Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
495Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fisika SMA-MA-SMK Kelas x Bab 2 Vektor

Fisika SMA-MA-SMK Kelas x Bab 2 Vektor

Ratings:

4.85

(13)
|Views: 85,948|Likes:
Published by Pristiadi Utomo
Materi Vektor sangat penting dalam memberikan dasar-dasar pemahaman koordonat bidang maupun ruang. Diharapkan siswa memahami pula penulisan kaidah vektor. Pak Pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi Indonesia.
Materi Vektor sangat penting dalam memberikan dasar-dasar pemahaman koordonat bidang maupun ruang. Diharapkan siswa memahami pula penulisan kaidah vektor. Pak Pris akan dengan senang hati membantu peningkatan akademis siswa siswi Indonesia.

More info:

Published by: Pristiadi Utomo on Feb 17, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2014

pdf

original

 
FISIKA KELAS X  Drs. Pristiadi Utomo, M.Pd.
BAB IIV E K T O R
52 
 Advance Organizer 
Pernahkah Kamu naik pesawat terbang?Antara penumpang dan pilot dan copilotdi ruang kemudi dipisah dengan sekat.Tujuannya agar pilot dapat berkonsentrasi mengemudikan pesawat.Pernahkah Kamu bayangkan pesawatterbang di malam hari? Bagaimana pilotmengemudikan pesawat terbang dimalam hari. Dengan sistem vektor yangdikalibrasikan dengan komputer navigasi pesawat pilot dapat memantau arahtujuan pendaratan pesawat. Jadi tidak  pernah sebuah pesawat nyasar ke laintempat.Vektor adalah besaran yang memilikinilai dan arah. Kecepatan, percepatan,gaya, tekanan, momentum dansebagainya adalah contoh-contoh besaran vektor. Penulisan vektor denganvektor satuan mempermudah pengertiantentang arah vektor itu. Beberapa vektor dapat dijumlahkan maupun dikalikan.Pada bab ini Kamu akan memperdalamtentang vektor sebagai besaran yangmemiliki nilai dan arah.Meliputi vektor dua dimensi dan vektor tiga dimensi.
 
 
Tentunya Kamu pernah mempelajari jurusan tiga angka di SMP.Gambar di atas menggambarkan arah tiga kota yang menjadirute penerbangan pesawat terbang. Kota 2 berarah 215
° 
darikota 1, kota 3 berarah 300
° 
dari kota 2, dan kota 1 berarah 079
° 
dari kota 3. Jurusan tiga angka merupakan pelajaran vektor yangmenyatakan arah dan besar perpindahan.Vektor menyatakan arah dan besar suatu besaran. Jurusan tigaangka, Analisi ruang, Navigasi penerbangan dan pelayaran selalumenggunakan vektor untuk keperluan itu. Peralatan navigasimembutuhkan perhitungan vektoris yang sudah dikalibrasikandengan alat ukur sehingga menghasilkan keluaran manual ataudigital. Keluaran itu dapat dibaca pada pada alat ukur yangmenera besar dan arah secara bersamaan, sehingga bermanfaat bagi orang yang memantaunya.
53
 
Peta Konsep Bab 2
 
Tujuan Pembelajaran
Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan cara grafis maupun analitis
Menghitung jumlah dan selisih vektor-vektor dua dimensi
Menjumlahkan vektor-vektor tiga dimensi menggunakan vektosatuan
54
Konversi Satuan Besaran Pokok dan Turunan
Penjumlahan
Vektor 
Perkalian
PoligonCara GrafisSegitigaJajaran GenjangPerkalian CrossPerkalian Dot2 dimensi3 dimensi
 
Standar Kompetensi
Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar
Melakukan penjumlahan vektor 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->