Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
IPS Budaya

IPS Budaya

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by Chaerul Nurhuda

More info:

Published by: Chaerul Nurhuda on Jan 27, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
 
Disusun Oleh :
 
Chaerul Nurhuda
 
Fitri Setyowati
 
Lubna Ulzana
 
Nandy Septiana
 
Ridwan Nuriana
SMK Negeri 11 Bandung2012
 
IPS
Sebuah Makalah Tentang
Budaya 
 
KATA PENGANTAR
 
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT karena berkat rahmat-Nya kami diberikankesehatan untuk menyelesaikan makalah ini.
 Makalah ini dapat dipakai sebagai referensi atau sekadar menambah ilmu pengetahuan.Makalah ini berisi tentang budaya dan kebudayaan Solo.Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang memberikan kontribusi dalam penyelesaianmakalah ini. Kami mengharapkan apresiasi dari para pembaca untuk memberikan kritik dan saran.Semoga makalah ini dapat membantu para pembaca dalam proses belajar serta berguna bagi kita semuasebagai sumber ilmu pengetahuan.Bandung , Januari 2012Penulis
 
BAB 1Pendahuluan
1.1 Pendahuluan
Budaya atau kebudayaan berasal daribahasa Sanskertayaitu
buddhayah
, yang merupakan bentuk jamakdari
buddhi 
(budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.Dalambahasa Inggris,kebudayaan disebut
culture
, yang berasal dari kataLatin
Colere
, yaitu mengolahatau mengerjakan. Bisa diartikan juga sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata
culture
juga kadangditerjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.
BAB 2Pembahasan
2.1 Definisi Budaya
Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dandiwariskan dari generasi ke generasi.
 
Budaya terbentuk dari banyak unsur yang rumit,termasuksistemagamadanpolitik,adat istiadat,bahasa,perkakas,pakaian,bangunan,dan karyaseni.
 
Bahasa, sebagaimana juga budaya, merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderungmenganggapnya diwariskan secara genetis. Ketika seseorang berusaha berkomunikasidengan orang-orang yangberbeda budaya dan menyesuaikan perbedaan-perbedaannya, membuktikan bahwa budaya itu dipelajari.Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh. budaya bersifat kompleks, abstrak, dan luas. Banyak aspekbudaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosio-budaya ini tersebar dan meliputi banyakkegiatan sosial manusia.
 
Beberapa alasan mengapa orang mengalami kesulitan ketika berkomunikasi dengan orang dari budayalain terlihat dalam definisi budaya:
Budaya adalah suatu perangkat rumit nilai-nilai yang dipolarisasikan oleh suatucitra yang mengandung pandangan atas keistimewaannya sendiri."Citra yang memaksa" itu mengambil bentuk-bentuk berbeda dalam berbagai budaya seperti "individualisme kasar" di Amerika,"keselarasan individudenganalam" Jepangdan "kepatuhan kolektif" di Cina. 
Citra budaya yang bersifat memaksa tersebut membekali anggota-anggotanya dengan pedomanmengenai perilaku yang layak dan menetapkanduniamaknadan nilailogisyang dapat dipinjam anggota- anggotanya yang paling bersahaja untuk memperoleh rasa bermartabat dan pertalian dengan hidup mereka.Dengan demikian, budayalah yang menyediakan suatu kerangka yang koheren untuk mengorganisasikanaktivitas seseorang dan memungkinkannya meramalkan perilaku orang lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->