Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karies Gigi Adalah Sebuah Penyakit Infeksi Yang Merusak Struktur Gigi

Karies Gigi Adalah Sebuah Penyakit Infeksi Yang Merusak Struktur Gigi

Ratings: (0)|Views: 209|Likes:
Published by Daan Jati Achmad
karies
karies

More info:

Published by: Daan Jati Achmad on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

10/30/2013

pdf

text

original

 
KARIES GIGI
Karies gigi
adalah sebuah penyakit infeksiyang merusak struktur gigi.
Penyakitini menyebabkan gigi berlubang. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkannyeri, penanggalan gigi, infeksi, berbagai kasus berbahaya, dan bahkan kematian.Penyakit ini telah dikenal sejak masa lalu, berbagai bukti telah menunjukkan bahwa penyakit ini telah dikenal sejak zaman Perunggu,zaman Besi, dan masa pertengahan.
Peningkatan prevalensi karies banyak dipengaruhi perubahan dari pola makan.
Kini,karies gigi telah menjadi penyakit yang tersebar di seluruh dunia.Ada beberapa cara untuk mengelompokkan karies gigi.
 Walaupun apa yang terlihatdapat berbedam faktor-faktor risiko dan perkembangan karies hampir serupa. Mula-mula,lokasi terjadinya karies dapat tampak seperti daerah berkapur namun berkembang menjadlubang coklat. Walaupun karies mungkin dapat saja dilihat dengan mata telanjang,terkadang diperlukan bantuanradiografiuntuk mengamati daerah-daerah pada gigi danmenetapkan seberapa jauh penyakit itu merusak gigi.Lubang gigi disebabkan oleh beberapa tipe dari bakteripenghasilasamyang dapat merusak karena reaksifermentasi karbohidrattermasuk sukrosa,fruktosa, danglukosa.
 Asam yang diproduksi tersebut mempengaruhimineralgigi sehingga menjadi sensitif   pada pHrendah. Sebuah gigi akan mengalami demineralisasi dan remineralisasi. Ketika pH turun menjadi di bawah 5,5, proses demineralisasi menjadi lebih cepat dari
 
remineralisasi. Hal ini menyebabkan lebih banyak mineral gigi yang luluh dan membuatlubang pada gigi.Bergantung pada seberapa besarnya tingkat kerusakan gigi, sebuah perawatan dapatdilakukan. Perawatan dapat berupa penyembuahan gigi untuk mengembalukan bentuk,fungsi, dan estetika. Namun belum diketahui cara bagaimana untuk meregenerasi secara besar-besaran pada struktur gigi. Maka, organisasi kesehatan gigi terus menjalankan penyuluhan untuk mencegah kerusakan gigi, misalnya dengan menjaga kesehatan gigidan makanan.
Sejarah
Sebuah gambar dari tahun 1300 Masehi. Seorang dokter mencabut gigi pasiennya.Bukti arkeologis menunjukkan bahwa karies gigi sudah ada sejak masa prasejarah.Sebuah tengkorak yang diperkirakan berasal dari satu juta tahun yang lalu dari masa
 
neolitikummemberi petunjuk adanya karies.
 Adanya peningkatan prevalensi kariessejak masa neolitikum mungkin disebabkan banyaknya konsumsi makanan daritumbuhan yang banyak mengandung karbohidrat.
Sebuah gurdi atau bor dari kayuditemukan pada masa neolitikum. gurdi tersebut diperkirakan digunakan sebagai pelubang gigi untuk mengeluarkanabsesdari gigi.
Perubahan kebudayaan berupa penemuan teknik pertanian diAsia Selatandipercayai juga sebagai salah satu peningkat prevalensi karies.Sebuah teks dariSumeria(5000 SM) menggambarkan sebuah "cacing gigi" sebagai  penyebab karies.
Bukti pada kepercayaan ini juga ditemukan padaIndia, Mesir , Jepang,danTiongkok.
Banyak fosil tengkorak yang dapat menunjukkan adanya perawatan gigi yang primitif. DiPakistan, sebuah gigi yang diperkirakan berasal dari5500 SMhingga7000 SM  menunjukkan sebuah lubang yang mungkin disebabkan gurdi gigi.
Karies jugadituliskan olehHomer danGuy de Chauliacdalam tulisan mereka.
 Papirus Ebers,sebuah tulisanMesir kuno(1550 SM) menyebutkan sebuah penyakit gigi.
Selama pemerintahandinasti SargonidAssyriapada668 SMhingga626 SM, dituliskan bahwa dokter kerajaan memerlukan tindakan pencabutan gigi untuk mencegah penyebaranradang.
Selama masa pendudukan bangsa Romawi diEropa, proses pemasakanmakanan menurunkan tingkat terjadinya karies.
Pada masa peradaban Yunani danRomawi dan Mesir, memiliki perawatan untuk meredakan rasa nyeri karena karies.
Tingkat kejadian karies menurun pada masa Perungggu dan Besi, namun meningkattajam pada masa pertengahan.
Peningkatan prevalensi karies secara periodik ini serupa

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->