Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkembangan Peserta Didik Unit 3

Perkembangan Peserta Didik Unit 3

Ratings: (0)|Views: 54 |Likes:
Published by framiar
Perkembangan kognitif, bahasa, moral dan kepribadian
Perkembangan kognitif, bahasa, moral dan kepribadian

More info:

Published by: framiar on Feb 09, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/01/2013

pdf

text

original

 
Unit
 
3
 
PERKEMBANGAN INTELEK, BAHASA, MORALDAN KEPRIBADIAN PESERTA DIDIK
Ingridwati Kurnia
Pendahuluan
 
embelajaran pada unit 3 ini merupakan kelanjutan dari unit 2 yang membahasaspek-aspek perkembangan peserta didik usia SD/MI. Pembelajaran pada unitini bertujuan agar Anda sebagai mahasiswa program PJJ S1-PGSD mampumenjelaskan aspek perkembangan intelek, bahasa, moral, dan kepribadian pesertadidik pada usia SD/MI.
P
Untuk mencapai kompetensi dasar tersebut, sajian pada unit ini akan dikemaske dalam empat subunit. Subunit 1 bertujuan menjelaskan pengertian intelegensi,konstruksi stuktur pengetahuan atau skema kognitif melalui proses asimilasi danakomodasi, tahap perkembangan kognitif dari J.Piaget, klasifikasi kecerdasanintelegensi dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan intelek pada masaanak akhir. Subunit 2 bertujuan menjelaskan pengertian dan keterkaitan berbahasadengan kemampuan berfikir, pola perkembangan bahasa anak, empat keterampilanberbahasa, serta faktor-faktor yang mempengaruhi dan kendala dalamperkembangan bahasa anak. Pada subunit 3 akan dijelaskan pengertianperkembangan moral, membedakan tiga tahap perkembangan moral dari Kohlberg,dan memberi contoh cara membentuk sikap moral pada anak. Terakhir, pada subunit4 akan dibahas pengertian dan pentingnya konsep diri positif dalam pembentukankepribadian, memberi contoh cara mengembangkan konsep diri peserta didik, sertafaktor yang mempengaruhi kesehatan mental pada peserta didik.Pembelajaran pada unit 3 ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran tatapmuka dan terutama pembelajaran mandiri dengan menggunakan bahan ajar cetak maupun berbasis web, dan video mengenai perkembangan moral anak. Sebagaimanahalnya pada unit 2, Anda bebas memilih untuk mulai mempelajari aspek perkembangan mana saja.yang dibahas pada subunit 3.
Perkembangan Belajar Peserta Didik
3 -1
 
Penguasaan kompetensi dilakukan melalui jawaban Anda atas latihan dan tesformatif yang ada pada setiap subunit. Oleh karena itu, pelajarilah dengan baik uraian materi unit 3 ini sehingga Anda dapat menjawab dengan baik pula pertanyaanpada soal latihan maupun tes formatif yang ada.
3
-
Unit 3
2
 
 
Subunit 1
 
Perkembangan Intelek
engembangkan kemampuan intelek atau kognitif merupakan bagian tujuanpendidikan di Indonesia untuk mencerdaskan bangsa. Konsep perkembanganintelek menjadi masukan penting untuk mengembangkan sistem pendidikan danpengajaran. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari aspek perkembangan intelek yang meliputi pembahasan mengenai pengertian dan klasifikasi intelegensi, strukturpengetahuan, dan tahap perkembangan kognitif, serta faktor-faktor yangmempengaruhi perkembangan intelek peserta didik usia SD./MI.
M
Pengertian dan Klasifikasi Intelegensi
 Intelek 
adalah kemampuan jiwa atau psikis yang relatif menetap dalam prosesberpikir untuk membuat hubungan-hubungan tanggapan, serta kemampuanmemahami, menganalisis, mensintesiskan, dan mengevaluasi. Intelektual berfungsidalam pemben-tukan konsep yang dilakukan melalui pengindraan pengamatan,tanggapan, ingatan, dan berpikir.Konsep yang mendasari pengertian merupakan kemampuan untuk menangkap sifat, arti, atau keterangan mengenai sesuatu dan mempunyai gambaranyang jelas dan lengkap tentang hal tersebut (Hurlock, 1990). Pengertian didasarkanpada konsep yang terbentuk melalui pengindraan. Konsep bukan kesan pengindraansecara langsung, melainkan dapat merupakan penggabungan atau perpaduan berbagaihal yang disatukan dengan berbagai unsur, berbagai objek, dan situasi, sehinggamenyatukannya dalam satu konsep. Konsep besifat simbolis sebab bergantung padasituasi yang dihadapi maupun sifat benda. Konsep juga kadang mempunyai sifatafektif yaitu suatu bobot emosional yang menjadi bagian dari konsep tersebut danmembentuk perasaan dan sikap seseorang terhadap orang, benda, atau situasi yangdikmebangkan dengan konsep tersebut. Jadi, konsep merupakan hal yang pentingkarena menentukan apa yang diketahui dan diyakini seseorang dan yang akandilakukan seseorang.Pengertian dapat dicapai dengan menerapkan pengetahuan yang diperolehsebelumnya ke pengalaman dan situasi yang baru, dengan cara melakukan eksplorasi
Perkembangan Belajar Peserta Didik
3 -3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->