Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
citra pengindraan jauh

citra pengindraan jauh

Ratings: (0)|Views: 285|Likes:
Published by Ian Dyanz

More info:

Published by: Ian Dyanz on Feb 01, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/06/2013

pdf

text

original

 
citra pengindraan jauh-destyy
Citra Penginderaan Jauh
Gambar yang merupakan hasil dari penginderaan jauh disebut dengan citra. Adapun artidari citra itu sendiri adalah gambaran yang tampak dari suatu objek yang diamati sebagai hasildari proses perekaman sensor ataupun alat pemantau lainnya. Menurut Simonett, 1983 yangdimaksud dengan citra (image) adalah gambaran objek yang dibuahkan oleh pantulan atau pembiasan sinar yang difokuskan dari sebuah lensa atau cermin.Secara umum citra penginderaan jauh dapat dibedakan menjadi dua, yaitu citra foto dan citra nonfoto:
1) Citra Foto
Citra foto adalah citra objek yang merupakan hasil dari pemotretan kamera.
Berdasarkan
spectrum elektromagnetik 
yang digunakan, citra foto dapat dibedakan sbb:a.
 Foto ultraviolet 
, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spectrum ultravioletdengan panjang gelombang 0,1 – 0,4 mikron. b.
 Foto ortokromatik 
, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spektrum sinar tampak. Mulai dari warna biru sampai warna hijau dengan panjang gelombang 0,4 – 0,56 mikron.c.
 Foto pankromatik 
, yaitu citra foto yang dibuat dengan menggunakan spectrum tampak mulai dari warna merah sampai warna ungu dengan panjang gelombang 0,4 – 0,7mikron.d.
 Foto inframerah
, yaitu foto yang dibuat dengan menggunakan spectrum inframerahdengan panjang gelombang 0,7 – 30,0 mikron.
Berdasarkan
sumbu kamera
yang digunakan citra foto dibedakan atas:
 
a. Foto vertikal, yaitu citra foto yang dibuat dengan sumbu kamera tegak lurus terhadapobjek di permukaan bumi. b. Foto miring/condong, yaitu citra foto yang yang dibuat dengan menggunakan sumbukamera yang condong dan membentuk sudut terhadap objek di permukaan bumiPerhatikan gambar di bawah !
Berdasarkan
 jenis kamera
yang digunakan, citra foto dapat dibedakan sebagai berikut:a. Foto tunggal, yaitu citra foto yang dihasilkan dari kamera tunggal b. Foto jamak yaitu citra foto yang dibuat pada waktu yng sama dan meliput daerah yangsama pula.
Berdasarkan
 jenis wahana
yang digunakan, citra foto dapat dibedakan atas:a. Foto udara, yaitu citra yang alat perekam/sensornya menggunakan wahana balon udaraataupun pesawat terbang. b. Foto satelit, perekaman sensor dengan menggunakan wahana satelit.
2) Citra non foto
Citra non foto adalah foto yang dibuat dengan menggunkan sensor non kamera. Gambarnyadiperoleh dengan menggunakan penyinaran scanner. Citra non foto dapat dibedakan berdasarkan:
 
 
Spektrum gelombang elektromagnetik:
a. Citra inframerah termal, yaitu citra yang terbentuk dari penyerapan spectruminframerah termal. b. Citra gelombang mikro, yaitu citra yang terbentuk dari penyerapan gelombang mikro.c. Citra radar, yaitu citra ysng dibuat dari sumber tenaga buatan.
 
Jenis sensor
a. Citra tunggal, yaitu citra yang dibuat melalui sensor tunggal. b. Citra jamak, yaitu citra yang dibuat melalui sensor jamak 
 
Jenis wahana
a. Citra dirgantara, citra yang dibuat dari wahana yang berada di atmosfer (bukan ruangangkasa). b. Citra satelit, citra yang dibuat dari wahana yang berada di luar angkasa (antariksa).
Berdasarkan penggunaanya citra satelit dibedakan atas:
1.Citra satelit untuk penginderaan planetContoh: Citra satelit Viking (AS)Citra satelit Vanera (Rusia)2.Citra satelit untuk penginderaan cuacaContoh: NOAA (AS)Citra Meteor (Rusia)

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->