Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pendekatan Dan Metode

Pendekatan Dan Metode

Ratings:

4.5

(8)
|Views: 1,360 |Likes:
Published by i2ik4
For Teacher
For Teacher

More info:

Published by: i2ik4 on Feb 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC or read online from Scribd
See more
See less

10/16/2009

 
Dalam kenyataan sehari – hari sering kita jumpai sejumlah guruyang menggunakan metode tertentu yang kurang atau tidak cocokdengan isi dan tujuan pengajaran. Akibatnya, hasilnya tidak memadai,bahkan mungkin merugikan semua pihak terutama pihak siswa dankeluarganya, walaupun kebanyakan mereka tidak menyadari hal itu.Agar proses belajar mengajar berjalan dengan lancar dan dapatmencapai tujuan pembelajaran, guru sebaiknya menentukanpendekatan dan metode yang akan digunakan sebelum melakukanproses belajar mengajar. Pemilihan suatu pendekatan dan metodetentu harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan sifat materiyang akan menjadi objek pembelajaran. Pembelajaran denganmenggunakan banyak metode akan menunjang pencapaian tujuanpembelajaran yang lebih bermakna.Ketika mengajar di kelas 3 A Pak Mamat merasa ragu apakahpersiapan mengajar untuk konsep persilangan di SLTP yang sudahdisiapkannya dapat digunakan di kelas ini. Berdasarkanpengalamannya kelas 3 B agak berbeda dengan kelas 3 lainnya.Karena sebagian besar siswa di kelas tersebut mempunyaikemampuan belajar lebih rendah daripada rata rata kemampuankelas 3 di sekolahnya. Pak Mamat merencanakan materi pelajarannyadibagi menjadi beberapa kali pertemuan sehingga memerlukan waktulebih banyak dibandingkan dengan kelas 3 yang lainnya. Metode yangdigunakannya masih serupa dengan di kelas lain, hanya ditambahmetode bermain peran. Pak Mamat merasa gembira karena siswa yangdiperkirakan akan mengalami kesulitan belajar ternyata terbantudengan cara yang ditempuhnya.
 A. Pengertian Metode dan Pendekatan
 
Metode dibedakan dari pendekatan. Pendekatan lebihmenekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan metodelebih menekankan pada teknik pelaksanaannya. Satu pendekatan yangdirencanakan untuk satu pembelajaran mungkin dalam pelaksanaanproses tersebut digunakan beberapa metode. Sebagai contoh dalampembelajaran pencemaran lingkungan. Pendekatan yang digunakandalam pembelajaran tersebut dapat dipilih dari beberapa pendekatanyang sesuai, antara lain pendekatan lingkungan. Ketika prosespembelajaran pencemaran lingkungan dilaksanakan denganpendekatan lingkungan tersebut dapat digunakan beberapa metode,misalnya metode observasi, metode didkusi dan metode ceramah.Supaya lebih jelas ikuti perencanaan yang dilakukan oleh seorang guruketika akan memberi pembelajaran pencemaran lingkungan tersebut.Pada awalnya ia memilih pendekatan lingkungan, berarti ia akanmenggunakan lingkungan sebagai fokus pembelajaran.Pada akhir pembelajaran melalui konsep pencemaran lingkungansiswa akan memahami tentang lingkungan sekitarnya apakah sudahtercemar atau tidak. Untuk merealisasikan hal tersebut iamenggunakan metode diskusi dan ceramah. Dalam pembelajarannyaia membuat suatu masalah untuk didiskusikan oleh siswa kemudian iaakan mengakhiri pembelajaran tadi dengan memberi informasi yangberkaitan dengan hasil diskusi. Berdasarkan hal tersebut dapatdisimpulkan bahwa metode dan pendekatan dirancang untukmencapai keberhasilan suatu tujuan pembelajaran.
 
B. Beberapa Pendekatan Pada KBM
Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran biologi antaralain sebagai berikut :
1.Pendekatan tujuan pembelajaran
Pendekatan ini berorientasi pada tujuan akhir yang akan dicapai.Sebenarnya pendekatan ini tercakup juga ketika seorang gurumerencanakan pendekatan lainnya, karena suatu pendekatan itudipilih untuk mencapai tujuan pembelajaran. Semua pendekatandirancang untuk keberhasilan suatu tujuan.Sebagai contoh : Apabila dalam tujuan pembelajaran terterabahwa siswa dapat mengelompokan makhluk hidup, maka guruharus merancang pembelajaran, yang pada akhir pembelajarantersebut siswa sudah dapat mengelompokan makhluk hidup.Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut dapatberupa metode tugas atau karyawisata.
2.Pendekatan konsep
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konsep berartisiswa dibimbing memahami suatu bahasan melalui pemahamankonsep yang terkandung di dalamnya. Dalam proses pembelajarantersebut penguasaan konsep dan subkonsep yang menjadi fokus.Dengan beberapa metode siswa dibimbing untuk memahamikonsep.
3.Pendekatan lingkungan
Penggunaan pendekatan lingkungan berarti mengaitkanlingkungan dalam suatu proses belajar mengajar. Lingkungan

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->