Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Pendahuluan CA Colon Atus

Laporan Pendahuluan CA Colon Atus

Ratings: (0)|Views: 925 |Likes:
Published by Nasha Tueez

More info:

Published by: Nasha Tueez on Feb 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/04/2013

pdf

text

original

 
LAPORAN PENDAHULUAN PADA NY.YDENGAN GANGGUAN PENCERNAAN : CA COLONPOST OP COLOSTOMYDI RUANG BAROKAH INSANI
Disusun oleh :NASIKHATUS SANGADAHA11100710
PROGRAM STUDI S1 KEPERAWATANSEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN MUHAMMADIYAHGOMBONG2013
 
A.Anatomi dan FisiologiUsus besar merupakan bidang perluasan dari ileocecal ke anus. Usus besarterdiri dari cecum, colon, rectum, dan lubang anus. Selama dalam colon, chymediubah menjadi feces. Penyerapan air dan garam, pengsekresian mucus danaktivitas dari mikroorganisme yang termasuk dalam pembentukan feces, dimanacolon menyimpan sampai feces dikeluarkan melalui proses defekasi. Kira-kira 1500ml dari chyme masuk ke cecum setiap hari, tapi lebih dari 90% dari volumedireabsorbsi dan hanya tertinggal 80-150 ml dari feces yang dikeluarkan secara normalmelalui defakasi.Fungsi utama kolon adalah absorbsi air dan elektrolit dari kimus untuk membentuk feses yang padat dan penimbunan bahan feses sampai dapat dikeluarkan.Setengah bagian proksimal kolon berhubungan dengan absorbsi dan setengah distalkolon berhubungan dengan penyimpanan. Karena sebagai 2 fungsi tersebut gerakankolon sangat lambat. Tapi gerakannya masih seperti usus halus yang dibagimenjadi gerakan mencampur dan mendorong.B.DefinisiKanker adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan pembagian sel yang tidak teratur dankemampuan sel-sel ini untuk menyerang jaringan biologis lainnya, baik denganpertumbuhan langsung di jaringan yang bersebelahan (invasi) atau dengan migrasi sel ketempat yang jauh (metastasis). Pertumbuhan yang tidak teratur ini menyebabkankerusakan DNA, menyebabkan mutasi di gen vital yang mengontrol pembagian sel, danfungsi lainnya (Gale, 2000 : 177).Kanker kolon adalah suatu bentuk keganasan dari masa abnormal/neoplasma yangmuncul dari jaringan epithelial dari colon (Brooker, 2001 : 72).Kanker kolon/usus besar adalah tumbuhnya sel kanker yang ganas di dalam permukaanusus besar atau rektum (Boyle & Langman, 2000 : 805).Kanker kolon adalah pertumbuhan sel yang bersifat ganas yang tumbuh pada kolon danmenginvasi jaringan sekitarnya (Tambayong, 2000 : 143).
 
C.Etiologi1.
 
Diet , kebiasaan mengkonsumsi makanan yang rendah serat (sayur-sayuran, buah-buahan), kebiasaan makan makanan berlemak tinggi dan sumber protein hewani.2.
 
Kelainan kolonAadenoma di kolon : degenerasi maligna menjadi adenokarsinoma.Familial poliposis : polip di usus mengalami degenerasi maligna menjadi karsinoma.Kondisi ulserative Penderita colitis ulserativa menahun mempunyai risiko terkenakarsinoma kolon.3.
 
Genetik Anak yang berasal dari orangtua yang menderita karsinoma kolon mempunyaifrekuensi 3 ½ kali lebih banyak daripada anak 
 – 
anakyang orangtuanya sehat.D.Manifestasi Klinis1.
 
Gejala lokalPerubahan kebiasaan buang air besarPerubahan frekuensi buang air besar, berkurang(konstipasi) atau bertambah (diare) .Sensasi seperti belum selesai buang air besar(masih ingin tetapi sudah tidak bisa keluar) dan perubahan diaeter serta ukurankotoran atau feses. Ini merupakan ciri khas dari kanker kolorektal.Feses bercampurdarah atau keluar darah dari lubang pembuangan saat BAB. Feses berwarnakehitaman, biasanya berhubungan dengan terjadinya perdarahan disaluran cernabagian atas.Timbul rasa nyeri disertai mual dan muntah saat buang air besar, terjadiakibat sumbatan saluran pembuangan kotoran oleh massa tumor2.
 
Gejala umumBerat badan turun tanpa sebab yang jelas (ini adalah gejala yang paling umumdisemua jenis keganasan), Hilangnya nafsu makan,sering merasa lelah.E.KlasifikasiKlasifikasi kanker kolon menurut modifikasi DUKES adalah sebagai berikut (FKUI,2001 : 209) :1.
 
A : kanker hanya terbatas pada mukosa dan belum ada metastasis.2.
 
B1: kanker telah menginfiltrasi lapisan muskularis mukosa.3.
 
B2: kanker telah menembus lapisan muskularis sampai lapisan propria.

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Agus Ismail liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->