Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
BETERNAK LOVEBIRD

BETERNAK LOVEBIRD

Ratings: (0)|Views: 248 |Likes:
hurnal bird
hurnal bird

More info:

Published by: Dharul Handri Pranawa on Jan 29, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/13/2014

pdf

text

original

 
BETERNAK LOVEBIRD CARA MEMBEDAKAN JENIS KELAMINSecara fisik jenis kelamin padalovebird sangat sulit dibedakan. Jangantertipu oleh lovebird yang kawin, karenalovebird yang kawin belum tentu lovebirdtersebut jantan dan betina. Bisa jadi lovebirdtersebut jantan semua ataupun betina semua.Cirinya adalah jika kira-kira dua minggusetelah kawin lovebird tersebut tidak jugabertelur berarti lovebird tersebut jantansemua dan sebaliknya jika kira-kira 2minngu setelah kawin lovebird tersebutbertelur lebih dari 6 telur kemungkinan besarlovebird tersebut betina semua. Sedangkancara yang digunakan kebanyakan orang di Indonesia untuk membedakan jenis kelaminlovebird adalah dengan cara meraba tulang, dimana jika jarak antara kedua tulang supitrenggang dan terasa lentur maka lovebird tersebut biasanya berjenis kelamin betina. Dan jika jarak antara tulang supit sempit serta terasa keras biasanya lovebird tersebut berjenis kelamin jantan. Namun cara tersebut tidak 100% benar. Unutk cara yang paling akurat yang seringdilakukan oleh orang-orang barat yaitu dengan cara tes darah dengan jalan mencabut sehelaibulu lovebird dimana pada pangkal bulu lovebird tersebut terdapat sedikit darah yangmenempel selanjutnya di bawa ke laboratorium yang khusus untuk meneliti jenis kelaminlovebird. Cara inilah, cara yang sangat akurat untuk menentukan jenis kelamin lovebirdUSIA PRODUKSILovebird bisa bertelur pada usia 8 bulan. Namun usia tersebut kurang baik untuk produktifitas loveird. Pada usia 8 bulan lovebird belum benar-benar matang untuk berproduksi, sehingga sering terjadi kegagalan dalam penetasan. Kalaupun berhasilkemungkinannya sangat kecil dan kualitas lovebird yang dihasilkan biasanya kurang bagus.Untuk usia yang bagus yaitu usia 1 tahun, pada usia tersebut lovebird benar-benar sudah siapuntuk berproduksi.TEMPAT BERTELURDalam berkembang biak lovebird memerlukan tempat untuk meletakkan telurnya. Tempattersebut harus kita sediakan dengan baik sehingga lovebird bisa mengeram dengan tenangdan telur lovebird dapat menetas dengan baik.Tempat bertelur lovebird berbentuk kotak dengan ukuran bervariasi. Untuk kotak yang ideal berukuran 20cmx20cmx25cm. Penempatankotak tersebut harus terhindar dari terik matahari dan hujan. Selain kotak tempat bertelur jangan lupa disediakan pula bahan sarang, bisa berupa rumput kering, serutan kayu dll. Bahantersebut diletakkan di dasar kandang, jika sudah mendekati masa bertelur lovebird akanmembawa bahan sarang tersebut ke dalam kotak tempat bertelur untuk ditata sebagai dasaruntuk meletakkan telur dan berguna untuk menghangatkan telur.LAMA PENGERAMANPada masa pengeraman lovebird memerlukan kondisi lingkungan yang tenang bebas darigangguan apapun. Kondisi ini harus benar-benar di jaga agar mendapatkan hasil yang
 
maksimal. Beberapa orang beranggapan bahwa kalau lovebird sedang mengeram tidak bolehdilihat/dipegang telurnya. Hal tersebut sangat masuk akal untuk menjaga ktenngan lovebirdyang sedang mengeram. Namun kelemahannya bagimana kita bisa mengetahui apakah telurtersebut menetas atau tidak. Untuk mengatasi hal tersebut biasakan kita melihat isi kotak telursebelum lovebird tersebut bertelur. Sehingga dengan kebiasaan tersebut ketika lovebird sudahbertelur dan mengerami telurnya kalau kita lihat tidak merasa terganggu karenasudah terbiasa dilihat.Setelah pengeraman selama 25hari telur belum juga menetas besar kemungkinan telurtersebut tidak menetas dan bisa di ambil biar lovebird bertelur kembali. Telur yang kita ambiltersebut kita pecah untuk mngetahui kondisi telur tersebut. Apabila kondisi telur tersebutmasih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur terseut tidak dibuahi. Namunapabila tersebut busuk berarti gagal dalam pengeramannya.MAKANAN LOVEBIRDAgar lovebird yang kita pelihara dapat produksi secara maksimal, maka kita harusmemberikan makanan yang berkualitas dan berfariasi. Demikian juga kita, kita akan bosankalau tiap hari kita hanya makan nasi kucing. Makanan yang disukai lovebird diantaranya:milet, jewawut, kenari seed, biji sawi, jagung muda, kangkung, sawi, toge, dll. Untuk lovebird yang sedang menyuapi anaknya bisa ditambah dengan BR1 agar perkembangananaknya baik.CARA MEMBERI MAKAN ANAK LOVEBIRDUntuk meningkatkan produktifitas induk lovebird dapat dilakukan dengan cara mengambilanak lovebird pada usia sekitar 10
 – 
14 hari. Di samping itu anak lovebird akan menjadi lebih jinak sehingga juga dapat meningkatkan harga jual lovebird. Anak Lovebird di letakkan padasebuah kotak yang di beri alas kain handuk dan diberi lampu 5 watt untuk menjagakehangatan.Pakan untuk anak lovebird bisa menggunakan bubur bayi instant yang banyak dijual di tokosekitar anda. Bubur bayi dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas dan jangan dingin,( hangat-hangat kuku ).Pada awalnya campuran yang diberikan dalam bentuk yang tidak terlalu kental, semakintambah umur anak lovebird, tingkat kekentalan makanan semakin bertambah pula.Alat yang digunakan bisa memakai jarum suntik.Pemberian pakan dilakukan minimal tiap 4jam sekali, secara teratur. Anda dapatmenggunakan jadwal anda sendiri, sebagai contoh jadwal pemberian makan: 06:00, 10:00,14:00, 18:00, 23:00.Setelah anak lovebird sekitar usia empat minggu, Anda bisa memberi mereka makanan ditempat makan untuk melatih makan pada anak lovebird. Makanan yang diberikan dapatberupa potongan-potongan kecil buah-buahan atau sayuran, telur rebus, pelet yang dicampurair hangat.Pada usia sekitar 6 minggu, anak lovebird akan lebih tertarik terbang daripada makan apayang Anda tawarkan. Mereka akan makan dan minum sendiri lebih banyak. Pada usia ituanak lovebird siap untuk di sapih.
 
Banyak cara untuk membedakanLove Bird Jantan dan Betina, Selain itumembedakan jenis kelamin lovebirdtermasuk pekerjaan gampang-gampangsusah. Gampang untuk jenis-jenis tertentutetapi susah untuk jenis lainnya, apalagikalau masih anakan. Untukmembedakan jenis kelamin lovebird bisadigunakan cara sederhana sampai yangilmiah. Bahkan penangkar kawakan punsering salah memasangkan lovebird.Adalah Bapak Putus, penangkar lovebird lutino yang sudah lama beternak, mengakuihal itu. Sebab, betina-betina atau jantan-jantan bisa saja kawin. Untuk referensimasalah ini, silakan Anda meluncur ke halaman khusus tentang Lovebird.
A. Berdasarkan penampilan luar.Menurut Siti Nuramaliati, berdasar tingkat kesulitan untuk membedakan jenis kelamin lovebird (dan burung secara umum) maka dapat dibedakan 3kelompok lovebird. Ketiga kelompok tersebut adalah kelompok dimorfik (jenis kelaminnyasangat jelas dapar dibedakan), kelompok intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dibedakandari penampilan burung), dan kelompok lovebird kacamata (perbedaan jenis kelaminnyatidak konsisten). Namun secara umum pada banyak jenis lovebird relatif mudah dibedakan jenis kelaminnya dengan melihat pada penampilan luarnya.a. Kelompok lovebird dimorfik Beberapa jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok dimorfik di antaranya lovebirdabisinia, lovebird madagaskar dan lovebird muka merah.1. Lovebird abisinia (Agapornis taranta)
 – 
Lovebird jantan berat badan 65 gram, dahiberwarna merah.
 – 
Lovebird betina berat badan 55 gram, dahi berwarna hijau.2. Lovebird madagaskar (Agapornis cana)
 – 
Tidak ada perbedaan berat badan antara lovebird jantan dan lovebird betina.
 – 
Lovebird jantan kepala dan leher berwarna abu-abu
 – 
Lovebirdbetina bulu tubuh keseluruhannya berwarna hijau3. Lovebird muka merah (Agapornis pullaria)
 – 
Lovebird jantan: dahi dan muka berwarnamerah-oranye, tunggir (bulu di atas pantat, di bawah ujung lipatan sayap) berwarna birumuda, bulu terbang dan bagian bawah bulu sayap berwarna hitam.
 – 
Lovebird betina dahi danmuka lebih didominasi warna oranye dibandingkan warna merah, bagian bulu penutup sayapberwarna hijau dan di tepi sayap berwarna kekuningan.b. Kelompok intermediate Dua jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok intermediateadalah lovebird black collared dan lovebird muka salem.1. Lovebird black collared (Agapornis swinderniana) Lovebird jantan dan betina sangat sulitdibedakan dan tampak serupa dalam penampilan luarnya. 2. Lovebird jantan dan betinaserupa dalam penampilannya, meskipun pada umumnya lovebird betina mempunyai bulu dibagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->