Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
surat keterangan kematian

surat keterangan kematian

Ratings: (0)|Views: 256 |Likes:
Published by Nastasya Febriyani
berhubungan dengan surat keterangan kematian
berhubungan dengan surat keterangan kematian

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: Nastasya Febriyani on Jan 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/31/2013

pdf

text

original

 
Surat kematian ialah surat yang berisi pernyataan bahwa seseorang telah dinyatakanmeninggal dunia menurut pemeriksaan medis. Tidak kalah pentingnya dengan suratatau akte kelahiran, surat keterangan kematian juga memiliki banyak kegunaan.
 
Kegunaan surat keterangan kematian :
 
-Pemakaman
 
-Pensiun
 
-Asuransi
 
-Warisan
 
-Hutang piutang
 
-Hukum
 
-Statistik 
Manfaat statistik penyebab kematian :
 
-Tren dan diferensial penyakit
 
-Perencanaan program intervensi
 
-Monitoring
 
-Evaluasi program
 
-Penelitian epidemiologi
 
-Penelitian biomedis dan sosiomedis
 
Surat Keterangan Kematian memuat :
identitas, saat kematian, dan sebabkematian.
 
Surat keterangan kematian => pelaporan dan pencatatan => statistik => perencanaan.
 
Peran dokter dalam hal ini ialah :
 
-Menentukan seseorang telah meninggal dunia (berhenti secara permanen: sirkulasi,respirasi dan neurologi)
 
-Menuliskan sebab kematian, jika diperlukan => otopsi-Jika jenazah tidak dikenal => membantu identifikasiPerkembangan Statistik Kematian di Indonesia sendiri masih memprihatinkan,dikarenakan :
 
Sebagian besar kejadian kematian di rumah (>60%)Tidak ada catatan medis/tidak memadaiTidak ada laporan ke dinkes kabupaten, ke propinsi, dan ke pusatLaporan tidak terstandardisasi dengan baik (ICD 10)
 
Laporan tidak memadai untuk tingkat nasionalAntisipasi DepKes untuk hal tersebut:
 
-Survei mortalitas-AV secara berkala: 1981-2007
Referensi :
 
Materi kuliah mengenai “Surat Keterangan Kematian” yang disampaikan oleh dr.
Yudha Nurhantari
 
 
Drowning
anton, olin, ida, rahma indria, ria
 
 
 
 
 
 
KEMATIAN KARENA TENGGELAM
Selama 5 dekade terakhir, gambaran mekanisme tenggelam telah mengalami perubahanbesar. Hingga perang dunia ke II, gambaran klasik tenggelam adalah karena kekurangan O2. Melaluipenelitian yang dilakukan Swann dan lainnya, dapat disimpulkan bahwa dalam tubuh binatang,ketidakseimbangan antara cairan dan elektrolit memegang peranan besar dalam menyebabkanterjadinya kegagalan miokard akut. Antara manusia dan binatang juga ditemukan perbedaanmekanisme.
 
TENGGELAM DALAM AIR TAWAR
 Pada keadaan ini terjadi absorbsi cairan masif ke dalam membran alveolus, dimana dalamwaktu 3 menit dapat mencapai 70 % dari vol darah sebenarnya. Karena konsentrasi elektrolit dalamair tawar lebih rendah daripada konsentrasi dalam darah, maka akan terjadi hemodilusi darah, airmasuk ke dalam aliran darah sekitar alveoli dan mengakibatkan pecahnya sel darah merah(hemolisis).Akibat pengenceran darah yang terjadi, tubuh berusaha mengkompensasinya denganmelepaskan ion Kalium dari serabut otot jantung sehingga kadar ion dalam plasma meningkat,akibatnya terjadi perubahan keseimbangan ion K
dan Ca
⁺⁺
dalam serabut otot jantung danmendorong terjadinya fibrilasi ventrikel an penurunan tekanan darah, yang kemudian menimbulkankematian akibat anoksia otak. Kematian dapat terjadi dalam waktu 4-5 menit.
 
TENGGELAM DALAM AIR ASIN
 Konsentrasi elektrolit dalam air asin lebih tinggi dibandingkan dalam darah, sehingga airakan ditarik dari sirkulasi pulmonal ke dalam jaringan interstitial paru, hal ini dapat mengakibatkan
 
terjadinya odem pulmonal, hemokonsentrasi, hipovolemi, dan kenaikan kadar magnesium dalamdarah. Hemokonsentrasi akan mengakibatkan sirkulasi menjadi lambat dan menyebabkan terjadinyapayah jantung. Kematian dapat terjadi dalam waktu 8-12 menit setelah tenggelam.
TANDA
 –
TANDA YANG DITEMUKAN PADA OTOPSI
 Saat otopsi banyak keterlambatan, baik saat diangkatnya tubuh dari air dan dimulainyapemeriksaan pasca mati.
 
BUIH/ BUSA PADA SALURAN PERNAFASAN
 Tanda-tanda positif dari tenggelam, berbeda dengan pembenaman, yang sangat sedikit dantidak spesifik pastinya. Yang paling bermanfaat adalah dengan ditemukannya cairan busa padasaluran pernafasan, dimana pada tubuh yang masih segar, akan terlihat menetes pada mulut danlubang hidung. Busa tersebut merupakan cairan edema dari paru-paru, yang mengandung campuraneksudat protein dan surfaktan dengan air yang masuk. Biasanya busa berwarna putih, tetapi dapat juga berwarna merah muda atau merah, karena adanya sedikit campuran darah akibat perdarahanintra pulmonal. Gambaran ini hampir mirip dengan edem akibat gagal jantung kiri yang seringterlihat pada kematian akibat penyakit jantung, seperti hipertensi.Buih dapat meluas sampai trakea, bronkus utama dan alveoli. Paru-paru sendiri pastinyaakan terisi air dan cairan busa akan menetes dari bronkus ketika paru-paru di tekan dan daripotongan permukaan paru ketika dipotong dengan pisau.Copeland (1985) mengemukakan bahwa berat paru-paru orang mati bukan tenggelamdengan mati tenggelam dalam air asin atau air tawar adalah tidak ada perbedaan yang signifikan.Sekitar 10-20% tidak diragukan mati tenggelam pada kasus dengan paru-paru yang kering dengantidak ada pertambahan berat. Pada umumnya berat paru-paru yang tenggelam adalah sekitar 600-700 gram, paru-paru tidak tenggelam adalah 370-540 gram.Kingsholm menemukan bahwa 7% dari kasus tenggelam dengan paru-paru yang keringdengan kombinasi berat paru-paru kurang dari berat diatas dalam kilogram. Untuk diingat rata-rataberat paru keduanya 1411 gram bandingkan dengan 994 sebagai control.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->