Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
rencana-tindak-lanjut

rencana-tindak-lanjut

Ratings: (0)|Views: 168 |Likes:
Published by dodi_hy

More info:

Published by: dodi_hy on Jan 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/29/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN TINDAK LANJUT (Action Education)
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang 
Pendidikan dan Latihan untuk Anggota Dewasa merupakan bagian dariproses pembinaan anggota dewasa yang secara garis besar terdiri atas kursus,pertemuan dan kegiatan. Kursus dasar yang harus diikuti pembina Pramukaadalah Kursus Pembina Pramuka Mahir Dasar (KMD) dan Kursus PembinaPramuka Mahir lanjutan (KML).KMD adalah jenjang pertama Kursus Pembina Mahir. Peserta KMD adalahanggota dewasa yang akan membina anggota muda di gugus depan. Setelahlulus KMD, seorang pembina diharuskan mempraktikkan dan mengembangkanpengetahuan yang diperolehnya, guna mendapatkan pengalaman membina diGugus depan dalam program pemantapan dasar. Mereka yang telahmenyelesaikan pemantapan dasar dapat mengikuti kursus tahap berikutnya,yaitu KML.KML adalah jenjang kedua Kursus Pembina Pramuka Mahir yangdititikberatkan pada praktek membina satuan. Peserta KML adalah lulusanKMD yang telah melaksanakan program pemantapan dasar. Kursus PembinaPramuka Mahir (Dasar dan Lanjutan) merupakan satu kesatuan yang utuh dantidak dapat dipisahkan, karena saling melengkapi
.
Setelah mengikuti KML, seorang pembina harus melakukan pemantapanlanjutan untuk menjadi seorang Pembina Mahir, dan menuangkan rencanatersebut dalam sebuah
action plan
atau Rencana Tindak Lanjut (RTL).Rencana ini berupa perencanaan kegiatan perorangan dan merupakan talipengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdiannya terhadap masyarakatmelalui Gerakan Pramuka.
Dasar 
1)
Kepres RI No. 104 tahun 2004 tentang Anggaran Dasar GerakanPramuka.
2)
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 086 tahun 2005tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
3)
Program Kerja Kwartir Cabang Kaur masa bakti 2011-2012
Tujuan
Rencana Tindak Lanjut ini disusun sebagai pedoman kegiatanKepramukaan yang dilaksanakan di gugus depan 2907 dan sebagai tindaklanjut keikutsertaan dalam kursus pembina Pramuka mahir tingkat lanjutan.
 Rencana tindak lanjut 
 
1
 
Setelah mengikuti KML, diharapkan segala dedikasi, motivasi, kegiatan,dan komitmen dapat dipertahankan dan ditingkatkan. dituangkan dalam RTLsebagai berikut:
1)
Pengikat peserta KML atas komitmen dan pengabdiannyaterhadap masyarakat melalui Gerakan Pramuka;
2)
mengendalikan diri dengan melaksanakan program yang telahdisusun;
3)
mengembangkan pengetahuan pembinaan kepramukaan;
4)
Meningkatkan kepercayaan diri.
Ruang Lingkup
RTL ini mencakup kegiatan-kegiatan dalam pembinaan anggota Pramukadi Gugus Depan sebagai berikut :
1)
Penyusunan Administrasi di Gugus Depan 2907.
2)
Pengorganisasian; struktur Gudep 2907 dan dewanpenggalang.
3)
Penyusunan Program Kegiatan; jenis dan sasaran kegiatan.
4)
Pelantikan; dan
5)
Kegiatan Perkemahan.
 Rencana tindak lanjut 
 
2
 
BAB IITINDAK LANJUT
Sebagaimana telah disebutkan di atas, bahwa ruang lingkup penyusunanRencana Tindak Lanjut ini mencakup kegiatan-kegiatan dalam pembinaananggota Pramuka di pangkalan SDN 01 Kaur Selatan. Kegiatan tersebutdilaksanakan selama enam bulan sejak berakhirnya Kursus Pembina Mahir Dasar (KMD).Bab ini akan memaparkan hal apa saja yang akan dilaksanakan dalamkegiatan pembinaan.
1. Administrasi Gugus Depan
 Apabila melihat definisi administrasi secara formal danlegitimas, administrasi diartikan sebagai usaha atau kegiatanyang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-carapenyelenggaraan pembinaan organisasi. Beberapa unsur pokok di dalam administrasi yang dimaksud ialah : (1)sekelompok orang, (2) tujuan, (3) tugas dan fungsi, (4)peralatan dan perlengkapan yang diperlukan. Akan tetapi didalam RTL ini, hal yang terkait Administrasi hanya mengambil unsur keempat,yaitu peralatan dan perlengkapan.Administrasi dalam buku ini didefinisikan sebagai perlengkapanketatausahaan yang mendukung tertibnya manajemen gugus depan. Administrasi yang dipersiapkan adalah:
a) Program Kerja Tahunan
Merupakan rencana kegiatan yang menjadi dasar pelaksanaankegiatan selama satu tahun. Prota ini dijabarkan menjadi 3 tahapan yangmasing-masing belaku selama 4 bulan (caturwulan) Pelaksanaannyadapat dilakukan menurut skala prioritas, mana yang perlu didahulukansesuai dengan kondisi tadik dan lingkungannya.
NOKegiatanBulanKet1234
b) Program Kegiatan Mingguan
Memuat runtutan kegiatan yang akan dilaksanakan pada waktulatihan rutin.
PROGRAM KEGIATAN MINGGUAN
hari, tanggal:tempat:NOKegiatanAcara PenggantiKeterangan
 Rencana tindak lanjut 
 
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->