Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peran Dan Fungsi Lembaga Pendidikan

Peran Dan Fungsi Lembaga Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 721|Likes:
Published by wira steven

More info:

Published by: wira steven on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/12/2013

pdf

text

original

 
 
KATA PENGANTAR
Dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati, Penulis memanjatkan puji syukurkehadirat Allah SWT. Karena dengan rahmat dan rahim-Nya yang telah dilimpahkan, taufiqdan hidayah-Nya dan atas segala kemudahan yang telah diberikan sehingga penyusunan
makalah tentang “
Peran dan Fungsi Lembaga Pendidikan
ini dapat terselesaikan.
 Shalawat terbingkai salam semoga abadi terlimpahkan kepada sang pembawa risalahkebenaran yang semakin teruji kebenarannya baginda Muhammad SAW, keluarga dansahabat-
sahabat, serta para pengikutnya. Dan Semoga syafa’atnya selalu menyertai
kehidupan ini.Makalah ini berisi ulasan-ulasan yang membahas tentang Pembahasan mengenai
Peran dan Fungsi Lembaga Pendidikan keluarga, sekolah dan Masyarakat
.Dalam kesempatan kali ini,penulis juga ingin mengucapkan terima kasih kepada :1.
 
Ibu Iffah Mardiyati, selaku Dosen Dasar-dasar Pendidikan yang telah membimbingpenulis sehingga dapat menyelesaikan makalah ini.2.
 
Media massa, dan media lainnya yang artikelnya kami gunakan dalam penulisanMakalah ini3.
 
Semua pihak yang telah memberi bantuan dan dukungan yang tidak dapat kami sebutkansatu persatu.Setitik harapan dari penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat serta bisa menjadiwacana yang berguna. Penulis menyadari keterbatasan yang penyusun miliki. Untuk itu,penulis mengharapkan dan menerima segala kritik dan saran yang membangun demiperbaikan dan penyempurnaan makalah ini.Pati , 2 April 2012Penyusun
v
 
BAB IPENDAHULUANA. Latar Belakang
Kegiatan pendidikan selalu berlangsung di dalam suatu lingkungan. Dalam kontekspendidikan, lingkungan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang berada di luar diri anak.Lingkungan dapat berupa hal-hal yang nyata, seperti tumbuhan, orang, keadaan, politik,kepercayaan dan upaya lain yang dilakukan manusia, termasuk di dalamnya adalahpendidikan.Di dalam konteks pembangunan manusia seutuhnya, keluarga, sekolah danmasyarakat akan menjadi pusat-pusat kegiatan pendidikan yang akan menumbuhkan danmengembangkan anak sebagai makhluk individu, sosial, susila dan religius. Denganmemperhatikan bahwa anak adalah individu yang berkembang, ia membutuhkan pertolongandari orang yang telah dewasa, anak harus dapat berkembang secara bebas, tetapi terarah.Pendidikan harus dapat memberikan motivasi dalam mengaktifkan anak. Ketiga lembagapendidikan, yaitu lembaga pendidikan keluarga, lembaga pendidikan sekolah dan lembagapendidikan masyarakat mempunyai tanggung jawab dan peranan masing-masing dalam usahapencapaian tujuan pendidikan yaitu pendewasaan diri manusia.
B. Rumusan Masalah
Dari uraian di atas, maka sudah tentu lembaga-lembaga pendidikan yang ada memilikiperanan, fungsi dan sumbangsih besar bagi terbentuknya individu yang dewasa, yang mandiridan memiliki kecakapan intelektual dan emosional yang mantap. Mengenai rumusan masalahpada makalah ini, maka perlu kiranya penulis untuk menjelaskan secara rinci mengenai :1.
 
Apakah fungsi dan peran lembaga pendidikan keluarga ?2.
 
Apakah fungsi dan peran lembaga pendidikan sekolah ?3.
 
Bagaimana lembaga pendidikan yang terjadi di masyarakat ?
 
BAB IIPEMBAHASANA.
 
Pengertian Lembaga Pendidikan.
 Lingkungan pendidikan dapat diartikan sebagai faktor-faktor yang berpengaruhterhadap praktek pendidikan baik positif ataupun negatif. Lingkungan pendidikan sebagaitempat berlangsungnya proses pendidikan, merupakan bagian dari lingkungan sosial.Lingkungan pendidikan sangat dibutuhkan dalam proses pendidikan sebab lingkunganpendidikan tersebut berfungsi menunjang proses belajar mengajar secara nyaman, tertib, danberkelanjutan. Dengan suasana seperti itu, maka proses pendidikan dapat dilaksanakan.Lembaga pendidikan adalah suatu badan yang berusaha mengelola danmenyelengglarakan kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan, keagamaan, penelitianketerampilan dan keahlian. yaitu dalam hal pendidikan intelektual, spiritual, serta keahlian/ keterampilan. Sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasamasecara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalammemanfaatkan sumber daya, sarana-parasarana, data, dan lain sebagainya yang digunakansecara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan.
B.
 
Lembaga Pendidikan Keluarga
Sebagai transmisi pertama dan utama dalam pendidikan, keluarga memiliki tugasutama dalam peletakan dasar bagi pendidikan akhlak dan pandangan hidup keagamaan.Dikatakan pertama karena keluarga adalah tempat dimana anak pertama kali mendapatpendidikan. Sedangkan dikatakan utama karena hampir semua pendidikan awal yangditerima anak adalah dalam keluarga. Karena itu, keluarga merupakan lembaga pendidikantertua, yang bersifat informal dan kodrati.
1
Keluarga adalah awal mula pendidikan sejak manusia itu ada. Ayah dan ibu sebagai pendidik, dan anak sebagai terdidik. Tugas keluargaadalah meletakkan dasar-dasar bagi perkembangan anak berikutnya, agar anak dapatberkembang secara baik.Pembangunan bangsa itu seyogyanya bersumber dari dan dimulai dari rumah, didalamkehidupan keluarga. Karena dirumah seyogyanya awal mula ditumbuhkan kesadaran,kepedulian, dan pengertian dasar tentang totalitas lingkungan.
2
1
Drs. Fuad Hasan,
 Dasar-Dasar Kependidikan
(Jakarta : Rineka Cipta, 1995), hlm 17
2
Prof.DR. Conny R Semiawan,
Penerapan Pembelajaran Pada Anak 
(Jakarta : PT Indeks, 2008),hlm 62
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->