Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Askep Angina Pectoris Unstable

Askep Angina Pectoris Unstable

Ratings:

2.5

(2)
|Views: 1,448 |Likes:
Published by Arif Paskal Pokonda
ASKEP Angina Unstable Jantung Kardivaskuler
ASKEP Angina Unstable Jantung Kardivaskuler

More info:

Published by: Arif Paskal Pokonda on Feb 05, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/18/2013

pdf

text

original

 
1
LAPORAN PENDAHULUANGANGGUAN SISTEM KARDIOVASKULERDENGAN DIAGNOSA MEDIS ANGINA PECTORIS UNSTABLE
A.
 
Pengertian
Angina pektoris adalah rasa tidak enak di dada sebagai akibat dari suatu iskemik miokard tanpa adanya infark. Klasifikasi klinis angina pada dasarnya berguna untuk mengevaluasi mekanisme terjadinya iskemik. Walaupun patogenesa anginamengalami perubahan dari tahun ke tahun, akan tetapi pada umumnya dapatdibedakan 3 tipe angina yaitu :1.
 
Classical effort angina (angina klasik)Pada nekropsi biasanya didapatkan aterosklerosis koroner. Pada keadaan ini,obstruksi koroner tidak selalu menyebabkan terjadinya iskemik seperti waktuistirahat. Akan tetapi bila kebutuhan aliran darah melebihi jumlah yang dapatmelewati obstruksi tersebut, akan tetapi iskemik dan timbul gejala angina. Anginapektoris akan timbul pada setiap aktifitas yang dapat meningkatkan denyut jantung, tekanan darah dan atatus inotropik jantung sehingga kebutuhan O
2
akanbertambah seperti pada aktifitas fisik, udara dingin dan makan yang banyak.2.
 
Variant angina (angina Prinzmetal)Bentuk ini jarang terjadi dan biasanya timbul pada saat istirahat, akibatpenurunan suplai O
2
darah ke miokard secara tiba-tiba. Penelitian terbarumenunjukkan terjadinya obsruksi yang dinamis akibat spasme koroner baik padaarteri yang sakit maupun yang normal. Peningkatan obstruksi koroner yang tidak menetap ini selama terjadinya angina waktu istirahat jelas disertai penurunanaliran darah arteri koroner.3.
 
Unstable angina (angina tak stabil / ATS)Istilah lain yang sering digunakan adalah Angina preinfark, Angina dekubitus,Angina kresendo. Insufisiensi koroner akut atau Sindroma koroner pertengahan.Bentuk ini merupakan kelompok suatu keadaan yang dapat berubah sepertikeluhan yang bertambah progresif, sebelumnya dengan angina stabil atau anginapada pertama kali. Angina dapat terjadi pada saat istirahat maupun bekerja. Pada
 
2
patologi biasanya ditemukan daerah iskemik miokard yang mempunyai ciritersendiri.Angina pektoris tak stabil adalah suatu spektrum dari sindroma iskemik miokardakut yang berada di antara angina pektoris stabil dan anfark miokard akut.Terminologi ATS harus tercakup dalam kriteria penampilan klinis sebagai berikut :1.
 
Angina pertama kaliAngina timbul pada saat aktifitas fisik. Baru pertama kali dialami olehpenderita dalam periode 1 bulan terakhir.2.
 
Angina progresif Angina timbul saat aktifitas fisik yang berubah polanya dalam 1 bulanterakhir, yaitu menjadi lebih sering, lebih berat, lebih lama, timbul denganpencetus yang lebih ringan dari biasanya dan tidak hilang dengan cara yang biasadilakukan. Penderita sebelumnya menderita angina pektoris stabil.3.
 
Angina waktu istirahatAngina timbul tanpa didahului aktifitas fisik ataupun hal-hal yang dapatmenimbulkan peningkatan kebutuhan O
2
miokard. Lama angina sedikitnya 15menit.4.
 
Angina sesudah IMAAngina yang timbul dalam periode dini (1 bulan) setelah IMA.Kriteria penampilan klinis tersebut dapat terjadi sendiri-sendiri atau bersama-bersama tanpa adanya gejala IMA. Nekrosis miokard yang terjadi pada IMAharus disingkirkan misalnya dengan pemeriksaan enzim serial dan pencatatanEKG.
B.
 
Penyebab
Penyebab angina pektoris antara lain adalah aterosklerosis, spasme pembuluhkoroner, latihan fisik, pajanan terhadap dingin, makan makanan berat dan stres.1.
 
Angina Stabil disebabkan oleh iskemia miokardium2.
 
Angina tidak stabil disebabkan oleh ruptur plak, trombosis dan agregat trombosis,vasospasme dan erosi pada plak tanpa ruptur.
 
3
C.
 
Pengenalan Klinis
1.
 
GejalaDidapatkan rasa tidak enak di dada yang tidak selalu sebagai rasa sakit, tetapidapat pula sebagai rasa penuh di dada, tertekan, nyeri, tercekik atau rasa terbakar.Rasa tersebut dapat terjadi pada leher, tenggorokan, daerah antara tulang skapula,daerah rahang ataupun lengan. Sewaktu angina terjadi, penderita dapat sesak napas atau rasa lemah yang menghilang setelah angina hilang. Dapat pula terjadipalpitasi, berkeringat dingin, pusing ataupun hampir pingsan.2.
 
Pemeriksaan fisik Sewaktu angina dapat tidak menunjukkan kelainan. Pada auskultasi dapatterdengar derap atrial atau ventrikel dan murmur sistolik di daerah apeks.Frekuensi denyut jantung dapat menurun, menetap atau meningkat pada waktuserangan angina.3.
 
EKGEKG perlu dilakukan pada waktu serangan angina, bila EKG istirahat normal,stress test harus dilakukan dengan treadmill ataupun sepeda ergometer. Tujuandari stress test adalah :a.
 
Menilai sakit dada apakah berasal dari jantung atau tidak.b.
 
Menilai beratnya penyakit seperti bila kelainan terjadi pada pembuluh darahutama akan memberi hasil positif kuat.Gambaran EKG penderita ATS dapat berupa depresi segmen ST, depresisegmen ST disertai inversi gelombang T, elevasi segmen ST, hambatan cabangikatan His dan tanpa perubahan segmen ST dan gelombang T. Perubahan EKGpada ATS bersifat sementara dan masing-masing dapat terjadi sendiri-sendiriataupun sersamaan. Perubahan tersebut timbul di saat serangan angina dankembali ke gambaran normal atau awal setelah keluhan angina hilang dalamwaktu 24 jam. Bila perubahan tersebut menetap setelah 24 jam atau terjadievolusi gelombang Q, maka disebut sebagai IMA.4.
 
Enzim LDH, CPK dan CK-MBPada ATS kadar enzim LDH dan CPK dapat normal atau meningkat tetapitidak melebihi nilai 50% di atas normal. CK-MB merupakan enzim yang palingsensitif untuk nekrosis otot miokard, tetapi dapat terjadi positif palsu. Hal ini

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
yuhuma_qyu6841 liked this
Nurul Badriyah liked this
Shantii Fajar liked this
Afif Amrullah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->