Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
RINGKASAN ISI BUKU Bahsa Tubuh Iman Doc

RINGKASAN ISI BUKU Bahsa Tubuh Iman Doc

Ratings:

4.5

(4)
|Views: 4,634 |Likes:
Published by Alfand Adrian

More info:

Published by: Alfand Adrian on Feb 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

12/21/2012

 
RINGKASAN ISI BUKU“ MEMBACA PIKIRAN ORANG LEWAT BAHASA TUBUH ”I.IDENTITAS BUKU
a.Nama Pengarang: Dianata Eka Putra b.Jenis Buku: Non Fiksic.Penerbit: KAIFA( Melejit Potensi Diri )d.Cetakan: Ke-2e.Tebal Buku: 143 Halamanf.Tahun Terbit: Juli 2008g.Ukuran Buku: 20,5 cm x 13 cmh.Cover Buku: Merah kombinasi dengan kuning.Judul menggunakan huruf timbul.
II.SISTEMATIKA PENULISAN
-
Pengantar Penulis
8
-
Pendahuluan : Mengapa harus memahami bahasa tubuh?
13
-
Bab 1 : Bahasa tubuh orang berbohong
39
-
Bab 2 : Bahasa tubuh orang tertarik 
63
-
Bab 3 : Bahasa tubuh orang menolak atau marah
87
-
Bab 4 : Bahasa tubuh kekuasaan
99
-
Bab 5 : Bahasa tubuh orang sedih, kecewa atau stress
113
-
Bab 6 : Bahasa tubuh lain ; Gerakan tangan
123
-
Bab 7 : Bahasa tubuh Khas dari penjuru dunia
133
-
Kepustakaan
142III.IDE POKOK DALAM KATA PENGANTAR 
Dalam berkomunikasi dengan orang lain, kita tidak bisa lepas darikomunikasi nonverbal yang diperlihatan oleh lawan bicara kita.Sering kali, pesan yang di sampaikan oleh bahasa nonverbal justrumengandung makna sebenarnya dari pembicaraan itu karna bahasa tubuhseseorang tidak dapat di hindari. Bahkan, seorang ahli pun tidak bisamemanipulasi keadaan.Jadi, pengarang menciptakan buku ini yang bertujuan untumemaparkan kepada anda tentang berbagai rahasia bahasa tubuh sehinggadapat membantu anda dalam memahami pikiran dan perasaan seseorang.Bahkan, pada saat oran tersebut tidak berkata apa-apa, anda dapat mengenali perangainya secaralebih mudah. Hal itu kana kunci pergaulan terlertak dari bagaimana anda memahami lawan bicara dan anda dipahami oleh lawan bicara anda.Dan juga anda akan diajak mempelajari lebih dalam gelagat lawan bicara yang sedang berbohong, yang sering tiodak di sadari oleh kebanyakanorang. Pada akhirnya , anda akan tersentak mengetahui bahwa anda sedang di bohongi. Dan pada buku ini juga di paparkan kiat-kiat bagaimana menghadapiorang yang sedang berbohong kepada anda. Dan masih banyak lagi yang lebihseru ntuk di bahas di buku ini. Selamat membaca! 
 
IV.RINGKASAN ISI BUKU
a.Bab 1 : Bahasa tubuh orang berbohong.
-
Orang yang berbohong mempunyai tiga kondisi psikologis (tanda-tandanya):
-
Takut atau Cemas
Wajah dan telapak tangan berkeringat,
Tarikan napas dalam,
Bibir menjadi kering karena sering menelan ludah dandibasahi dengan lidah,
Berdeham atau batuk-batuk kecil,
Muka berangsur-angsur pucat,
Lebih sering memainkan tangan,
Badan menjadi kaku,
Seing memicingkan mata atau melirik tajam.
-
Kekuatan untuk menutupi kebohongan
Berusaha menahan ekspresi wajah agar emosi tidak keluar,
Tersenym enagn cepat atau tidak lepas,
Menutupi mulut,
Menyentuh hidung,
Mengusap bagian wajah, dan
Menghindari ontak mata.
-
Internal konflik.
o
Sering berkedip,
o
Menaikkan alis, tapi hanya satu sisi,
o
Bahu gemetar,
o
Hidung terasa gatal,
o
Ada perubahan nada suara,
o
Tangan gemetar, dan
o
Wajah menjadi gugup.- Tindakan saat menghadapi orang yang sedang berbohong :
 Pertama
, bisa saja kita mengatakan kalau dia sedang berbohong , seperti, “jadi, percuma saja anda meneruskan cerita.Kalimat-kalimat yang sudah anda lontarkan sudah tidak membuat sayasimpati. Anda baru saja berbohong kepada saya,” jika anda memilih perkataan ini, berarti anda lansung membuka kebohongannya padasaat itu juga. Gerak isyarat tubuh lawan bicara akan berubah drastisdan mudah dikenal. Hal ini karena orang yang ketahuan sedang berbohong, biasanya akan melakukan kebohongan lagi untuk menutupikebohongan sebelumnya.
 Kedua
, anda bisa saja dengan sengaja berpura-puramempercayai apa yang di katakannya, tetapi sebenarnya anda sudahmengetahui kalau dia sedang berbohong. Anda harus lebih waspada jika menghadapi rang seperti ini. Tidak mustahil, pada situasi-situasilainnya,dia akan membohoni anda kembali. mana yang ingin anda pakai, semua terserah anda, disesuaikan dengan situasi dan kondisi pada saat itu dan dengan siapa anda berhadapan. Ingat, idak semuaorang merasa senang jika kesalahannya(berbuat bohong) diungkapkansecara terbuka.
b.Bab 2 : Bahasa tubuh orang tertarik.
Tanda-tanda ketertarikan seseorang :
-
Meletakkan tangan di dada
Meletakkan tangan di dada menunjukkan adanya sebuah penerimaan. Biasanya, gerak ini mengiringi bahasa lisan, seperti pengucapan janji dan kekaguman.
 
-
Mendekat
Gerak isyarat ini jelas sekali terlihat dalam berbagai pembicaraan.Jika seseorang tertarik, tanpa sadar dia akan mendekatkan dirinyakepada orang yang menarik hatinya. Jika orang itu pun tertarik, tidak masalah. Tetapi, jika orang itu tidak tertarik, akan menjadi masalahtersendiri karena gerak bahasa tubuh ini terlihat mencolok.
-
Menunjuk dengan kaki
Gerak isyarat ini biasanya terjadi dalam posisi berdiri. Coba perhatikan arah kaki orang-orang yang sedang bertemu, baik duaorang maupun lebih. Biasanya, ujung kaki mengarah ke satu orangsaja jika dalam pertemuan tersebut ada lebih dari dua orang. Ujungkaki, dalam hal ini tidak harus kedua kaki, cukup satu kaki saja. Arahkaki yang lain bisa mengikuti arah badan. Arah kaki dapatmenunjukan ketertarikan seseorang-entah tertarik seksual, entah-dengan ide-ide yang di tawarkan dalam pembicaraan tersebut. Bisa jadi, orang yang di tunjuk oleh kaki bukan orang yang sedang berbicara.
-
Kombinasi tatapan dan perubahan pupil mata
Jika seseorang tertarik, tatapannya akan tertahan untuk waktu yanglebih lama dari biasanya. Hal ini lebih mudah di ketahui pada pertemuan pertama. Ada semacam keengganan untuk memalingkanmata. Tertahannya tatapan ini biasanya diikuti oleh perubahan pupilmata yang membesar.
-
Merapikan rambut
Baik pria maupun wanita, jika bertemu dengan lawan jenis danmerasa tertarik, mereka pasti akan merapikan atau menyentuh bagianrambutnya. Bukan merapikan dalam arti yang sebenarnya karenarambut sudah rapi. Gerak isyarat ini akan diikuti oleh bahasa tubuhlainnya. 
-
Mengentakkan kepala
Mengentakkan kepala ke belakang lebih sering dilakukan oleh wanitaketika tertarik kepada seorang pria. Gerakan ini biasanya di barengidengan menyibakkan rambut kebelakang sehingga bagian leher terlihat jelas. Gerakan ini tak terkecuali dilakukan oleh mereka yang berambut pendek. Sementara itu, biasanya pupil mata membesar danmenatap tajam agak lama. Dengan isyarat ini, orang mempersilakandaerah pribadinya di masuki. Coba perhatikan film-film yangmenceritakan roman percintaan. Pasti gerakan seperti ini ada dalamfilm tersebut.
-
Merapikan baju
Isyarat ini bisa tidak terlihat jika anda tidak jeli danmenggabungkannya dengan bahasa tubuh lain. Jika seseorangmemakai dasi, ia akan merapikan dasinya. Bisa juga merapikanlipatan kerah, lipatan tangan, menarik rok, menggosok sedikit bagian pundak, atau bagian busana lainnya. Padahal, tidak ada masalahdengan pakaian yang di kenakannya.
c.Bab 3 : Bahasa tubuh orang menolak atau marah.
Sikap menolak yang ditujukkan seseorang karena ketidaksukaannya ada bermacam-macam. Bahasan dalam bab ini bersifat umum, seperti menolak karena khawatir, tidak suka, ataupun terancam.

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tom Cat liked this
Yuli Potter liked this
Dafit Son Firma liked this
Misbah Myre liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->