Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
1Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Struktur Atom

Struktur Atom

Ratings: (0)|Views: 320|Likes:
Published by Indra D. Winarko

More info:

Published by: Indra D. Winarko on Feb 11, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/22/2013

pdf

text

original

 
BAB ISTRUKTUR ATOM DAN SISTEM PERIODIK UNSUR
A. STANDAR KOMPOTENSI 1 : Mendeskripsikan struktur atom,sifat-sifat periodik unsur, danikatan kimia serta struktur molekul dan sifat-sifatnya.B. KOMPETENSI DASAR 1.1 : Mengidentifikasi atom, struktur atom, sifat-sifat unsur, massaatom relatif, dan sifat-sifat periodik dari tabel periodik.Indikator :1. Siswa dapat membandingkan perkembangan sistem periodik melalui studi kepustakaan.2. Siswa mampu menentukan golongan dan perioda unsur-unsur dalam tabel periodik.3. Siswa dapat menentukan struktur atom berdasarkan tabel periodik.4. Siswa dapat menentukan elektron valensi unsur dari konfigurasi elektron dari tabelperiodik.5. Siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan netron suatu unsur berdasarkannomor atom dan nomor massanya atau sebaliknya.6. Siswa dapat menentukan isotop, isoton, dan isobar suatu unsur.7. Siswa dapat menentukan sifat-sifat unsur, massa atom relatif dari tabel periodik.8. Siswa mampu menganalisis tabel periodik atau grafik sifat keperiodikan unsur (jari-jariatom, afinitas elektron, energi ionisasi, dan keelektronegatifan).9. Siswa dapat membandingkan perkembangan teori atom mulai teori atom Dalton hinggateori atom Niels Bohr.
C. MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI :1. SISTEM PERIODIK UNSUR
Untuk mempelajari pengelompokan unsur berdasarkan sifatnya dapatdigunakan suatu tabel yang dikenal nama sistem periodik unsur. Sistemperiodik unsur yang kita gunakan sekarang adalah sistem periodik panjangyang disusun berdasarkan kenaikan nomor atom dan kemiripan sifat.
a. Perkembangan Sistem Periodik Unsur
Perkembangan dasar pengelompokan unsur-unsur adalah sebagai berikut :
1) Pengelompokan berdasarkan logam dan bukan logam
Berdasarkan kemiripan sifat fisik, unsur-unsur dikelompokkan dalam logamdan bukan logam. Unsur logam misalnya, besi, emas, dan tembaga.Unsur bukan logam misalnya, karbon, belerang, oksigen dan nitrogen.
2) Hukum Triade Dobereiner
Dobereiner mengelompokkan unsur berdasarkan kemiripan sifat kimia dankenaikan massa atom, yang tiap kelompok terdiri dari 3 unsur.Hukum Triade berbunyi :
1
 
“Jika tiga unsur di dalam triade disusun menurut kenaikan massa atomnya,massa atom unsur di tengah (ke-2) sama dengan massa atom rata-rataunsur ke-1 dan ke-3”.
3) Hukum Oktaf New Lands
New Lands mengelompokkan unsur berdasarkan kemiripan sifat kimia dankenaikan massa atom. Unsur yang pertama mempunyai sifat seperti unsurke-8 dan seterusnya.Hukum Oktaf dari New Lands berbunyi :“Jika unsur-unsur disusun berdasarkan kenaikan massa atomnya, sifatnyaakan berubah secara teratur atau periodik”.
4) Hukum Periodik Mendeleyev-Lothar Meyer
Penyusunan unsur berdasarkan pada kenaikan massa atom ternyata diikutiperubahan sifat secara periodik. Lothar Meyer mendasarkan pada sifatkimia. Ternyata menghasilkan penemuan yang mirip. Hukum PeriodikModern dikemukakan oleh Mosseley. Unsur disusun menurut kenaikannomor atom, diikuti perubahan sifat secara periodic. Sifat unsurberhubungan dengan konfigurasi elektron, konfigurasi electron berdasarkannomor atomnya. Hukum Periodik Modern disebut Sistem Periodik bentukpanjang.
5) Sistem Periodik Modern/Bentuk Panjang
Sistem periodik ini merupakan hasil penyempurnaan sistem periodikMendeleyev, disusun oleh H. G. J. Mosseley, terdiri atas lajur vertikal ataugolongan dan baris horizontal atau periode. Sistem periodik panjangdigambarkan sebagai berikut :Bagan Sistem Periodik Modern
2
 
Sistem periodik bentuk panjang terdiri atas :
a) Lajur vertikal yang disebut GOLONGAN dan ditulis dengan angkaRomawiGolongan terdiri dari :1. Golongan Utama (Golongan A)
Golongan utama terdiri dari :- Golongan IA : Golongan Alkali- Golongan IIA : Golongan Alkali tanah- Golongan IIIA : Golongan Aluminium- Golongan IVA : Golongan Karbon- Golongan VA : Golongan Nitrogen- Golongan VIA : Golongan Kalkogen- Golongan VIIA : Golongan Halogen- Golongan VIIIA : Golongan Gas Mulia
2. Golongan Transisi (Golongan B)
Golongan transisi ( golongan B ) terdiri dari :- Golongan Transisi (golongan B), yaitu golongan IIIB, IVB, VB, VIB,VIIB, VIIIB, IB, dan IIB- Golongan Transisi Dalam, ada dua deret yaitu :
Æ
Deret Lantanida (unsur dalam deret ini mirip sifat dengan
57
La)
Æ
Deret Aktinida (unsur dalam deret ini mirip sifat dengan
89
Ac)Unsur yang berbeda dalam 1 golongan mempunyai persamaan sifatdisebabkan karena mempunyai elektron valensi (elektron dikulit terluar)yang sama.
b) Lajur Horizontal disebut periode dan ditulis dengan angka Arab
- Periode 1, terdiri dari 2 buah unsur- Periode 2, terdiri dari 8 buah unsur- Periode 3, terdiri dari 8 buah unsur- Periode 4, terdiri dari 18 buah unsur- Periode 5, terdiri dari 18 buah unsur- Periode 6, terdiri dari 32 buah unsur- Periode 7, terdiri dari 23 buah unsur (belum lengkap)
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->