi, BCB itu asalnya dari mana.
(Bambang Budi Utomo, peneliti Pusli Arkenas )Komentar-komentar dari milis BPPI:
Sedih saya mendengar mengenai Harta Karun ini, dan tidak setuju sama sekali dilelang!!!Dimana Kementrian Kebudayaan kita? Kalau Pak Fadel sebenarnya tidak dapat menentukanmengenai ini. Kita seharusnya mengadakan Forum secepat mungkin untuk memberikan usul2konkrit sebelum Pemerintah tercinta ini mengambil langkah2 yang salah lagi.
(IrawatiBatangtaris)
In short, the level of debate and interest that this auction has created in endangered heritage inIndonesia is deeply inspiring. It raises so many important issues pertaining to museums in particular as to nationalism and civil society such that I think it would certainly make for animportant opportunity for BPPI to provide a forum for debate about Indonesian heritage and for all of us to learn more about the work of the Committee for the Recovery and Usage of PreciousGoods in Sunken Ships and the Maritime and Fisheries Ministry as well as the role of theMinistry of Culture etc in this.
(Jonathan Zilberg)
Sebenarnya pemerintah cukup memiliki, menguasai BCB (dalam hal ini BCB bergerak), Satusaja dari setiap jenis nya, untuk digunakan sesuai pasal 5 UU BCB, tidak perlu menguasaiseluruh BCB yang di temukan. Bayangkan kalau pemerintah harus menguasai SEMUA BCByang ditemukan. Mungkin museum se indonesia tidak cukup untuk menyimpan, merawat danmemanfaatkannya lha wong yang ada saja tidak atau belum tersimpan, terawat dantermanfaatkan dengan semestinya, yang penting kita tahu dimana benda2 lainnya berada...sehingga kalau diperlukan untuk penelitian lebih lanjut masih bisa dilacak...
(Arya Abieta)
Sebaiknya masyarakat Cirebon segera mengajukan protes tentang hal ini. Tidak bisa nilai sejarahdinilai dari besarnya nilai uang belaka. Seharusnya Pemerintah Pusat mengajak Pemda danmasyarakat Cirebon untuk melakukan penilaian benda2 apa yang berharga sebagai pusaka budaya, tidak hanya satu pihak saja. Saya mengajak Bapak & Ibu untuk mendukung gerakan sdr Mustaqim dkk komunitas pelestarian dari Cirebon. Untuk menyelamatkan pusaka bangsa ini.Ada hikmahnya lelangnya ditunda karena tidak ada menyetor uang jaminan. Memang lucuseharusnya kan gaya balai lelang Christie... bukannya pakai prosedur tender pemerintah....mudah2an tidak ada yang berminat dengan berbagai resiko tuntutan sesuai UU 5/1992. Apakah berita tersebut tidak melanggar Undang-undang No. 5 Tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya? Mungkin ada Bapak & Ibu yang bisa memberikan pencerahan?
(Setyanto P. Santosa)
Manusia, Capung dan Lensa
Capung itu pada dasarnya adalah objek yang mudah dan sangat menarik untuk difoto.Corak warna yang sangat beragam dan tekstur tubuh yang detail seringkali menarik mata untuk menikmatinya. Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam memotret capung. Baik itu dalam halkamera dan perlengkapannya, pakaian yang kita pakai, maupun kesabaran.
 
Persiapan pertama adalah kamera yang akan dibawa. Jangan lupa untuk mengisi bateraimalam sebelum berangkat hunting. Baterai kamera adalah hal yang paling esensial dari persiapanini. Selain itu persiapkan juga setting kamera, disarankan untuk menggunakan modus P, supaya pengambilan gambar bias lebih cepat dilakukan.Setting kamera yang dianjurkan:
o
Modus P
o
ISO 100-250 (dalam keadaan siang hari terang)
o
WB set to Daylight
o
Raw file
o
Flash onDalam modus P, speed dan angka F sudah diatur oleh kamera, sehingga memudahkankita dalam pengambilan gambar. Sementara ISO yang digunakan diusahakan agar tidak lebihdari 250, untuk menghindari noise.Flash juga sangat penting dalam fotografi makro. Tembakan flash dapat meningkatkancontras dan focus dari gambar yang kita ambil. Jangan lupa juga mengatur White Balance keDaylight, agar gambar yang didapat tidak terlalu kuning. Namun jika anda ingin bereksperimendalam pengaturan kamera, hal yang paling perlu diperhatikan adalah:
 stay on the right exposure
.Maksudnya adalah, jangan over maupun under exposure.Yang kedua adalah persiapkan juga lensa jika anda menggunakan DSLR. Nyamannyamemotret capung menggunakan lensa makro. Ada dua macam lensa makro, ada Tele Makroseperti Tamron 70-300 f/4-5.6, ada juga yang fixed makro, seperti Canon EF 100mm f/2.8 USM.Perbedaan diantara keduanya dalam pengambilan gambar tentu saja ada. Dalam memotretmakro, dalam hal ini capung, akan sangat dibutuhkan mobilitas yang tinggi. Capung adalahhewan yang sensitif, sehingga jika kita membuat gerakan yang terlalu tiba-tiba, capung akanterbang dan mencari tempat yang baru. Maka dari itu, penggunaan tele makro akan lebihmembantu, sehingga kita dapat mengambil foto capung dari jarak yang relative jauh. Sedangkankelebihan lensa fixed macro, ketajaman hasil lebih baik dari tele macro. Penggunaan lensa macro

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->