Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CONTOH KONTRAK

CONTOH KONTRAK

Ratings: (0)|Views: 133 |Likes:
Published by amungme_amungme

More info:

Published by: amungme_amungme on Jan 28, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
SURAT PERJANJIAN KONTRAKTOR
SURAT PERJANJIAN
untuk melaksanakanPaket Pekerjaan Konstruksi: ________________________
 
Nomor:
 ____________
 
Pada hari ini, ____________ tanggal ____________ bulan ____________ tahun ____________ bertempat di Jakarta, kamiyang bertandatangan di bawah ini setuju mengadakan perjanjian antara pihak-pihak:N a m a : ____________Jabatan : KEPALA SUKU DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN KEPULAUAN SERIBU selaku PejabatPembuat Komitmen, yang bertindak untuk dan atas nama DINAS PERHUBUNGAN PROVINSI DKIJAKARTA yang berkedudukan di Jl. Yos Sudarso No. 12, Tanjung Priok, Jakarta Utara, berdasarkanSurat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor ______ Tahun 2013tentang
Penunjukan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) sebagai Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Lingkungan Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta 
Tahun Anggaran 2013.yang selanjutnya dalam Perjanjian ini disebut “
PIHAK PERTAMA
”, dan
 
N a m a : ____________Jabatan : Direktur Utama/Direktur, yang bertindak untuk dan atas nama PT./CV. ____________, yangberkedudukan di ____________, berdasarkan Akta Pendirian No. ____________ tanggal ____________ yang dikeluarkan oleh Notaris ____________ dan Akte Perubahan Terakhir No. ____________ tanggal ____________ yang dikeluarkan oleh ____________.yang selanjutnya dalam perjanjian ini disebut “
PIHAK KEDUA
.
 Dengan ini kedua belah pihak sepakat untuk mengadakan perjanjian pekerjaan konstruksi berdasarkan ketentuan-ketentuansebagaimana tercantum dalam pasal-pasal di bawah ini:
BAB IKETENTUAN UMUMPasal 1PENGERTIAN ISTILAH
Dalam surat perjanjian/kontrak ini terkandung beberapa pengertian istilah, diantaranya sebagai berikut:1.
 
Pekerjaan Konstruksi adalah seluruh pekerjaan yang berhubungan dengan pelaksanaan konstruksi bangunan ataupembuatan wujud fisik lainnya.2.
 
Pengguna Anggaran yang selanjutnya disebut PA adalah pejabat pemegang kewenangan penggunaan anggaranKementerian/Lembaga/Satuan Kerja Perangkat Daerah atau Pejabat yang disamakan pada Institusi lain Pengguna APBN/APBD.3.
 
Kuasa Pengguna Anggaran yang selanjutnya disebut KPA adalah pejabat yang ditetapkan oleh PA untuk menggunakan APBN atau ditetapkan oleh Kepala Daerah untuk menggunakan APBD.4.
 
Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang selanjutnya disebut
PIHAK PERTAMA
adalah pejabat yang bertanggung jawabatas pelaksanaan Pengadaan Pekerjaan Konstruksi.5.
 
Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan adalah panitia/pejabat yang ditetapkan oleh PA/KPA yang bertugasmemeriksa dan menerima hasil pekerjaan.6.
 
 Aparat Pengawas Intern Pemerintah atau pengawas intern pada Institusi lain yang selanjutnya disebut APIP adalahaparat yang melakukan pengawasan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lain terhadappenyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi.
 
SURAT PERJANJIAN KONTRAKTOR
7.
 
Penyedia yang selanjutnya disebut
PIHAK KEDUA
adalah badan usaha atau orang perseorangan yang menyediakanPekerjaan Konstruksi.8.
 
Subpenyedia adalah penyedia yang mengadakan perjanjian kerja dengan penyedia penanggung jawab kontrak, untukmelaksanakan sebagian pekerjaan (subkontrak).9.
 
Kemitraan/KSO adalah kerja sama usaha antar penyedia baik penyedia nasional maupun penyedia asing, yang masing-masing pihak mempunyai hak, kewajiban dan tanggung jawab yang jelas berdasarkan perjanjian tertulis.10.
 
Surat Jaminan yang selanjutnya disebut Jaminan, adalah jaminan tertulis yang bersifat mudah dicairkan dan tidakbersyarat (
unconditional 
), yang dikeluarkan oleh Bank Umum/Perusahaan Penjaminan/Perusahaan Asuransi yangdiserahkan oleh
PIHAK KEDUA
kepada
PIHAK PERTAMA
untuk menjamin terpenuhinya kewajiban
PIHAK KEDUA
.11.
 
Kontrak Pengadaan Barang/Jasa yang selanjutnya disebut Kontrak adalah perjanjian tertulis antara
PIHAK PERTAMA
 dengan
PIHAK KEDUA
yang mencakup Dokumen Pengadaan serta dokumen lain yang merupakan bagian dari kontrak.12.
 
Nilai Kontrak adalah total harga yang tercantum dalam Kontrak.13.
 
Hari adalah hari kalender.14.
 
Daftar kuantitas dan harga (rincian harga penawaran) adalah daftar kuantitas yang telah diisi harga satuan dan jumlahbiaya keseluruhannya yang merupakan bagian dari penawaran.15.
 
Harga Perkiraan Sendiri (HPS) adalah perhitungan perkiraan biaya pekerjaan yang disusun oleh
PIHAK PERTAMA
,dikalkulasikan secara keahlian berdasarkan data yang dapat dipertanggungjawabkan serta digunakan oleh Panitia untukmenilai kewajaran penawaran termasuk rinciannya.16.
 
Pekerjaan utama adalah jenis pekerjaan yang secara langsung menunjang terwujudnya dan berfungsinya suatukonstruksi sesuai peruntukannya yang ditetapkan sebagaimana tercantum dalam LDP;17.
 
Harga Satuan Pekerjaan (HSP) adalah harga satu jenis pekerjaan tertentu per satu satuan tertentu;18.
 
Metoda pelaksanaan pekerjaan adalah cara kerja yang layak, realistik dan dapat dilaksanakan untuk menyelesaikanseluruh pekerjaan dan diyakini menggambarkan penguasaan dalam penyelesaian pekerjaan dengan tahap pelaksanaanyang sistimatis berdasarkan sumber daya yang dimiliki penawar;19.
 
Jadwal waktu pelaksanaan adalah jadwal yang menunjukkan kebutuhan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikanpekerjaan, terdiri atas tahap pelaksanaan yang disusun secara logis, realistik dan dapat dilaksanakan;20.
 
Personil inti adalah tenaga yang akan ditempatkan secara penuh sesuai dengan persyaratan yang ditetapkansebagaimana tercantum dalam LDP serta posisinya dalam manajemen pelaksanaan pekerjaan sesuai dengan organisasipelaksanaan yang diajukan untuk melaksanakan pekerjaan;21.
 
Bagian pekerjaan yang disubkontrakkan adalah bagian pekerjaan bukan pekerjaan utama yang ditetapkan sebagaimanatercantum dalam LDP, yang pelaksanaannya diserahkan kepada penyedia lain dan disetujui terlebih dahulu oleh
PIHAKPERTAMA
;22.
 
Masa Kontrak adalah jangka waktu berlakunya Kontrak ini terhitung sejak tanggal penandatanganan kontrak sampaidengan masa pemeliharaan berakhir;23.
 
Tanggal mulai kerja adalah tanggal mulai kerja penyedia yang dinyatakan pada Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK), yangditerbitkan oleh
PIHAK PERTAMA
;24.
 
Tanggal penyelesaian pekerjaan adalah tanggal penyerahan pertama pekerjaan selesai, dinyatakan dalam Berita Acarapenyerahan pertama pekerjaan yang diterbitkan oleh
PIHAK PERTAMA
setelah dilakukan pemeriksaan dan penerimaanhasil pekerjaan yang dilakukan oleh Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan;25.
 
Masa pemeliharaan adalah kurun waktu kontrak yang ditentukan dalam syarat-syarat khusus kontrak, dihitung sejaktanggal penyerahan pertama pekerjaan sampai dengan tanggal penyerahan akhir pekerjaan;26.
 
Kegagalan Konstruksi adalah keadaan hasil pekerjaan yang tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan sebagaimanadisepakati dalam kontrak baik sebagian maupun keseluruhan sebagai akibat kesalahan
PIHAK PERTAMA
atau
PIHAKKEDUA
.27.
 
Kegagalan Bangunan adalah keadaan bangunan, yang setelah diserahterimakan oleh
PIHAK KEDUA
kepada
PIHAKPERTAMA
dan terlebih dahulu diperiksa serta diterima oleh Panitia/Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan, menjadi tidakberfungsi, baik secara keseluruhan maupun sebagian dan/atau tidak sesuai dengan ketentuan yang tercantum dalamkontrak, dari segi teknis, manfaat, keselamatan dan kesehatan kerja, dan/atau keselamatan umum.
Pasal 2LINGKUP TUGAS DAN LINGKUP PEKERJAAN
1.
 
PIHAK PERTAMA
memberikan tugas kepada
PIHAK KEDUA
dan diterima
PIHAK KEDUA
untuk melaksanakanpekerjaan:Program : ____________Kegiatan : ____________Kode Rekening : ____________Tahun Anggaran : 20132.
 
PIHAK KEDUA
mempunyai kewajiban kepada
PIHAK PERTAMA
untuk melaksanakan, menyelesaikan dan memeliharapekerjaan, serta memperbaiki kerusakan sesuai ketentuan dan spesifikasi yang tercantum dalam kontrak.
 
SURAT PERJANJIAN KONTRAKTOR
Pasal 3KORESPONDENSI
1.
 
Semua korespondensi dapat berbentuk surat, atau faksimili dengan alamat tujuan para pihak;a.
 
Satuan Kerja
PIHAK PERTAMA
 Nama : SUKU DINAS PERHUBUNGAN KABUPATEN ADMINISTRASI KEPULAUAN SERIBU Alamat : Jl. Yos Sudarso No. 12 Tanjung Priok, Jakarta UtaraFaximili : 021-43910937, 021-3904655
b.
 
PIHAK KEDUA
Nama : PT./CV. ____________ Alamat : ____________Faximili : ____________2.
 
Semua pemberitahuan, permohonan, atau persetujuan berdasarkan Kontrak ini akan dibuat secara tertulis dalamBahasa Indonesia, dan dianggap telah diberitahukan jika telah disampaikan secara langsung kepada wakil sah ParaPihak, atau jika disampaikan melalui surat, atau faksimili yang ditujukan ke alamat yang tercantum pada ayat 1 pasal ini.
Pasal 4DASAR KONTRAK
Dasar kontrak dan pelaksanaan pekerjaan konstruksi ini menjadi lampiran dan bagian yang mengikat serta tidak terpisahkandalam perjanjian ini adalah dokumen kontrak, yang meliputi:1.
 
Jaminan Pelaksanaan nomor ____________ tanggal ____________2.
 
Surat Penunjukan Penyedia Barang/Jasa nomor ____________ tanggal ____________3.
 
Pengumuman Pemenang nomor ____________ tanggal ____________4.
 
Surat Penetapan Pemenang nomor ____________ tanggal ____________5.
 
Berita Acara Hasil Pelelangan nomor ____________ tanggal ____________6.
 
Berita Acara Pembuktian/Verifikasi Data Kualifikasi nomor ____________ tanggal ____________7.
 
Berita Acara Evaluasi Penawaran nomor ____________ tanggal ____________8.
 
Surat Penawaran nomor ____________ tanggal ____________9.
 
Pengumuman Pascakualifikasi10.
 
Dokumen Pengadaan.11.
 
Surat Permohonan Pengadaan Jasa Konstruksi nomor ____________ tanggal ____________12.
 
Harga Perkiraan Sendiri (HPS).13.
 
Gambar-gambar 14.
 
Kerangka Acuan Kerja (KAK).15.
 
DPA-SKPD 2012
Pasal 5BAHASA DAN HUKUM
1.
 
Bahasa kontrak harus dalam Bahasa Indonesia kecuali dalam rangka pinjaman/hibah luar negeri menggunakan BahasaIndonesia dan bahasa nasional pemberi pinjaman/hibah tersebut dan/atau bahasa Inggris;2.
 
Hukum yang digunakan adalah hukum yang berlaku di Indonesia, kecuali dalam rangka pinjaman/hibah luar negerimenggunakan hukum yang berlaku di Indonesia atau hukum yang berlaku di negara pemberi pinjaman/hibah(tergantung kesepakatan antara Pemerintah dan negara pemberi pinjaman/hibah).
Pasal 6HAK KEKAYAAN INTELEKTUALPIHAK KEDUA
wajib melindungi
PIHAK PERTAMA
dari segala tuntutan atau klaim dari pihak ketiga yang disebabkanpenggunaan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) oleh
PIHAK KEDUA
.
Pasal 7PENEMUAN-PENEMUANPIHAK KEDUA
wajib memberitahukan kepada
PIHAK PERTAMA
dan kepada pihak yang berwenang semua penemuanbenda/barang yang mempunyai nilai sejarah atau penemuan kekayaan di lokasi pekerjaan yang menurut peraturanperundang-undangan dikuasai oleh negara.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->