Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permenkes No. 749a Tahun 1989 - Rekam Medis

Permenkes No. 749a Tahun 1989 - Rekam Medis

Ratings: (0)|Views: 163 |Likes:
Published by Sigit Prabowo

More info:

Published by: Sigit Prabowo on Jan 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/28/2013

pdf

text

original

 
PERATURAN MENTERI KESEHATANREPUBLIK INDONESIANOMOR : 749a / MENKES / PER / XII / 1989TENTANG
REKAM MEDIK / MEDICAL RECORDS 
MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
Menimbang : a. Bahwa dalam rangka mewujudkan derajat kesehatan yangoptimal bagi seluruh masyarakat perlu adanya peningkatan mutupelayanan kesehatan.b. Bahwa peningkatan mutu pelayanan kesehatan harus disertaiadanya sarana penunjang yang memadai antara lain melaluipenyelenggaraan rekam medik pada setiap sarana pelayanankesehatan.c. Bahwa untuk mencapai tujuan huruf a dan b tersebut di atasdipandang perlu menetapkan Peraturan Menteri Kesehatantentang Rekam Medik.Mengingat : a. Undang-undang Nomor 9 tahun 1960 tentang Pokok-PokokKesehatan (Lembaran Negara Tahun 1960 Nomor 131, TambahanLembaran Negara Nomor 2068).b. Undang-undang Nomor 6 Tahun 1963 tentang TenagaKesehatan (Lembaran Negara Tahun 1963 Nomor 79, TambahanLembaran Negara nomor 2576).c. Undang-undang Nomor 7 Tahun 1971 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Kearsipan (Lembaran Negara Tahun 1971Nomor 32, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2964).d. Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1966 tentang WajibSimpan Rahasia Kedokteran (Lembaran Negara Tahun 1966Nomor 21, Tambahan Lembaran Negara Nomor 2803).e. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1987 tentangPenyerahan Sebagai Urusan Pemerintah dalam Bidang KesehatanKepada Daerah (Lembaran Negara Tahun 1987 Nomor 9,Tambahan Lembaran Negara Nomor 3347).
 
MEMUTUSKAN
Menetapkan :
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentangRekam MedikBAB IKETENTUAN UMUMPasal 1
Dalam Peraturan ini yang dimaksud dengan :a. Rekam medik adalah berkas yang berisikan catatan, dan dokumen tentangidentitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain kepadapasien pada sarana pelayanan kesehatan.b. Sarana Pelayanan kesehatan adalah tempat yang digunakan untukmenyelenggarakan upaya kesehatan baik untuk rawat jalan maupun rawat nginapyang dikelola oleh Pemerintah atau swasta.c. Dokter adalah dokter umum / dokter spesialis dan dokter gigi / dokter gigispesialis.d. Tenaga kesehatan lain adalah tenaga kesehatan yang ikut memberikanpelayanan kesehatan secara langsung kepada pasien.e. Direktur Jenderal adalah Direktur Jenderal Pelayanan medik dan atau DirekturJenderal Pembinaan Kesehatan Masyarakat.
BAB IITATA CARA PENYELENGGARAANPasal 2
Setiap sarana pelayanan kesehatan yang melakukan pelayanan rawat jalanmaupun rawat nginap wajib membuat rekam medik.
Pasal 3
Rekam Medik sebagaimana dimaksud pasal dibuat oleh dokter dan atau tenagakesehatan lain yang memberikan pelayanan kepada pasien.
 
Pasal 4
Rekam Medik harus dibuat segera dan dilenkapi seluruhnya setelah pasienmenerima pelayanan.
Pasal 5
Setiap pencatatan kedalam rekam medik harus dibubuhi nama dan tanda tanganpetugas yang memberikan pelayanan atau tindakan.
Pasal 6
(1). Pembetulan kesalahan catatan dilakukan pada tulisan yang salah dan diberioleh petugas yang bersangkutan.(2). Penghapusan tulisan dengan cara apapun tidak diperbolehkan.
Pasal 7
(1). Lama penyimpanan rekam medik sekurang-kurangnya untuk jangka waktu 5(lima) tahun terhitung dari tanggal terakhir pasien berobat.(2). Lama penyimpanan rekam medik yang berkaitan dengan hal-hal yangbersifat khusus dapat ditempatkan tersendiri.
Pasal 8
(1). Setelah batas waktu sebagaimana dimaksud pasal 7 dilampaui, rekam medikdapat dimusnahkan.(2). Tata cara pemusnahan sebagaimana dimaksud ayat (1) ditetapkan olehDirektur Jenderal.
Pasal 9
Rekam medik harus disimpan oleh petugas yang ditunjuk oleh Pimpinan saranapelayanan kesehatan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->