Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
2Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kunci dikotomi vertebrata

Kunci dikotomi vertebrata

Ratings: (0)|Views: 1,509|Likes:
Published by Bunga Naria
semoga bermanfaat
semoga bermanfaat

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Bunga Naria on Jan 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/27/2013

pdf

text

original

 
Tugas kelompok 1
KUNCI DETERMINASI VERTEBRATA
 (Praktikum Hayati Zoologi Vertebrata)
DISUSUN OLEH :Adi Kurniawan (1011060158)Bunga Naria (1011060076)Mia Daniati (1011060194)Natalia Haryanti (1011060042)Nia Wijayanti (1011060174)Rendi Mardiansyah (1011060030)Riski Putri Fersi B (1111060200)Sang Putra (1011060046)
Jur/kelas/Smt
: T.Biologi/ C/ V(Lima)
Dosen
: Andri Jaya Kesuma, S.Si
TADRIS BIOLOGIFAKULTAS TARBIYAHIAIN RADEN INTAN LAMPUNG2013
 
BAB 1PENDAHULUAN
 
1.1 Latar Belakang
Kunci determinasi adalah suatu kunci yang digunakan untuk identifikasimakhluk hidup berupa keterangan tentang ciri-ciri makhluk hidup. Identifikasimerupakan kegiatan dasar dalam taksonomi. Identifikasi mencakup dua kegiatan,yaitu klasifikasi dan tata nama. Salah satu kunci identifikasi ada yang disusundengan menggunakan ciri-ciri taksonomi yang saling berlawanan. Tiap langkahdalam kunci tersebut terdiri atas dua alternatif (dua ciri yang saling berlawanan)sehingga disebut kunci dikotomis.Untuk memudahkan menelusuri tahapan klasifikasi suatu organisme dapatdigunakan kunci determinasi. Kunci determinasi adalah uraian keterangan tentangciri-ciri makhluk hidup yang disusun berurut mulai dari ciri umum hingga ke cirikhusus untuk menemukan kelompok/spesies makhluk hidup. Urutan daftar ciri-ciri itu disusun berupa nomor-nomor, biasanya bersifat dikotom. Lalu, bagaimanacara menggunakannya ? Untuk menggunakan kunci determinasi, mula-mula kamuharus mengetahui nama bagian yang diamati. Kemudian cocokkan dengan ciri-ciriyang ada pada kunci determinasi. Kunci determinasi merupakan suatu alat yangdiciptakan khusus untuk memperlancar pelaksanaan pendeterminasian tumbuh-tumbuhan. Kunci determinasi dibuat secara bertahap, sampai bangsa saja, suku,marga atau jenis dan seterusnya. Ciri-ciri hewan disusun sedemikian rupasehingga selangkah demi selangkah si pemakai kunci dipaksa memilih satu diantara dua atau beberapa sifat yang bertentangan,begitu seterusnya hinggaakhirnya diperoleh suatu jawaban berupa identitas hewan yang diinginkan.
1.2 Tujuan
Untuk mengetahui cara membuat kunci determinasi hewan dari ciri umumsamapi khusus.
 
BAB II
 
TINJAUAN PUSTAKAA.
 
Pengertian Determinasi
Determinasi yaitu membandingkan suatu tumbuhan dengan satu tumbuhanlain yang sudah dikenal sebelumnya (dicocokkan atau dipersamakan). Karena didunia ini tidak ada dua benda yang identik atau persis sama, maka istilahdeterminasi (Inggris to determine = menentukan, memastikan) dianggap lebihtepat daripada istilah identifikasi (Inggeris to identify = mempersamakan).
B.
 
Cara Mendeterminasi Tumbuhan
Untuk mendeterminasi tumbuhan pertama sekali adalah mempelajari sifatmorfologi tumbuhan tersebut (seperti posisi, bentuk, ukuran dan jumlah bagian-bagian daun, bunga, buah dan lainlainnya). Langkah berikut adalahmembandingkan atau mempersamakan ciri-ciri tumbuhan tadi dengan tumbuhanlainnya yang sudah dikenal identitasnya, dengan menggunakan salah satu cara dibawah ini:1.
 
IngatanPendeterminasian ini dilakukan berdasarkan pengalaman atau ingatan kita.Kita mengenal suatu tumbuhan secara langsung karena identitas jenis tumbuhanyang sama sudah kita ketahui sebelumnya, misalnya didapatkan di kelas, ataupernah mempelajarinya, pernah diberitahukan orang lain dan lain-lain.2.
 
Bantuan orangPendeterminasian dilakukan dengan meminta bantuan ahli-ahli botanisistematika yang bekerja di pusat-pusat penelitian botani sistematika, atau siapasaja yang bisa memberikan pertolongan. Seorang ahli umumnya dapat cepatmelakukan pendeterminasian karena pengalamannya, dan kalau menemuikesulitan maka dia akan menggunakan kedua cara berikutnya.3.
 
Spesimen acuan

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->