Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknik Komunikasi

Teknik Komunikasi

Ratings: (0)|Views: 7 |Likes:
Published by Ezzat Fajria Atsha

More info:

Published by: Ezzat Fajria Atsha on Jan 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

 
[Type text]
Teknik Komunikasi
Komunikasi UmumPengertian komunikasi
 Secara umum, komunikasi adalah proses tercapainya kesamaanpengertian antara individu yang bertindak sebagai sumber dan individu yangbertindak sebagai penerima; meliputi kemampuan berbicara, mendengar,melihat dan kemampuan kognitif.Ada beberapa pengertian mengenai komunikasi yang dikemukakan olehbeberapa ahli, dimana masing-masing pengertian tersebut adalah:
 
Edward Depari: Komunikasi adalah proses penyampaian gagasan,harapan dan pesan yang disampaikan melalui lambang-lambangtertentu, mengandung arti, dilakukan oleh penyampai pesan ditujukankepada penerima pesan. (Ermawati dkk, 2008)
 
James A.F. Stoner: Komunikasi adalah proses dimana seseorangberusaha memberikan pengertian dengan cara pemindahan pesan.(Ermawati dkk, 2008)
 
John R. Schemerhom: Komunikasi itu dapat diartikan sebagai prosesantara pribadi dalam mengirim dan menerima simbol-simbol yangberarti bagi kepentingan mereka. (Ermawati dkk, 2008)
 
Dr. Phill Astrid Susanto: Komunikasi adalah proses pengoperanlambang-lambang yang mengandung arti. (Ermawati dkk, 2008)
 
Human Relation of Work, Keith Davis: Komunikasi adalah proseslewatnya informasi dan pengertian seseorang ke orang lain.
 
Oxford Dictionary, 1956: Komunikasi adalah pengiriman atau tukar-menukar informasi, ide, atau sebagainya. (Ermawati dkk, 2008)
 
Drs. Onong Uchjana Effendy, MA: Komunikasi mencakup akspresiwajah, sikap dan gerak-gerik suara, kata-kata tertulis, percetakan, keretaapi, telegraf, telepon, dan lain-lain. (Ermawati dkk, 2008)
 
Kozier dan Erb, 1995: komunikasi adalah pertukaran informasi antara duaorang atau lebih, atau pertukaran ide, perasaan, dan pikiran. (Wahjudi,2006)
 
William Albig: Komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang
 
[Type text]
yang memiliki arti di antara individu-individu. (Wahjudi, 2006)
 
Taylor dkk.: Komunikasi adalah proses berbagi (
sharing
) informasi atau
 proses pembangkitan dan pengoperan arti. (Wahjudi, 2006)Berdasarkan berbagai pengertian tersebut diatas, dapat disimpulkan bahwakomunikasi merupakan:1.
 
Kegiatan yang melibatkan dua orang atau lebih2.
 
Bentuk pembagian ide atau pikiran dengan menggunakan lambang3.
 
Memiliki tujuan berupa terjadi perubahan pada orang lain.
Tujuan komunikasi
(Elsa dkk, 2008)Pada umumnya komunikasi mempunyai tujuan antara lain:1.
 
Supaya apa yang ingin disampaikan dapat dimengerti2.
 
Memahami orang lain, komunikator harus mengerti aspirasi orang lain, jangan memaksakan kehendak 3.
 
Supaya gagasan dapat diterima orang lain, melalui pendekatan persuasif bukan memaksakan kehendak 4.
 
Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu, kegiatan yang banyak mendorong dengan cara yang baik.
Fungsi komunikasi
 Menurut Gustina dan Ermawati (2008), Apabila komunikasi dipandangdari arti yang lebih luas tidak hanya diartikan sebagai pertukaran berita ataupesan, tetapi sebagai kegiatan individu dan kelompok mengenai tukar- menukardata, fakta, dan ide maka fungsinya dalam setiap sistem sosial adalah sebagaiberikut:1.
 
Informasi, pengumpulan, penyimpanan, pemprosesan, penyebaran berita,data, gambar, fakta, pesan, opini dan komentar yang dibutuhkan agar dapat
 
[Type text]
dimengerti dan beraksi secara jelas terhadap kondisi lingkungan dan oranglain agar dapat mengambil keputusan yang tepat.2.
 
Sosialisasi (pemasyarakatan), penyediaan sumber ilmu pengetahuan yangmemungkinkan orang bersikap dan bertindak sebagai anggota masyarakatyang efektif sehingga ia sadar akan fungsi sosialnya dan dapat aktif didalam masyarakat.3.
 
Motivasi, menjelaskan kepada masyarakat tujuan jangka pendek maupun jangka panjang, mendorong orang menentukan pilihan dan keinginannya,mendorong kegiatan individu dan kelompok berdasarkan tujuan bersamayang akan dicapai atau diraih.4.
 
Perdebatan dan diskusi, menyediakan dan saling menukar fakta yangdiperlukan untuk memungkinkan persetujuan atau menyelesaikanperbedaan pendapat mengenai masalah publik, menyediakan bukti-buktirelevan yang diperlukan untuk kepentingan umum agar masyarakat lebihmelibatkan diri dengan masalah yang menyangkut kepentingan bersama.5.
 
Pendidikan, pengalihan ilmu pengetahuan dapat mendorongperkembangan intelektual, pembentukan watak, serta membentuk keterampilan dan kemahiran yang diperlukan pada semua bidangkehidupan.6.
 
Memajukan kehidupan, menyebarkan hasil kebudayaan dan seni denganmaksud melestarikan warisan masa lalu, mengembangkan kebudayaandengan memperluas horizon seseorang, serta membangun imajinasi danmendorong kreativitas dan kebutuhan estetiknya.7.
 
Hiburan, penyebarluasan sinyal, simbol, suara, dan imajinasi dari drama,tari kesenian, kesastraan, musik, olahraga, kesenangan kelompok danindividu.8.
 
Integrasi, menyediakan bagi bangsa kelompok dan individu kesempatanuntuk memperoleh berbagai pesan yang mereka perlukan agar merekadapat saling kenal dan mengerti serta menghargai kondisi pandangan dankeinginan orang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->