Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SURYA HARAPAN CANDI SIDOARJO

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI GAMBAR SERI PADA ANAK KELOMPOK A DI TK SURYA HARAPAN CANDI SIDOARJO

Ratings: (0)|Views: 1,134 |Likes:
Published by Alim Sumarno
Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, author : KHUSNIAH,
http://ejournal.unesa.ac.id
Jurnal Online Universitas Negeri Surabaya, author : KHUSNIAH,
http://ejournal.unesa.ac.id

More info:

Published by: Alim Sumarno on Jan 31, 2013
Copyright:Public Domain

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/12/2014

pdf

text

original

 
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERCERITA MELALUI GAMBAR SERIPADA ANAK KELOMPOK A DI TK SURYA HARAPAN CANDI SIDOARJOKhusniahPRODI S1 PG PAUD FIP UNESAAbstrak
Karakteristik ketrampilan berbahasa anak usia 4-6 tahun menguasai ketrampilanmendengan dan menceritakan kembali cerita sederhana yang mudah dipahami dengan urut. Tetapikenyataan di lapangan menunjukkan masih rendahnya kemampuan anak dalam hal mendengar danmenceritakan kembali cerita sederhana yang mudah dipahami dengan urut. Berdasarkan uraiandiatas maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuanbercerita melalui gambar seri pada anak kelompok A TK Surya Harapan candi Sidoarjo.Penelitianini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Dimana setiapsiklus dilaksanakan dua kali pertemuan dan setiap pertemuan selama 30 menit. Metodepengumpulan data ini menggunakan observasi untuk mengetahui peningkatan hasilbelajar.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis refleksi berdasarkansiklus-siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pada siklus I pertemuan I mencapairata-rata 59% meningkat menjadi 69% pada pertemuan II. Sedangkan data hasil pada siklus IIpertemuan I mencapai 73% meningkat menjadi 86% pada pertemuan II. Kesimpulan hasilpenelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar seri dapat meningkatkan kemampuanbercerita mencapai rata-rata 86% pada siklus II pertemuan II pada anak kelompok A TK SuryaHarapan candi SidoarjoKata Kunci : gambar seri, bercerita, kelompok AAbstractThe language skill characteristic of children in 4-6 years old is to master a listening skilland retelling a simple story which is easy to understand in series. But the fact shows that there isstill a low capability of children in listening and retelling a simple story that is easy to understandin series. Based on the analysis above, the research is done to know the improving of telling abilitythrough series picture for group A TK Surya Harapan Candi Sidoarjo. This classroom actionresearch uses a kind of class action that is performed in two cycle which every cycle is performedin two meeting and every meeting is in 30 minutes length. This collection data method uses anobservation to know the improvement of study result. The data analysis which is used in thisresearch is reflection analysis based on cycles. This analysis result shows the improvement in thefirst cycle of the first meeting which reaches 59% on the average rises to 69% on the secondmeeting. While the data result on the second cycle of the first meeting which reaches 73% rises to86% on the second meeting. The conclusion of the result of the research shows that a user of seriespisture is able to increase the telling story ability to 86% in average on the second cycle of thesecond meeting for children of group A TK Surya Harapan Candi Sidoarjo.Key words : series picture, telling, group A
 
PENDAHULUANLatar Belakang
Secara alamiah perkembangan otak anak berbeda-beda, baik intelegensi, bakat,minat, kreativitas, emosi, jasmani, dansosialnya. Namun sebuah penelitian tentangotak menunjukkan bahwa jika anak dirangsang sejak dini, akan ditemukanpotensi yang unggul dalam dirinya.Pada anak usia TK (4-6 tahun),kemampuan berbahasa yang paling umumdan efektif dilakukan adalah kemampuanbercerita. Hal ini selaras dengankarakteristik umum kemampuan berbahasaanak pada usia tersebut. Karakteristik inimeliputi kemampuan anak untuk berbicaradengan baik, melaksanakan tiga perintahlisan secara berurutan dengan benar,mendengar dan menceritakan kembali ceritasederhana dengan urutan yang mudahdipahami.Rendahnya tingkat capaianperkembangan kemampuan berbahasa,khususnya pada bidang pengembangankemampuan bercerita pada anak usia awaldi TK di sebabkan oleh beberapa faktor,salah satunya adalah kurangnya wawasanguru dalam memilih dan penggunaan mediayang tepat untuk digunakan dalammengembangkan kemampuan berceritasiswa. Proses kegiatan pembelajaran yangdilaksanakan guru di kelas cenderungmenggunakan metode pemberian tugas danceramah dan tidak menggunakan suatumedia, dampak negatif penerapan situasipembelajaran semacam ini. Yaitu kurangmemberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya, berpendapat ataupun menyatakanalasan. Kondisi pembelajaran seperti ini,aktivitas siswa di kelas hanyamenyelesaikan tugas-tugas dari guru yangbersifat teoritis, sehingga membuat siswasering merasa bosan dan motivasi belajarnya juga menurun.Program pembelajaran di TKdiarahkan pada pencapaian perkembangananak sesuai dengan pertumbuhan danperkembangan anak berdasarkan tingkatpencapaian perkembangan anak yangdikategorikan dalam kelompok usia 4
 – 
6tahun. Sebagai acuan dan dikembangkanuntuk mempersiapkan peserta didik agarsiap mengikuti pendidikan pada jenjangsekolah dasar.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di ataspermasalahan yang dapat dirumuskan:Apakah kemampuan berceritamelalui gambar seri dapat ditingkatkan padaanak kelompok A TK Surya Harapan CandiSidoarjo ?
Alternatif Pemecahan Masalah
Untuk meningkatkan kemampuanbercerita pada anak kelompok A TK SuryaHarapan Candi Sidoarjo, Maka penelitian inimenerapkan metode bercerita sebagaimetode pembelajaran. Dengan langkah
 – 
 langkah pembelajaran sebagai berikut :1.
 
Kegiatan penyiapan anak dalammelaksanakan kegiatan bercerita.-
 
Guru melakukan apersepsi,mengkomunikasikan tujuan dantema dalam kegiatan berceritakepada anak.-
 
Dengan bimbingan guru, anak mengatur posisi tempat duduknya.2.
 
Kegiatan penyiapan bahan dan peralatanyang akan digunakan.-
 
Guru menyiapkan alat peragagambar seri.3.
 
Kegiatan bercerita.-
 
Anak termotivasi untuk mendengarkan cerita guru.-
 
Anak diberi kesempatan untuk member judul cerita.-
 
Anak mendengarkan judul ceritayang sebenarnya dari guru.-
 
Guru bercerita dan anak mendengarkan dan memperhatikangambar yang diperlihatkan.-
 
Anak mendengarkan anda berceritaberurutan sesuai gambar yangdipegang ke-1, ke-2, ke-3, dan ke-4. Pada saat cerita gambar ke-1gambar ke-2 tidak diperlihatkan,begitu juga ketika bercerita gambarke-2 gambar ke-1 tidak diperlihatkan.-
 
Setelah selesai bercerita seluruhgambar dari ke-1 sampai ke-4diperlihatkan kepada anak.-
 
Anak diberi kesempatan untuk member kesimpulan isi cerita.-
 
Guru melengkapi kesimpulan isicerita.-
 
Guru bertanya tentang isi cerita,tokoh dalam cerita, isi gambar danmemberi kesempatan satu atau dua
 
 
anak untuk menceritakan kembaliisi cerita.4.
 
Kegiatan penutup.-
 
Guru bersama berdiskusi tentangkegiatan bercerita yang telahdilaksanakan
Kriteria Keberhasilan
Indikator keberhasilan kualitaspembelajaran melalui penggunaan mediagambar seri terhadap tingkat capaianperkembangan kemampuan bercerita anak kelompok A TK Surya Harapan dapat dilihatdengan kriteria yang telah ditentukan olehpeneliti, dengan kriteria apabila anak kelompok A TK Surya Harapanmenunjukkan hal-hal, sebagai berikut :1.
 
Seorang anak dikatakan sudah mampudalam kegiatan pembelajaran bercerita,apabila telah memiliki daya pikir ataupemahaman mengenai isi cerita yangada pada gambar seri skor 3 (bintang 3)dengan kategori baik.2.
 
Kualitas pembelajaran dikatakanberhasil, apabila telah mencapai standarprosentase > 75% dari 15 jumlah anak yang hadir atau sekitar 13 mampumenguasai kemampuan bercerita,melalui aktivitas bercerita denganmemanfaatkan media yang berupagambar seri.
Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuanbercerita melalui gambar seri pada anak TKkelompok A di TK "Surya Harapan" kec.Candi kab. Sidoarjo.
Batasan Masalah
Agar penelitian terarah dan dapatdilakukan dengan intensif, maka perluadanya pembatasan-pembatasan terhadapmasalah-masalah yang akan dibahas.Keterbatasan dalam penelitian ini adalahsebagai berikut :1.
 
Subyek Penelitian.Anak kelompok A yang akan menjadisubjek dalam penelitian ini memilikicriteria sebagai berikut :2.
 
Materi.Materi dalam penelitian ini terbataspada pengembangan kemampuanbercerita3.
 
Jenis Media.Jenis media yang digunakan dalampenelitian ini adalah gambar seri.4.
 
Metode PembelajaranMetode yang digunakan dalam kegiatanbelajar mengajar adalah metodebercerita.5.
 
Waktu.Waktu penelitian direncanakan akandilaksanakan dalam bentuk siklus,dengan perincian setiap siklus dilakukandalam 2 (dua) kali pertemuan, denganwaktu selama 60 menit.6.
 
Hasil.Generalisasi hasil dari penelitian ini,tidak dapat digeneralisasikan, penelitianini hanya terbatas bagi anak usia dinikelompok A TK Surya Harapan CandiSidoarjo.
METODE PENELITIANRancangan Penelitian
1.
 
Jenis PenelitianPenelitian ini menggunakan penelitiantindakan kelas selanjutnya disingkatPTK.2.
 
Tempat PenelitianTempat penelitian dilaksanakan di kelasA TK Surya Harapan Sidoarjo yangterletak di Perum Bumi Cabean AsriK3-2A.3.
 
Waktu PenelitianPenelitian tindakan kelas dilakukanpada semester ganjil pada bulanSeptember-Oktober 2012.4.
 
Rancangan Penelitian/Siklus PTKIstilah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) merupakan terjemahan dari
Classroom Action Research
(CAR).Penelitian tindakan kelas (PTK) adalahsuatu bentuk penelitian yangdilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah kelas yangdihadapi dalam melaksanakan tugaspokoknya, yaitu mengelolah pelaksanaankegiatan belajar mengajar ( KBM )dalam arti luas.Tujuan PTK secaraumum adalah untuk memperbaikipelaksanaan KBM. (Purwadi, 1999)dalam Sunarto 2010: 6.Dan penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas denganrancangan sebagai berikut :

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->