Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengertian dan Pemahan tentang Manajemen File

Pengertian dan Pemahan tentang Manajemen File

Ratings: (0)|Views: 232|Likes:
Published by Vino Vs Mereka
Pengertian dan Pemahan tentang Manajemen File Bagaimana yg dimaksud manajemen file
Pengertian dan Pemahan tentang Manajemen File Bagaimana yg dimaksud manajemen file

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Vino Vs Mereka on Jan 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/02/2013

pdf

text

original

 
MANAJEMEN FILE
Pengertian manajemen fileFile system atau manajemen file adalah metode dan struktur data yang digunakan sistem operasi untukmengatur dan mengorganisir file pada disk atau partisi. File system juga dapat diartikan sebagai partisiatau disk yang digunakan untuk menyimpan file-file dalam cara tertentu. Cara memberi suatu filesystem ke dalam disk atau partisi dengan cara melakukan FormatManfaat Manajemen FileDapat mengurangi resiko kehilangan file yang dikarenakan: terhapus secara tidak disengaja, tertimpa filebaru, tersimpan dimana saja, dan hal lain yang tidak kita inginkanSasaran Manajemen File :Pengelolaan file adalah kumpulan perangkat lunak sistem yang menyediakan layanan berhubungandengan penggunaan file ke pemakai dan / atau aplikasi.Biasanya satu-satunya cara pemakai atau aplikasi mengakses file adalah lewat sistem. Pemakai ataupemrogram tidak perlu mengembangkan perangkat lunak khusus untuk mengakses data di tiap aplikasi.Sistem pun menyediakan pengendalian terhadap aset penting ini.1. Sasaran sistem file adalah sebagai berikut :Memenuhi kebutuhan manajemen data bagi pemakai.Menjamin data pada file adalah valid.Optimasi kinerja.Menyediakan dukungan masukan/keluaran beragam tipe perangkat penyimpanan.Meminimalkan atau mengeliminasi potensi kehilangan atau perusahaan data.Menyediakan sekumpulan rutin interface masukan/keluaran.Menyediakan dukungan masukan/keluaran banyak pemakai di sistem multiuser.Fungsi Manajemen File :
 
Beberapa fungsi yang diharapkan dari pengelolaan file adalah :Penciptaan, modifikasi, dan penghapusan file.Mekanisme pemakaian file secara bersama.Kemampuan backup dan recovery untuk mencegah kehilangan karena kecelakaan atau dari upayapenghancuran informasi.Pemakai dapat mengacu file dengan nama simbolik (Symbolic name) bukan menggunakan penamaanyang mengacu perangkat fisik.Pada lingkungan sensitif dikehendaki informasi tersimpan aman dan rahasia.Sistem file harus menyediakan interface user-friendly.2. Arsitektur Pengelolaan File :Pengelolaan file, biasanya terdiri dari :Sistem AksesBerkaitan dengan bagaimana cara data yang disimpan pada file diakses.Manajemen fileBerkaitan dengan penyediaan mekanisme operasi pada file seperti :PenyimpananPengacuanPemakaian bersamaPengamananManajemen Ruang PenyimpanBerkaitan dengan alokasi ruang untuk file di perangkat penyimpan.
 
 Mekanisme Integritas FileBerkaitan dengan jaminan informasi pada file tak terkorupsi. Manajemen Perangkat Masukan / Keluarandi Sistem Operasi : Device Driver3. Sistem FileKonsep terpenting dari pengelolaan file di sistem operasi adalah :
• File
 Abstraksi penyimpanan dan pengambilan informasi di disk. Abstraksi ini membuat pemakai tidakdibebani rincian cara dan letak penyimpanan informasi, serta mekanisme kerja perangkat penyimpandata.
• Direktori
 Berisi informasi mengenai file. Kebanyakan informasi berkaitan dengan penyimpan. Direktori adalah file,dimiliki sistem operasi dan dapat diakses dengan rutin di sistem operasi. Pemakai memanipulasi datamerujuk sebagai file atau direktori. Pemakai tidak dibebani dengan masalah penyimpanan, manipulasiperangkat dan sebagainya.4. File, Terhadap beragam pandangan mengenai file, yaitu :a. Pemakai :Terhadap file pemakai berkepentingan memahami berikut :Penamaan untuk fileTipe fileAtribut filePerintah-perintah untuk manipulasi file.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->