Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kehamilan dengan Mioma Uteri

kehamilan dengan Mioma Uteri

Ratings: (0)|Views: 338 |Likes:
Published by Hafiz
mioma uteri refarat obgyn
mioma uteri refarat obgyn

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Hafiz on Jan 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/27/2014

pdf

text

original

 
KEHAMILAN DENGAN MIOMA UTERII.PENDAHULUAN
Mioma adalah suatu tumor jinak pada uterus yang berasal dari ototuterus atau jaringan ikat. Biasa disebut mioma atau myom atau fibroid.Tumor ini letaknya pada alat reproduksi wanita. Jumlah penderita belumdiketahui secara akurat karena banyak yang tidak merasakan keluhansehingga tidak segera memeriksakannya ke dokter, namun diperkirakansekitar 20-30% terjadi pada wanita berusia di atas 35 tahun. Asal mulanya penyakit mioma uteri berasal dari otot polos rahim. Beberapa teorimenyebutkan pertumbuhan tumor ini disebabkan rangsangan hormonestrogen. Pada jaringan mioma jumlah reseptor estrogen lebih tinggidibandingkan jaringan otot kandungan (miometrium) sekitarnya sehinggamioma uteri ini sering kali tumbuh lebih cepat pada kehamilan (membesar  pada usia reproduksi) dan biasanya berkurang ukurannya sesudahmenopause (mengecil pada pascamenopause). Beratnya bervariasi, mulaidari beberapa gram saja, namun bisa juga mencapai 5 kilogram atau lebih.
(1,2,3,4,5)
Tidak sedikit kehamilan yang disertai dengan mioma uteri. Miomadapat mengganggu kehamilan dengan dampak berupa kelainan letak bayidan plasenta, terhalangnya jalan lahir, kelemahan pada saat kontraksi rahim, pendarahan yang banyak setelah melahirkan dan gangguan pelepasan plasenta, bahkan bisa menyebabkan keguguran.
(1,4,6)
Sebaliknya, kehamilan juga bisa berdampak memperparah miomauteri. Saat hamil, mioma uteri cenderung membesar, dan sering juga terjadi perubahan dari tumor yang menyebabkan perdarahan dalam tumor sehinggamenimbulkan nyeri. Selain itu, selama kehamilan, tangkai tumor bisaterputar yang menyebabkan nyeri.
(1,4,7)
1
 
II.DEFINISI
a.Definisi KehamilanKehamilan adalah rangkaian peristiwa yang baru terjadi bila ovumdibuahi dan pembuahan ovum akhirnya berkembang sampai menjadifetus yang aterm.
(8)
Lama kehamilan mulai dari ovulasi sampai partus adalah kira-kira280 hari atau 40 minggu, dan tidak lebih dari 300 hari (43 minggu).Kehamilan 40 minggu ini disebut kehamilan matur (cukup bulan). Bilakehamilan lebih dari 43 minggu disebut kehamilan postmatur. Kehamilanantara 28 dan 36 minggu disebut kehamilan prematur.
(8)
Ditinjau dari tuanya kehamilan, kehamilan dibagi atas 3 bagian;masing-masing (1) kehamilan triwulan pertama (antara 0 sampai 12minggu), (2) kehamilan triwulan kedua (antara 12 sampai 28 minggu),dan (3) kehamilan triwulan terakhir (antara 28 sampai 40 minggu)
(8)
Tanda dan gejala kehamilan yaitu:
(8)
a.Amenorea (tidak dapat haid). Gejala ini sangat penting karenaumumnya wanita hamil tidak dapat haid lagi.
b.
 Nausea (mual) dan emesis (muntah). Mual terjadi umumnya pada bulan-bulan pertama kehamilan, kadang-kadang disertai emesis.Sering terjadi pagi hari, tapi tidak selalu. Keadaan ini lazim disebut
morning sickness
.c.Mengidam (mengingini makanan atau minuman tertentu). Mengidamterjadi pada bulan-bulan pertama akan tetapi akan menghilang denganmakin tuanya kehamilan.
d.
Mammae menjadi tegang dan membesar. Keadaan ini disebabkan oleh pengaruh estrogen dan progesterone yang merangsang duktili danalveoli di mamma. Glandula Montgomery tampak lebih jelas.e.Anoreksia (tidak ada nafsu makan). Biasanya terjadi pada bulan-bulan pertama tetapi setelah itu nafsu makan akan timbul lagi.f.Sering kencing terjadi karena kandung kemih pada bulan-bulan pertama kehamilan tertekan oleh uterus yang mulai membesar.
2
 
g.Obstipasi terjadi karena tonus otot menurun yang disebabkan oleh pengaruh hormon steroid.
h.
Pigmentasi kulit terjadi pada kehamilan 12 minggu ke atas. Pada pipi,hidung, dan dahi kadang-kadang tampak deposit pigmen yang berlebihan, dikenal sebagai kloasma gravidarum. Areola mamma jugamenjadi lebih hitam karena deposit pigmen yang berlebihan. Daerahleher menjadi lebih hitam.
i.
Epulis, adalah suatu hipertrofi papilla gingivae. Sering terjadi padatriwulan pertama.
 j.
Varises sering dijumpai pada triwulan terakhir. Didapat pada daerahgenitalia eksterna, fossa poplitea, kaki dan betis. b.Definisi Mioma Uteri
Mioma Uteri adalah neoplasma jinak yang berasal dari otot uterus dan jaringan ikat, disebut juga leiomioma, fibromioma, fibroleiomioma, ataufibroid.
(1,13)
Mioma uteri adalah tumor jinak yang berada pada uterus atauorgan rahim
.
(3,5,9)
Dari berbagai pengertian dapat disimpulkan bahwa mioma uteriadalah suatu pertumbuhan jinak dari otot – otot polos, tumor jinak ototrahim, disertai jaringan ikat, neoplasma yang berasal dari otot uterus yangmerupakan jenis tumor uterus yang paling sering, dapat bersifat tunggal,ganda, dapat mencapai ukuran besar, biasanya mioma uteri banyak terdapat pada wanita usia reproduksi terutama pada usia 35 tahun.
(1)
III.
KLASIFIKASI MIOMA UTERI
Klasifikasi mioma uteri dapat berdasarkan lokasi dan lapisan uterus yangterkena:
1.
Lokasi
(8)
3

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->