Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Motivasi,proses & penerapan

Motivasi,proses & penerapan

Ratings: (0)|Views: 17 |Likes:
Published by Alexander Popo

More info:

Published by: Alexander Popo on Feb 07, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/10/2013

pdf

text

original

 
Bagian 3MOTIVASI, PROSES, DAN PENERAPANNYAPengertian dan Teori Motivasi
Motivasi merupakan kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya-tingkatupaya yang tinggi kearah tujuan organisasi yang dikondisikan oleh kemampuanupaya tersebut untuk memenuhi kebutuhan individu.Kebutuhan berarti suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil-hasiltertentu yang terlihat menarik, atauMotivasi merupakan faktor-faktor yang ada dalam diri seseorang yangmenggerakkan, mengarahkan perilakunya untuk memenuhi kebutuhantertentu.Motivasi tidak timbul begitu saja, tetapi motivasi timbul melalui beberapa tahap,dengan kata lain, adanya proses motivasi.Proses motivasi itu sendiri merupakan gabungan dari konsep kebutuhan,dorongan, tujuan, dan ganjaran. Proses motivasi dimulai ;1. Munculnya kebutuhan yang belum terpenuhi, yang menyebabkan adanyaketidak-seimbangan dalam diri seseorang dan berupaya untuk menguranginyadengan perilaku tertentu,2. Seseorang kemudian mencari cara-cara untuk memuaskan keinginan itu,3. Seseorang mengarahkan perilakunya kearah pencapaian tujuan atau pres-tasi dengan cara-cara yang telah dipilihnya yang didukung kemampuan,keterampilan maupun pengalamannnya,4. Penilaian prestasi dilakukan dirinya sendiri atau orang lain yang dalam halini dapat saja orang lain atau atasan, atas keberhasilan dalam mencapaitujuan, dan perilaku yang yang ditujukan untuk memuaskan kebutuhan itu,akan dinilai sendiri oleh individu bersangkutan, sedangkan perilaku yangditujukannya untuk pemenuhan kebutuhan finansial atau jabatan, padaumumnya dilakukan atasan atau pimpinan organisasi/perusahaan,5. Ganjaran (reward) ataupun hukuman (punishment) yang diterima atau dira-sakan tergantung pada evaluasi atas prestasi yang dilakukan individu itu
1
 
sendiri,6. Pada akhirnya, individu tersebut, menilai sejauh mana perilaku dan ganja-ran telah memuaskan kebutuhannya.Jika siklus motivasi itu telah memuaskan kebutuhannya, maka suatukeseimbangan dan kepuasan atas kebutuhan tersebut dirasakan. Selanjutnya, jika masih ada kebutuhan yang belum terpenuhi maka akan terjadi lagi prosespengulangan siklus motivasi dengan perilaku yang berbeda.
Teori-teori Motivasi,Pada dasarnya teori motivasi dapat dikelompokkan dalam dua kategori yaitu :Teori Kepuasan/Isi (Content Theory), dan Teori Proses (Process Theory).
1.
Teori kepuasan/isi (content theory) memusatkan perhatiannya padafaktor-faktor dalam diri orang (individu) yang menggerakkan, mengarahkan,mendukung, dan menghentikan perilaku. Dalam hal ini dicoba menentukankebutuhan khusus yang dapat memotivasi seseorang (individu), dengankata lain, teori ini berkaitan dengan faktor yang ada dalam diri seseorangyang memotivasinya,Teori ini terdiri dari, teori Hirarkhi Kebutuhan Maslow, teori Mac Groger, teori DuaFaktor, teori ERG, dan teori kebutuhan Mc Clelland.
2.
Teori proses (process Theory) yang mencoba menguraikan,menjelaskan, dan menganalisis bagaimana” perilaku itu digerakkan,diarahkan, didukung dan dihentikan, dengan kata lain, teori prosesberkaitan dengan bagaimana motivasi itu terjadi atau bagaimana perilakuitu digerakkan.Te ori ini terdiri dari, teori Penetapan Tujuan, teori Penguatan, teori Keadilan,dan teori Pengharapan.
Teori Kepuasan/Isi (Content Theory)
2
 
a. Teori Hirarkhi Kebutuhan dari A. Maslow, yang menghipotesiskan bahwadidalam diri setiap manusia (individu) terdapat lima jenjang kebutuhansebagai berikut :1. Faal (fisiologis), seperti : rasa lapar, haus, sandang, papan, dan seks,2. Keselamatan dan keamanan, seperti : kebutuhan akan kebebasan dariancaman yaitu aman dari ancaman kejadian atau lingkungan,3. Sosial yaitu : kebutuhan akan teman, persahabatan, kasih sayang, dansebagainya,4. Penghargaan, yaitu meliputi kebutuhan keinginan untuk dihormati, dihar gai atas prestasi, pengakuan atas kemampuan dan keahlian yang dimili-ki, serta efektivitas kerja.
5.
 Aktualisasi Diri, merupakan hirarkhi kebutuhan yang paling tinggi yangberkaitan dengan proses pengembangan potensi yang sesungguhnya,untuk menunjukkan kemampuan, keahlian, dan potensi yang dimiliki se-seorang. Kebutuhan ini merupakan proses yang berlangsung terus-me-nerus dan tidak pernah terpuaskan dan ada kecenderungan potensinyameningkat karena seseorang mengaktualisasikan perilakunya.Seseorang yang didominasi kebutuhan Aktualisasi Diri menyenangi tugas-tugas yang menantang kemampuan dan keahliannya.Kebutuhan yang berada pada lima jenjang ini dibagi A. Maslow menjadi duabagian, yaitu : kebutuhan Order Rendah, dan kebutuhan Order Tinggi.- Kebutuhan Order Rendah, merupakan kebutuhan-kebutuhan yang dipenuhisecara eksternal yaitu; kebutuhan faal, dan kebutuhan keamanan,sedangkan,- Kebutuhan Order Tinggi, merupakan kebutuhan-kebutuhan yang dipenuhisecara internal yaitu; kebutuhan sosial, kebutuhan akanpenghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri.b. Teori Mac Groger (Teori X dan Teori Y)
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->