Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SDM

SDM

Ratings: (0)|Views: 12 |Likes:
Tugas 20 soal
Tugas 20 soal

More info:

Published by: Rhiaa Chattarina Tanoyo on Jan 26, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/30/2013

pdf

text

original

 
 
SOAL DAN JAWABANSUMBER DAYA MANUSIA
DOSEN : NURHADI
RIAWATI TANOYO192110502EA27
UNIVERSITAS GUNADARMAFAKULTAS EKONOMIJURUSAN MANAJEMEN EKONOMI
 
SOAL DAN JAWABAN MATERI SUMBER DAYA MANUSIA
1. Mengapa MSDM semakin penting padahal alat-alat canggih semakin banyak? Uraikan!
Jawab :
Karena manajemen sumber daya manusia dapat mengikuti perkembangan zaman dankarena manajemen sumber daya manusia dapat dtitingkatkan kualitas kerjanya melaluipendidikan dan pelatihan kerja sedangkan dengan mesin-mesin canggih yang seiring denganperubahan teknologi yang semakin cepat, mesin-mesin canggih itupun menjadi cepat usang dantidak bisa ditingkatkan kualitas kerjanya.
 
2. Kenapa istilah MSDM lebih popular dari pada manajemen personalia?
Jawab :
Merupakan bagian yang dianggap sebagai suatu gerakan yang mencerminkanpengakuan adanya peranan vital dan menunjukan pentingnya sumber daya manusia dalam suatuorganisasi.
 
3. Mengapa waskat sangat berkuasa dalam mewujudkan tujuan?
Jawab :
Karena waskat merupakan tindakan nyata yang paling efektif dalam mewujudkankedisplinan karyawan perusahaan. Dengan waskat berarti atasan harus berperan aktif danlangsung mengawasi perilaku,moral dan prestasi kerja bawahannya. Waskat sangat efektif untuk merangsang kedisiplinan dan moral kerja pegawai karena mendapat pengawasanlangsung dari atasannya.4. Berikan beberapa alasan mengapa karyawan didalam kota besar alat-alat motivasinya lebihbanyak dari karyawan dikota kecil?
Jawab :
1. Karena dikota besar tuntutan dan saingan dari lingkungan perusahaan tersebutsemakin banyak sehingga butuh motiasi lebih untuk bekerja.2. Sedangkan dikota kecil saingan dari perusahaan tersebut mungkin masih sedikitdan juga perkembangan teknologinya tidak sebanding seperti dikota besar.5. Apasaja persamaan dan perbedaan pemberian motivasi dengan insentif ?
Jawab :
1. Persamaan adalah pemberian motivasi dengan insentif sama sama mendorongpegawai untuk bekerja secara optimal sesuai kemampuan.2. Perbedaannya adalah pemberian motivasi sebatas dengan memberikan suatugagasan yang mampu mendorong kinerja dari pegawai tersebut,berbeda denganinsentif yang ditunjang dengan pemberian uang lebih untuk mendorongsemangat kerja yang optimal dari pegawai.6. Apa persamaan dan perbedaan pemberian insentif dengan benefit?
Jawab :
 
Dilihat dari segi pemberiannya insentif dengan benefit berbeda karena insentif merupakan kompensasi langsung dan benefit merupakan kompensasi tidak langsung.Persamaannya ialah insentif dengan benefit sama-sama merupakan pengeluaran perusahaanyang ditujukan untuk pegawai, sedangkan perbedaannya ialah insentif berkaitan langsung denganprestasi kerja sedangkan benefit tidak.
 7. Dimana letak perbedaan pemberian motivasi dengan benefit?
Jawab :
 
Pemberian motivasi dapat dikatakan secara langsung diberikan untuk pegawai dalambentuk gagasan atau kalimat-kalimat pendorong semangat kinerja pegawai,sedangkan benefitdalam segi pemberiannya dengan obyek yang berbentuk uang.
 
 
8. Apa sasaran pemberian insentif bagi karyawan?
Jawab ;
Meningkatkan kinerja karyawan agar bekerja dengan kinerja kerja yang optimal sesuaidengan kemampuannya serta memenuhi kebutuhan pegawai yang bersangkutan dankeluarganya.
 9. Jelaskan perbedaan antara MSDM dan manajemen personalia?
Jawab :
 
Berbeda dari ruang lingkup dan tingkatannya, MSDM mencakup masalah-masalah yangberkaitan dengan pembinaan, penggunaan dan perlindungan sumber saya manusia sedangkanmanajemen personalia lebih banyak berkaitan dengan sumber daya manusia yang berada dalamperusahaan yang umum dikenal sebagai sector modern itu.
 10.Mengapa pengadaan (procurement) adalah hal yang penting dan sulit?
Jawab :
Pengadaan karyawan sangat sulit dan rumit diakibatkan oleh keinginan perusahaanuntuk mendapatkan karyawan yang berkualitas dan berkompeten serta penempatan karyawanyang sesuai dengan keahliannya. Agar gairah kerja dan kedisiplinannya akan lebih baik sertaefektif menunjang terwujudnya tujuan perusahaan.
 11.Mengapa masalah pengadaan dapat dikatakan merupakan cermin utama keberhasilanMSDM? berikan alasannya!
Jawab :
 
Karena karyawan adalah aset utama perusahaan yang menjadi perencana dan pelakuaktif dari setiap aktifitas organisasi. Mereka mempunyai pikiran, perasaan, keinginan, status, danlatar belakang pendidikan, usia dan jenis kelamin yang heterogen yang dibawa ke dalamorganisasi perusahaan. Karyawan bukan mesin, uang, dan material yang sifatnya pasif dan dapatdikuasai serta diatur sepenuhnya oleh perusahaan.
 12.Bagaimana proses pengadaan karyawan yang
Jawab :
1.Menentukan dasar perekrutan ( batas usia, pendidikan,jenis kelamin dll dan jabatan yang akan dijabatnya)2. Penentuan sumber sumber perekrutan internal (dalam perusahaan) daneksternal (diluar perusahaan)13.Apasaja pokok-pokok bahasan utama dalam pengadaan karyawan?
Jawab :
 
Pokok bahasan utama pada fungsi pengadaan adalah proses dimana penarikan, seleksidan penempatan, orientasi dan induksi untuk mendapatkan karyawan yang yang efektif danefisien membantu tercapainya suatu tujuan perusahaan.
 14.Jelaskan mengapa seleksi penerimaan pegawai baru sangat penting?
Jawab :
 
Pada dasarnya seleksi dilakukan untuk memberikan masukan bagi perusahaan dalamrangka mendapat karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses seleksi pegawaimerupakan salah satu bagian yang teramat penting dalam keseluruhan proses manajemensumber daya manusia. Ada dan tidaknya pegawai yang memenuhi tuntutan organisasi sangattergantung pada cermat tidaknya proses seleksi itu dilakukan.
 15.Kenapa tes psikologi penting dalam seleksi peneimaan karyawan?
Jawab :
 
Karena test psikologi dilakukan agar mengetahui sikap moral dan perilaku psikologipelamar dalam menghadapi tuntutan kerja yang sangat berat sehingga mampu bekerja denganoptimal dibawah tekanan.
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->