Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Praktikum Prestasi Mesin

Laporan Praktikum Prestasi Mesin

Ratings: (0)|Views: 41 |Likes:
Published by Yoga Rasingghan

More info:

Published by: Yoga Rasingghan on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/22/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PRAKTIKUM PRESTASI MESIN
PROGRAM STUDI TEKNIK MESIN
 
UNIVERSITAS PAMULANG
 
J
 
MODUL I
 
PENGUJIAN PRESTASI TURBIN PELTON
 
BAB I
 
PENDAHULUAN
 
A.
 
Pendahuluan
Dalam suatu sistem PLTA, turbin pelton merupakan salah satu peralatan utama selaingenerator, turbin pelton adalah alat untuk mengubah energi air menjadi energi puntir dan energipuntir ini kemudian menjadi energi listrik oleh generator atau turbin adalah salah satu dari mesintenaga atau penggerak mula yang prinsip kerjanya mengubah tenaga fluida/air menjadi suatutenaga mekanik dan putaran ini poros ini digunakan untuk menggerakkan suatu generator listrik.
B.
 
Tujuan
Pengujian turbin pelton yaitu untuk mengetahui karakteristik out put yaitu daya out putpada tekanan air berubah-ubah
BAB IITEORIA. Turbin Pelton
 Turbin adalah salah satu dari mesin tenaga atau penggerak mula yang prinsip kerjanyamengubah tenaga fluida / air menjadi suatu tenaga mekanik. Sejumlah massa air dari sebuah
 
pompa sentrifugal yang di analogikan dengan ketinggian air, dialirkan masuk ke rumah turbinyang oleh sudu-sudu turbin diubah menjadi tenaga mekanik berupa putaran poros, putaran dariporos yang dihasilkan oleh suatu turbin pada umumnya digunakan untuk menggerakkan suatugenerator listrik.Dalam suatu system PLTA turbin air merupakan salah satu peralatan utama selain generator,turbin air adalah alat untuk mengubah energi menjadi energi puntir, energi puntir ini kemudiandiubah menjadi energi listrik oleh generator.
1.
 
JenisTurbin Air
 Turbin dapat diklasifikasikan beberapa cara, mamun yang paling utama adalah klasifikasi turbinair berdasarkan cara turbin air tersebut merubah energi air menjadi energi puntir. berdasarkanklasifikasi ini maka turbin air dibagi menjadi dua yaitu :1.
 
Turbin Impuls2.
 
Turbin reaksi
Turbin Impuls
 Yang dimaksud dengan turbin impuls adalah turbin impuls adalah turbin air yang carabekerjanya dengan seluruh energi air ( yang terdiri dari energi potensial + tekanan + kecepatan )yang tersedia menjadi energi kinetik untuk memutar turbin, sehingga menghasilkan energi puntircontoh : Turbin Pelton.
Turbin Reaksi
 Yang dimaksud turbin reaksi adalah turbin air cara bekerjanya dengan merubah seluruh energiair yang tersedia menjadi energi puntir. Turbin air reaksi dibagi menjadi dua jenis yaitu :1.
 
Francis contoh Turbin Francis2.
 
Propellera.
 
Sudu tetap ( fixed blade ), turbin jenis ini merupakan turbin generasi pertama dan jenisini,karena sudu tidak dapat diatur, maka efesiensinya yang berkurang jika digunakan padakisaran debit yang lebar oleh karena itu dikembangkan jenis dengan sudu dapat diatur agarefesiensi tetap tinggi walaupun kisaran debitnya lebar.b.
 
Sudu dapat diatur ( adjustable blade ) contoh Kaplan,Nagler,Bulb, Moody.
2. Karakteristik Turbin
 
 
Untuk dua turbin atau lebih mempunyai dimensi yang berlainan disebut homologous jika keduaturbin ataui lebih tersebut sebangun geometri dan mempunyai karakteristik sama. Karakteristik suatu turbin dinyatakan secara umum oleh enem buah konstanta yaitu1.
 
Rasio Kecepatan ( O)2.
 
Kecepatan satuan ( N
u
)3.
 
Debit Satuan ( Q
u
)4.
 
Day a satuan ( P
u
)5.
 
Kecepatan Spesifik ( N
s
)6.
 
Diameter Spesifik ( D
s
)
Rasio Kecepatan ( Φ)
 Rasio kecepatan adalah perbandingan antara kecepatan keliling linier turbin pada ujung diameternominalnya dibagi dengan kecepatan teoritis air melalui curat dengan tinggi terjun sama dengantinggi terjun ( H
Neto
) yang bekerja pada turbin.Dengan N adalah putaran turbin rpm ( rotasi per menit), D adalah diameter nominal, H adalahtinggi terjun netto/efektif ( m ).
Kecepatan Satuan ( N
u
)
 Kecepatan satuan ( N
u
) adalah kecepatan putar turbin yang mempunyai diameter ( D ) satusatuan panjang dan bekerja pada tinggi terjun ( H
Neto
 
) satu satuan panjang.Dari persamaan diatas diperoleh korelasi :
 N 
= 84.6
φ
 
HDDengan memasukan nilai D = 1 m dan H = 1 m maka Persamaan menjadiNu = 84.6Akhirnya persamaan dapat ditulis
 ND
 
 H 
 

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->