Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Nutrisi Untuk Lansia (2)

Makalah Nutrisi Untuk Lansia (2)

Ratings: (0)|Views: 1,435|Likes:

More info:

Published by: Kokorostu Mastemamma on Jan 31, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2014

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang.Menua merupakan masa perubahan yang dialami individu baik fisik maupunpsikologi akibat penurunan fungsi tubuh sehingga memerlukan pemeliharaan yangberbeda dengan usia anak-anak, remaja, maupun dewasa yang membutuhkandukungan dari orang di sekitarnya.Lansia mengalami penurunan fungsi tubuh akibat proses degenerasi, olehkarena itu diperlukan usaha untuk mempertahankan derajat kesehatan para lansia padataraf setinggi-tingginya agar terhindar dari penyakit atau gangguan. Untuk mencapaihal tersebut diperlukan wadah yang dapat memberikan sarana bagi lansia yang dapatmemelihara kesehatannya yaitu posyandu lansia. Pada tempat tersebut dapat diperolehmanfaat antara lain, lansia dapat mengetahui status kesehatannya juga kegiatan lainyang bermanfaat untuk mengisi kegiatan para lansia. Dalam posyandu lansia, terdapatsuatu kepedulian dan perhatian yang didapat dari kontak sosial sehingga memberiharapan dan semangat para lansia untuk terus dapat hidup mandiri dan menyadaribahwa di usia senja mereka tetap prima.Tingkat usia yaitu midle age(45-59 tahun), elderly age(60-70 tahun), oldage(70-90 tahun), dan very old age(> 90 tahun). Lansia yang beresiko tinggi adalahlansia yang berusia di atas 60 tahun. Pada sebagian besar lansia banyak yangmengalami perubahan berbagai fungsi tubuh baik secara fisiologis, psikologis danperubahan psikososial. Dari perubahan-perubahan tersebut sehingga timbulah suatukeluhan-keluhan pada tubuhnya tetapi belum mengetahui penyakitnya secara pasti.Dengan ditunjang oleh pola perilaku yang kurang tepat, seperti makan-makanan yangtinggi garam, tinggi lemak, merokok, minum kopi, dan lain-lain semakin menambahkompleksitas masalah lansia.Menurut UU No. 13 Tahun 1998 tentang kesejahteraan usia pada Bab Pasal 1
Ayat 2 yang berbunyi “lanjut usia adalah seorang yang mencakup usia 60 tahunkeatas”. Semua o
rang akan mengalami proses menjadi tua dan masa tua merupakanmasa hidup manusia yang terakhir, yang pada masa ini seseorang mengalamikemunduran fisik, mental dan sosial sedikit sampai tidak melakukan tugasnya sehari-
 
2
hari lagi hingga bagi kebanyakan orang masa tua itu merupakan masa yang kurangmenyenangkan.Berkaitan dengan perubahan, kemudian Hurlock (1990) mengatakan bahwaperubahan yang dialami oleh setiap orang akan mempengaruhi minatnya terhadapperubahan tersebut dan akhirnya mempengaruhi pola hidupnya. Bagaimana sikapyang ditunjukan apakah memuaskan atau tidak memuaskan, hal ini tergantung daripengaruh perubahan terhadap peran dan pengalaman pribadinya. Perubahan yangdiminati oleh para lanjut usia adalah perubahan yang berkaitan dengan masalahpeningkatan kesehatan, ekonomi atau pendapatan dan peran sosial (Goldstein, 1992).B.
 
Tujuan Kebutuhan Nutrisi Pada Lansia.a.
 
Terpenuhinya kebutuhan jasmani, rohani, sosial dan psikologis lanjut usia secaramemadai serta teratasinya masalah-masalah akibat usia lanjut.b.
 
Terlindunginya lanjut usia dari perlakuan yang salah.c.
 
Terlaksananya kegiatan-kegiatan yang bermakna bagi lanjut usia.d.
 
Terpeliharanya hubungan yang harmonis antara lanjut usia dengan keluarga danlingkungan.e.
 
Terbentuknya keluarga dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab pelayananterhadap lanjut usia.f.
 
Melembaganya nilai-nilai penghormatan terhadap lanjut usia.g.
 
Tersedianya pelayanan alternative diluar pelayanan panti sosial bagi lanjut usia.
 
3
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Konsep Teoria.
 
PengertianMenua atau menjadi tuaadalah suatu proses menghilangnyasecara perlahan kemampuan jaringanuntuk memperbaiki diri ataumengganti dan mempertahankanfungsi normalnya sehingga tidak dapat bertahan terhadap infeksi danmemperbaiki kerusakan yangdiderita. (Contantinides 1994).Usia lanjut merupakan seseorang yang berusia 60 tahun atau lebih, baik fisiknya masih berkemampuan (potensial) maupun karena permasalahan yang tidak lagi mampu berperan secara konstruktif dalam pembangunan. (Depsos RI 1997).Proses menua dapat terlihat secara fisik dengan perubahan yang terjadi padatubuh dan berbagai organ serta penurunan fungsi tubuh serta organ tersebut.Perubahan secara biologis ini dapat mempengaruhi status gizi pada masa tua. Antaralain :
 
Massa otot yang berkurang dan massa lemak yang bertambah, mengakibatkan juga jumlah cairan tubuh yang berkurang, sehingga kulit kelihatan mengerut dankering, wajah keriput serta muncul garis-garis menetap. Oleh karena itu, padalansia seringkali terlihat kurus.
 
Penurunan indera penglihatan akibat katarak pada lansia sehingga dihubungkandengan kekurangan vitamin A, vitamin C dan asam folat. Sedangkan gangguanpada indera pengecap dihubungkan dengan kekurangan kadar Zn yang jugamenyebabkan menurunnya nafsu makan. Penurunan indera pendengaran terjadikarena adanya kemunduran fungsi sel syaraf pendengaran.
 
Dengan banyaknya gigi yang sudah tanggal, mengakibatkan gangguan fungsimengunyah yang dapat berdampak pada kurangnya asupan gizi pada usia lanjut.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Uni Yuni liked this
Jennifer Tate liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->