Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Studi Kasus

Studi Kasus

Ratings: (0)|Views: 15 |Likes:
Published by Anjar Luxio Uranus
bab 2
bab 2

More info:

Categories:Types, Reviews
Published by: Anjar Luxio Uranus on Jan 30, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/08/2013

pdf

text

original

 
5
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA. Konsep Dasar1. Skizofrenia
a. Pengertian
 
Skizofrenia adalah suatu diskripsi sindrom dengan variasi penyebab(banyak belum diketahui) dan perjalanan penyakit (tak selalu bersifatkronis atau deteriorating) yang luas, serta sejumlah akibat yangtergantung pada pertimbangan pengaruh genetik, fisik dan sosialbudaya (Rusdi Maslim, 1997; 46).
 
b. Penyebaba.
 
KeturunanTelah dibuktikan dengan penelitian bahwa angka kesakitan bagisaudara tiri 0,9-1,8 %, bagi saudara kandung 7-15 %, bagi anak dengan salah satu orang tua yang menderita Skizofrenia 40-68 %,kembar 2 telur 2-15 % dan kembar satu telur 61-86 % (Maramis,1998; 215 ).b.
 
EndokrinTeori ini dikemukakan berhubung dengan sering timbulnyaSkizofrenia pada waktu pubertas, waktu kehamilan atau puerperiumdan waktu klimakterium., tetapi teori ini tidak dapat dibuktikan.
 
6
c.
 
MetabolismeTeori ini didasarkan karena penderita Skizofrenia tampak pucat,tidak sehat, ujung extremitas agak sianosis, nafsu makan berkurangdan berat badan menurun serta pada penderita dengan stuporkatatonik konsumsi zat asam menurun. Hipotesa ini masih dalampembuktian dengan pemberian obat halusinogenik d.
 
Susunan saraf pusatPenyebab Skizofrenia diarahkan pada kelainan SSP yaitu padadiensefalon atau kortek otak, tetapi kelainan patologis yangditemukan mungkin disebabkan oleh perubahan postmortem ataumerupakan artefakt pada waktu membuat sediaan.e.
 
Teori Adolf Meyer :Skizofrenia tidak disebabkan oleh penyakit badaniah sebab hinggasekarang tidak dapat ditemukan kelainan patologis anatomis ataufisiologis yang khas pada SSP tetapi Meyer mengakui bahwa suatusuatu konstitusi yang inferior atau penyakit badaniah dapatmempengaruhi timbulnya Skizofrenia. Menurut Meyer Skizofreniamerupakan suatu reaksi yang salah,suatu maladaptasi, sehinggatimbul disorganisasi kepribadian dan lama kelamaan orang tersebutmenjauhkan diri dari kenyataan (otisme).f.
 
Teori Sigmund FreudSkizofrenia terdapat (1) kelemahan ego, yang dapat timbul karenapenyebab psikogenik ataupun somatik (2) superego dikesampingkansehingga tidak bertenaga lagi dan Id yamg berkuasa serta terjadisuatu regresi ke fase narsisisme dan (3) kehilangaan kapasitas untuk pemindahan (transference).
 
7
g.
 
Eugen BleulerPenggunaan istilah Skizofrenia menonjolkan gejala utama penyakitini yaitu jiwa yang terpecah belah, adanya keretakan atau disharmoniantara proses berfikir, perasaan dan perbuatan. Bleuler membagigejala Skizofrenia menjadi 2 kelompok yaitu gejala primer(gaangguan proses pikiran, gangguan emosi, gangguan kemauan danotisme) gejala sekunder (waham, halusinasi dan gejala katatonik ataugangguan psikomotorik yang lain).h.
 
Teori lainSkizofrenia sebagai suatu sindroma yang dapat disebabkan olehbermacam-macaam sebab antara lain keturunan, pendidikan yangsalah, maladaptasi, tekanan jiwa, penyakit badaniah seperti lues otak,arterosklerosis otak dan penyakit lain yang belum diketahui.i.
 
RingkasanSampai sekarang belum diketahui dasar penyebab Skizofrenia. Dapatdikatakan bahwa faktor keturunan mempunyai pengaruh. Faktoryang mempercepat, yang menjadikan manifest atau faktor pencetus(presipitating factors) seperti penyakit badaniah atau stresspsikologis, biasanya tidak menyebabkan Skizofrenia, walaupunpengaruhnyaa terhadap suatu penyakit Skizofrenia yang sudah adatidak dapat disangkal.( Maramis, 1998;218 ).c. Pembagian SkizofreniaKraepelin membagi Skizofrenia dalam beberapa jenis berdasarkangejala utama antara lain :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->