Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Contoh Makalah Pilihan Kata Dalam Bahasa Indonesia

Contoh Makalah Pilihan Kata Dalam Bahasa Indonesia

Ratings: (0)|Views: 514|Likes:

More info:

Published by: Monicanovira Notgetseparatedaccidentally on Feb 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/12/2013

pdf

text

original

 
CONTOH MAKALAH PILIHAN KATA DALAM BAHASA INDONESIADiajukan Untuk Memenuhi Tugas Mata kuliah BAHASA INDONESIADosen Pengasuh : Drs. Khairil Anwar. Mpd
BAB I
PENDAHULUAN A. Latar BelakangBahasa terdiri atas beberapa tataran gramatikal antara lain kata, frase, klausa, dan kalimat. Katamerupakan tataran terendah & kalimat merupakan tataran tertinggi. Ketika Anda menulis, katamerupakan kunci utama dalam upaya membentuk tulisan. Oleh karena itu, sejumlah kata dalamBahasa Indonesia harus dipahami dengan baik, agar ide dan pesan seseorang dapat mudahdimengerti. Dengan demikian, kata-kata yang digunakan untuk berkomunikasi harus dipahamidalam konteks alinea dan wacana. Kata sebagai unsur bahasa, tidak dapat dipergunakan dengansewenang-wenang. Akan tetapi, kata-kata tersebut harus digunakan dengan mengikuti kaidah-kaidah yang benar.Menulis merupakan kegiatan yang mampu menghasilkan ide-ide dalam bentuk tulisan secara terus-menerus & teratur (produktif) serta mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, perasaan(ekspresif). Oleh karena itu, ketrampilan menulis / mengarang membutuhkan grafologi, struktur bahasa, & kosa kata. Salah satu unsur penting dalam mengarang adalah penguasaan kosa kata.Kosa kata merupakan bagian dari diksi. Ketepatan diksi dalam suatu karangan merupakan hal yangtidak dapat diabaikan karena ketidaktepatan penggunaan diksi pasti akan menimbulkanketidakjelasan makna.
Diksi dapat diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan “cerita” mereka. Diksi
bukan hanya berarti pilih-memilih kata. Istilah ini bukan saja digunakan untuk menyatakan gagasan/ menceritakan suatu peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan.B. Perumusan Masalah Adapun perumusan masalah yang akan dibahas adalah sebagai berikut :1. Pengertian diksi atau pilihan kata dalam Bahasa Indonesia2. Pembentukan kata atau istilah
 
C. TujuanPenulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui arti diksi atau pilihan kata dalam BahasaIndonesia. Dan menghasilkan tulisan yang indah dan enak di baca. sehingga makna dengan tepatpada setiap pilihan kata yang ingin disampaikan.D. Manfaat Adapun manfaat dari dibuatnya makalah ini adalah sebagai berikut :1. Mahasiswa dapat mengetahui pilihan kata yang baik dalam pengolahan kata.2. Menguasai berbagai macam kosakata dan mampu memanfaatkan kata-kata tersebutmenjadi sebuah kalimat yang jelas, efektif dan mudah dimengerti3. Ketepatan dalam pemilihan kata dalam menyampaikan suatu gagasan.BAB IIISI A. Pengertian Diksi atau Pilihan kataDiksi bisa diartikan sebagai pilihan kata pengarang untuk menggambarkan sebuah cerita. Diksibukan hanya berarti pilih memilih kata melainkan digunakan untuk menyatakan gagasan ataumenceritakan peristiwa tetapi juga meliputi persoalan gaya bahasa, ungkapan-ungkapan dansebagainya. Agar dapat menghasilkan cerita yang menarik melalui pilihan kata maka diksi yang baik harusmemenuhi syarat, seperti :
 
Ketepatan dalam pemilihan kata dalam menyampaikan suatu gagasan.
 
Seorang pengarang harus mempunyai kemampuan untuk membedakan secara tepatnuansa-nuansa makna sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan dan kemampuanuntuk menemukan bentuk yang sesuai dengan situasi dan nilai rasa bagi pembacanya.
 
Menguasai berbagai macam kosakata dan mampu memanfaatkan kata-kata tersebutmenjadi sebuah kalimat yang jelas, efektif dan mudah dimengerti.Contoh Paragraf :
 
 
Hari ini Aku pergi ke pantai bersama dengan teman-temanku. Udara disana sangat sejuk.Kami bermain bola air sampai tak terasa hari sudah sore. Kamipun pulang tak lamakemudian.
 
Liburan kali ini Aku dan teman-teman berencana untuk pergi ke pantai. Kami sangat senangketika hari itu tiba. Begitu sampai disana kami sudah disambut oleh semilir angin yang takhenti-hentinya bertiup. Ombak yang berkejar-kejaran juga seolah tak mau kalah untukmenyambut kedatangan kami. Kami menghabiskan waktu sepanjang hari disana, kamipulang dengan hati senang.Kedua paragraf diatas punya makna yang sama. Tapi dalam pemilihan diksi pada contoh paragraphkedua menjadi enak dibaca, tidak membosankan bagi pembacanya.B. Syarat-Syarat Pemilihan Kata1. Makna Denotatif dan Konotatif Makna denotatif adalah makna dalam alam wajar secara eksplisit. Makna wajar ini adalah maknayang sesuai dengan apa adanya. Denotatif adalah suatu pengertian yang terkandung sebuah katasecara objektif. Sering juga makna denotatif disebut makna konseptual. Kata makan misalnya,bermakna memasukkan sesuatu kedalam mulut, dikunyah, dan ditelan. Makna kata makan sepertiini adalah makna denotatif.Makna konotatif adalah makna asosiatif, makna yang timbul sebagai akibat dari sikap sosial, sikappribadi, dan kriteria tambahan yang dikenakan pada sebuah makna konseptual. Kata makan dalammakna konotatif dapat berarti untung atau pukul.Makna konotatif berbeda dari zaman ke zaman. Ia tidak tetap. Kata kamar kecil mengacu kepadakamar yang kecil (denotatif) tetapi kamar kecil berarti juga jamban (konotatif). Dalam hal ini, kitakadang-kadang lupa apakah suatu makna kata adalah makna denotatif atau konotatif.2. Makna Umum dan KhususKata ikan memiliki acuan yang lebih luas daripada kata mujair atau tawes. Ikan tidak hanya mujair atau tidak seperti gurame, lele, sepat, tuna, baronang, nila, ikan koki dan ikan mas. Sebaliknya,tawes pasti tergolong jenis ikan demikian juga gurame, lele, sepat, tuna, dan baronang pastimerupakan jenis ikan. Dalam hal ini kata acuannya lebih luas disebut kata umum, seperti ikan,sedangkan kata yang acuannya lebih khusus disebut kata khusus, seperti gurame, lele, tawes, danikan mas.3. Kata abstrak dan kata konkret.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->