Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan Askep Chf

Laporan Pendahuluan Askep Chf

Ratings: (0)|Views: 308 |Likes:
Published by SUJANA, S.Kep., Ns

More info:

Published by: SUJANA, S.Kep., Ns on Feb 10, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2014

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUANASUHAN KEPERAWATAN CONGESTIVE HEART FAILUR (CHF)A.
 
KONSEP DASAR PENYAKIT1.
 
Pengertian
Kegagalan jantung kongestif adalah suatu kegagalan pemompaan (di manacardiac output tidak mencukupi kebutuhan metabolik tubuh), hal ini mungkinterjadi sebagai akibat akhir dari gangguan jantung, pembuluh darah atau kapasitasoksigen yang terbawa dalam darah yang mengakibatkan jantung tidak dapatmencukupi kebutuhan oksigen pada berbagai organ. (Ni Luh Gede Yasmin, 1993)
 
Gagal jantung kongestif (CHF) adalah keadaan patofisiologis berupa kelainanfungsi jantung, sehingga jantung tidak mampu memompa darah untuk memenuhikebutuhan metabolisme jaringan atau kemampuannya hanya adakalau disertaipeninggian volume diastolik secara abnormal. Penamaan gagal jantung kongestif yang sering digunakan kalau terjadi gagal jantung sisi kiri dan sisi kanan.(Mansjoer, 2001)
 
Pengertian lain menyebutkan bahwa dekompensasi cordis adalahketidakmampuan jantung memompakan darah untuk memenuhi kebutuhanmetabolisme dan kebutuhan oksigen jaringan. (Doenges, 2008)Dari pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa dekompensasi cordismerupakan keadaan jantung yang sudah tidak mampu lagi memompa darah sesuaidengan kebutuhan tubuh.
2.
 
Anatomi dan Fisiologi
Jantung terletak didalam rongga mediastinum dari ronga dada (toraks)diantara kedua paru. Selaput yang melapisi jantung disebut perikardium yang terdiriatas 2 lapisan:
 
Perikardium parietalis, yaitu lapisan luar yang melekat pada tulang dada danselaput paru.
 
Perikardium viseralis, yaitu lapisan permukaan dari jantung itu sendiri yang jugadisebut epikardium.Diantara kedua lapisan tersebut terdapat cairan perikardium sebagai pelumasyang berfungsi mengurangi gesekan akibat gerak jantung saat memompa.
 
 Dinding jantung terdiri dari 3 lapisan, yaitu :1.
 
Lapisan luar disebut epikardium atau perikardium.2.
 
Lapisan tengah merupakan lapisan berotot, disebut miokardium.3.
 
Lapisan dalam disebut endokardium.Jantung terdiri dari 4 ruang, yaitu dua ruang yang berdinding tipis disebutatrium (serambi), dan 2 ruang yang berdinding tebal disebut ventrikel (bilik), yaitusebagai berikut :1.
 
Atrium
 
Atrium kanan berfungsi sebagai penampungan darah yang rendah oksigendari seluruh tubuh. Darah tersebut mengalir melalui vena kava superior, venakava inferior, serta sinus koronarius yang berasal dari jantung sendiri. Dariatrium kanan kemudian darah di pompakan ke ventrikel kanan.
 
Atrium kiri menerima darah yang kaya akan oksigen dari paru melalui 4 buahvena pulmonalis. Kemudian darah dialirkan ke ventrikel kiri. Antara keduaatrium dipisahkan oleh sekat yang disebut septum atrium.2.
 
Ventrikel
 
Ventrikel kanan, menerima darah dari atrium kanan yang kemudiandipompakan ke paru melalui arteri pulmonalis.
 
Ventrikel kiri, menerima darah dari atrium kiri kemudian memompakannyake seluruh tubuh melalui aorta. Kedua ventrikel dipisahkan oleh sekat yangdisebut septum ventrikel.Katup-katup pada jantung terdiri dari :
1.
 
Katup AtrioventrikulerMerupakan katup yang terletak diantara atrium dan ventrikel.. katup antaraatrium kanan dan ventrikel kanan mempunyai tiga buah daun katup disebutkatup trikuspidalis. Sedangkan katup yang terletak diantara atrium kiri danventrikel kiri mempunyai dua buah daun katup disebut katup bikuspidalis ataukatup mitral. Katup AV memungkinkan darah mengalir dari masing-masingatrium ke ventrikel pada waktu diastole ventrikel, serta mencegah aliran balik keatrium pada saat sistol ventrikel.
2.
 
Katup SemilunarKatup pulmonal, terletak antara arteri pulmonalis dan ventrikel kanan.Katup aorta, terletak antara ventrikel kiri dan aorta. Kedua katup semilunar
 
terdiri dari 3 daun katup. Adanya katup semilunar memungkinkan darahmengalir dari masing-masing ventrikel ke arteri pulmonalis atau aorta selamasistol ventrikel, dan mencegah aliran balik ke ventrikel sewaktu diastoleventrikel.Sirkulasi jantung terdiri atas :
1.
 
Arteri KoronerArteri koroner adalah cabang pertama dari sirkulasi sistemik. Sirkulasikoroner terdiri dari: arteri koroner kanan dan arteri koroner kiri. Arteri koroner
 bermuara di sebelah atas daun katup aorta yang disebut ”sinus valsava”.
 
2.
 
Vena KoronerDistribusi vena koroner sesungguhnya paralel dengan distribusi arterikoroner. Sistem vena jantung terdiri dari 3 bagian: vena tebesian, vena kardiakaanterior, sinus koronaria
.
Keseluruhan sistem peredaran (sistem kardiovaskuler) yang terdiri dari arteri,arteriola, kapiler, venula dan vena, mempunyai fungsi sebagai berikut :
1.
 
ArteriArteri berfungsi untuk transportasi darah dengan tekanan yang tinggi keseluruh jaringan tubuh. Dinding arteri kuat dan elastis (lentur), kelenturannyamembantu mempertahankan tekanan darah diantara denyut jantung. Dindingarteri banyak mengandung jaringan elastis yang dapat teregang saat sistol danmengadakan rekoil saat diastol.
2.
 
ArteriolaMerupakan cabang paling ujung dari sistem arteri, berfungsi sebagai katuppengontrol untuk mengatur pengaliran darah ke kapiler. Arteriol mempunyaidinding yang kuat sehingga mampu kontriksi atau dilatasi beberapa kali ukurannormal, sehingga dapat mengatur aliran darah ke kapiler. Otot arterioldipersarafi oleh serabut saraf kolinergik yang berfungsi vasodilatasi. Arteriolmerupakan penentu utama resistensi/tahanan aliran darah, perubahan padadiameternya menyebabkan perubahan besar pada resistensi.
3.
 
KapilerMerupakan pembuluh darah yang halus dan berdinding sangat tipis, yangberfungsi sebagai jembatan diantara arteri (membawa darah dari jantung) danvena (membawa darah kembali ke jantung). Kapiler memungkinkan oksigen dan

Activity (3)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
rejotangan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->