Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
P. 1
Jembatan Selat Sunda

Jembatan Selat Sunda

Ratings: (0)|Views: 202|Likes:
Published by Astrid Giovani

More info:

Published by: Astrid Giovani on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/05/2013

pdf

text

original

 
MANFAAT JEMBATAN SELAT SUNDA BAGIKETAHANAN NASIONAL
BAB I PENDAHULUAN
1.1
 
LATAR BELAKANG MASALAH
Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia yang saatini
 
diperkirakan mencapai ± 255 juta jiwa. Namun kurang lebih 60%
 
penduduk tinggal di Pulau Jawa yang luasnya hanya sekitar 6% dariseluruh wilayah Nusantara. Apalagi ditambah dengan Pulau Sumatera,maka dua pulau besar di bagian Barat Indonesia ini tidak hanya
 
membangkitkan pergerakan barang dan manusia, tetapi juga kegiatan
 
ekonomi.
 
Perhubungan antar pulau Jawa dan Sumatera dilakukan dengan kapallaut dan pesawat terbang. Namun kedua sarana angkutan tersebut tidak lepas dari pengaruh cuaca,angin, kabut, arus laut serta kondisi siang danmalam.
 
Banyaknya permasalahan transportasi terutama pada padapenyeberangan Merak 
 – 
Bakauheni karena hal tersebut sangat berpengaruhpada perekonomian pulau Jawa dan Sumatera maka munculah gagasanmengenai pembangunan Jembatan Selat Sunda.
1.2
 
RUMUSAN MASALAH
1. Apa pengertian Jembatan Selat Sunda?2.
 
Mengapa Jembatan Selat Sunda sangat diperlukan ?3.
 
Apa manfaat Jembatan Selat Sunda termasuk hubunganya denganKetahanan Nasional?4.
 
Apa saja kendala , hambatan, dan dampak dari pembangunan JembatanSelat Sunda ?
 
BAB II PEMBAHASAN
2.1
 
PENGERTIAN JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda adalah jembatan yang melintasi Selat Sundayang menghubungkan pulau Jawa dengan Sumatera, dengan panjang jembatan diperkirakan sekitar 31 km dan lebar 60 m. Dana proyek Jembatan Selat Sunda direncanakan berasal dari Konsorsium dandiperkirakan dapat menelan biaya hingga sekitar 150 triliun rupiah.Pembangunan Jembatan Selat Sunda diperkirakan akan dilaksanakan padatahun 2014 dan dapat dioperasikan sekitar tahun 2030.
2.2 ALASAN PEMBANGUNAN JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda diperlukan untuk menjawab tingginyakebutuhan akan aksesibilitas yang cepat dari Pulau Jawa ke PulauSumatera dan sebaliknya akibat perkembangan wilayah danketergantungan produksi dan konsumen yang sudah sangat tinggi antarkedua pulau dan ditambah lagi berbagai permasalahan transportasikhususnya pada penyeberangan Merak 
 – 
Bakauheni pada saat ini danwaktu mendatang dengan tujuan puncak adalah menciptakan prasaranapenghubung Jawa Sumatera yang dapat mendukung perkembanganperekonomian sosial dan budaya antara kedua pulau tersebut.Terbukti Transportasi barang dan jasa antara Jawa dan Sumatera saatini, melalui penyeberangan kapal feri pada Selat Sunda sudah sangat padatdan juga sangat tergantung pada kondisi cuaca,kapasitas kapal feri yangtersedia serta waktu tempuh yang cukup lama untuk menyeberang SelatSunda.Dari sisi infrastruktur juga pelabuhan penyeberangan Merak-Bakauheni patut dipertanyakan. Sejak resmi beroperasi 1 Juni 1981,lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni nyaris selalu gagal dalammengantisipasi perkembangan dan penambahan volume kendaraan.Sehingga munculah rencana pembangunan Jembatan Selat Sundasebagai solusi dari berbagai permasalahan yang ada pada saat ini dandiharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakatpulau Jawa dan Sumatera secara keseluruhan.
 
2.3
 
MANFAAT JEMBATAN SELAT SUNDA
Jembatan Selat Sunda sangat diperlukan untuk menjaga ketahanannasional dan dalam berberapa aspek agar tetap terjaga dengan stabil. Kitatahu bahwa Aspek aspek ketahanan nasional yang menjadi alasanpembangunan Jembatan Selat Sunda tersebut mencakup beberapa aspek berikut ini :a. Aspek GeografiSecara aspek geografi Jembatan Selat Sunda dapat menghubungkanpulau Jawa dan pulau Sumatera dalam satu kesatuan yang dihubungkandalam jalur darat. Sehingga antara pulau jawa dan pulau sumatra bataswilayahnya dapat ditentukan dengan batas darat.b. Aspek KependudukanJembatan Selat Sunda dapat mempermudah akses dalamperpindahan penduduk dari pulau Jawa ke pulau Sumatera maupunsebaliknya dan juga membuka akses darat integrasi antar-pulau yangberdekatan sehingga memperbesar peluang pembauran, pemerataanpenduduk dan kesejahteraan.c. Aspek Sumber Daya AlamPembangunan Jembatan Selat Sunda memberi peluang perolehanuntung ekonomi yang lebih besar karena distribusi hasil bumi danproduk dari pulau Sumatera ke pulau Jawa atau sebaliknya.d. Aspek Politik dan KeamananJembatan Selat Sunda dapat berperan sebagai perekat NKRI dalamhal keseimbangan politis dan pertahanan keamanan sebagai dampak pemerataan kegiatan ekonomi antara pulau Jawa dan Sumatera.Jika berhasil pembangunan Jembatan Selat Sunda dinilai akanmembanggakan karena Jembatan Selat Sunda merupakan puncak prestasi pembangunan Indonesia.e. Aspek Sosial dan BudayaSecara aspek sosial dan budaya ,Jembatan Selat Sunda dapatbermanfaat untuk memudahkan akses interaksi dan komunikasi antaramasyarakat pulau Jawa dan Sumatera sehingga masyarakat dapat salingmemahami nilai-nilai sosial dan budaya antar masing-masing pulauJawa dan Sumatera agar tidak mudah mengalami provokasi dari pihak-pihak lain.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->