Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Deptan

Sejarah Deptan

Ratings: (0)|Views: 41 |Likes:
Published by zuhaena16320

More info:

Published by: zuhaena16320 on Jan 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/02/2013

pdf

text

original

 
SEJARAHDEPARTEMEN PERTANIANBAG. II
1
 
BAB I.KEMENTERIAN KEMAKMURAN
Sebelum proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia urusanpertanian dalam arti luas pada zaman penjajahan Belanda dilakukan olehsebuah departemen, yaitu Departemen van landbouw (1905), DepartementVan Landbouw, Nijverheid en Handel (1911), dan Departemen VanEkonomische Zaken (1934) yang mencangkup bidang kegitan pertanian,perdagangan, dan perindustrian. Departemen ini pada masa pendudukanJepang di Indonesia dinamakan Gunseikanbu Sangyobu. Setelah proklamasikemerdekaan Republik Indonesia, pada tanggal 2 September 1945dibentuk Kabinet Presidentil, adapun urusan pertanian dalam arti luasdilakukan oleh Kementerian Kemakmuran.Dalam melaksanakan tugas pekerjaan tekmo, Menteri Kemakmurandibantu tiga koordinator, yaitu : Koordinator Perdagangan, KoordinatorPertanian, dan Koordinator Perindustrian.1.Koordinator Perdagangan, Ir. Teko Sumodiwirjo diserahi urusanPerdagangan, Koperasi, dan urusan Pengumpulan, Penyimpanan, danPembagian (P.P.P.)2.Koordinator Pertanian, Ir. Kaslan A. Tohir diserahi urusan PertanianRakyat dan Pendidikan, Perikanan, Kehewanan, Perkebunan,Kehutanan, dan Penyelidikan Pertanian.3.Koordinator Perindustrian, Ir. Amondo diserahi urusanPerindustrian dan Kerajinan, Tambang dan Giologi, serta Tera.Sementara itu Sekretaris Jenderal Kementerian Kemakmuran diserahitugas melaksanakan pengawasan pada Badan-Bandan di Lembaga-lembagaseperti :Bank Rakyat Indonesia (B.R.I), Badan Tekstil Negara (BTN), PerusahaanPerkebunan Negara (PPN), Badan Pengawas Perusahaan Gula Negara (BP-PGN), Badan Industri Negara (B.I.N), dan Badan Exploitasi TambangNegara (B.E.T.N). dalam Struktur organisasi Kementerian Kemakmuran,pimpinan politik dipegang oleh Menteri Kemakmuran, adapun administrasipolitik Kementerian berada pada Sekretaris Jenderal, Direktur Jenderaldan para koordinator. Sementara itu pada tingkat jawatan, Bank, danBadan Hukum lainnya merupakan satuan organisasi pelaksanaberkedudukan sebagai administrasi pelaksana.
2
 
Selagi bangsa dan Pemerintah Republik Indonesia sedang berbenahmenyelenggarakan pemerintahan dan mengurus tawanan Jepang, padatanggal 16 September 1945 tentara sekutu dibawah pimpinan Inggristelah mendarat dipulau Jawa. Pada tanggal 7 Oktober 1945, menyusulkemudian pendaratan tentara NICA (Netherlands Indies CivilAdministration), yaitu tentara Belanda yang ingin menguasai dan menjajahkembali Indonesia setelah Perang Dunia-II selesai. Pada saat itu, baiktentara sekutu maupun NICA menghadapi kenyataan bahwa bangsaIndonesia telah merdeka semenjak Proklamasi 17 Agustus 1945. Dilainpihak, berdasarkan persetujuan Postdam pada bulan juli 1945 setelah jerman menyatakan, menyerah kalah kepada tentara sekutu, pemerintahKerajaan Belanda menganggap masih berdaulat dan mempunyai kewenanganatas wilayah jajahannya di Indonesia.Tentara Belanda (NICA) dan dibantu satuan Gurkha dari tentarasekutu dibawah pimpinan Inggris menyerbu Indonesia. Pertempuran hebatterjadi didaerah-daerah, atara lain Jakarta (Serptember-Desember1945), Surabaya (Oktober-Nopember 1945), Semarangt (Oktober 1945),dan bulan Oktober 1945 di Bandung. Pada tanggal 4 Januari 1946,Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia hidjrah ke Yogyakartakarena daerah Jakarta dan sekitarnya sudah tidak aman, maka ataskebijakan dan keputusan para pemimpin kemakmuran, kantor besarKementerian Kemakmuran dipindahkan ke magelang-Jawa Tengah. Sejakawal Januari 1946, di Magelang dibentuk Cabang Kantor BesarKementerian Kemakmuran dibawah pimpinan Ir. Iso Reksohadiprodjo.Sampai dengan akhir tahun 1946, organisasi Kementeria Kemakmuran adadi beberapa lokasi, yaitu :1.Kementerian Kemakmuran dengan Bagian Tata Usaha berkedudukandi Jakarta.2.Para koordinator dengan Sub-Bagian Tata Usaha merupakan CabangKantor Pusat Kementerian Kemakmuran berkeddudukan di Magelang.3.Adapun sebagian bsar Jawatan dan badan Penyelenggra lainnyatersebar di Magelang, Solo, dan Yogyakarta.Mulai awal Januari 1947, secara bertahap semua urusan dari Kantor BesarKementerian Kemakmuran di Jakarta dipindahkan ke Kantor Cabang diMagelang. Pada akhirnya, kantor cabang di Magelang merupakan KantorPusat Kementerian Kemakmuran. Karena keadaan di Jakarta masih belumaman, maka tugas Kantor Pusat Kementerian Kemakmuran di Magelangdipimpin oleh para Koordinator yang diketuai oleh Ir. Gunung Iskandar.
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->