Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Seminar

Seminar

Ratings: (0)|Views: 215|Likes:
Published by Ach Musyaffak

More info:

Published by: Ach Musyaffak on Feb 12, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/10/2013

pdf

text

original

 
 1
BAB IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang
Jantung adalah organ sistem Cardiovaskuler yang mempunyai tugas memompakandan mengatur aliran darah ke seluruh tubuh dan darah merupakan alat pernafasan sel,sehingga apabila ada gangguan pada jantung akan menyebabkan ketidaklancaran suplaioksigen dan zat makanan ke dalam sel, bila keadaan ini terus berlangsung lama akanmenyebabkan kematian dari sel atau jaringan.Gangguan atau penyakit pada sistem cardiovaskuler baik yang disebabkan bawaan,infeksi maupun pola hidup yang salah seperti merokok, stress, kebiasaan makan tinggilemak, garam, minuman beralkohol dan lain-lain, dapat dialami oleh berbagai tingkatusia baik laki-laki maupun perempuan. Salah satu gangguan pada sistemcardiovaskuler adalah decompensatio cordis atau gagal jantung.Gagal jantung adalah suatu keadaan patofisologis berupa kelainan fungsi jantungsehingga jantung tidak mampu memompa darah untuk memenuhi kebutuhanmetabolisme jaringan dan atau kemampuannya hanya ada kalau disertai peninggianvolume diastolik secara abnormal (Arif Mansjoer dkk, 1999:434).Gagal jantung ini berdampak gangguan terhadap sistem lain pada tubuh, kehidupansehari-hari dan menyebabkan kematian apabila tidak ditangani secara cepat dan tepat,oleh karena itu perlu perawatan yang optimal dan komprehensif melalui pendekatanproses keperawatan agar mutu pelayanan yang diberikan meningkat dan dapatmengurangi komplikasi, resiko kambuh ulang dan menurunkan angka kematian yangdisebabkan penyakit decompensatio cordis.
B.
 
Tujuan Penulisan
1.
 
Tujuan UmumMampu menerapkan teori ke dalam praktek asuhan keperawatan pada klienyang mengalami gangguan sistem cardiovaskuler dengan penyakitdecompensatio cordis2.
 
Tujuan KhususPenulis dapat :1)
 
Mengkaji, menganalisa masalah-masalah dan merumuskan diagnosakeperawatan pada klien dengan decompensatio cordis
 
 22)
 
Menyusun rencana keperawatan pada klien dengan decompensatio cordis3)
 
Mempraktekan asuhan keperawatan sesuai perencanaan4)
 
Mengevaluasi hasil asuhan keperawatan yang telah dilaksanakan5)
 
Mendokumentasikan asuhan keperawatan yang telah diberikan
C.
 
Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan yang penulis buat adalah sebagai berikut :BAB 1 Pendahuluan, terdiri dari Latar Belakang, Tujuan Penulisan, MetodePenulisan, dan Sistematika PenulisanBAB 2 Tinjauan Teoritis, terdiri dari Konsep Dasar dari DecompensatioCordis meliputi pengertian, etiologi, patofisiologis dampak terhadapsistem tubuh dan penatalaksanaan serta konsep asuhan keperawatanpada penderita Decompensatio cordisBAB 3 Tinjauan Kasus, meliputi tahap-tahap proses keperawatan yaitupengkajian, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi atau catatanperkembangan.
 
 3
BAB 2TINJAUAN TEORITISA.
 
PENGERTIAN
 Decompensasi cordis adalah kegagalan jantung dalam upaya untuk mempertahankanperedaran darah sesuai dengan kebutuhan tubuh.(Dr. Ahmad ramali.1994)Dekompensasi kordis adalah suatu keadaan dimana terjadi penurunan kemampuanfungsi kontraktilitas yang berakibat pada penurunan fungsi pompa jantung ( Tabrani,1998; Price ,1995).
B.
 
ETIOLOGI
 Mekanisme fisiologis yang menyebabkan timbulnya dekompensasi kordis adalahkeadaan-keadaan yang meningkatkan beban awal, beban akhir atau yang menurunkankontraktilitas miokardium. Keadaan yang meningkatkan beban awal seperti regurgitasiaorta, dan cacat septum ventrikel. Beban akhir meningkat pada keadaan dimana terjadistenosis aorta atau hipertensi sistemik. Kontraktilitas miokardium dapat menurun padainfark miokard atau kardiomyopati. Faktor lain yang dapat menyebabkan jantung gagalsebagai pompa adalah gangguan pengisisan ventrikel ( stenosis katup atrioventrikuler ),gangguan pada pengisian dan ejeksi ventrikel (perikarditis konstriktif dan temponade jantung). Dari seluruh penyebab tersebut diduga yang paling mungkin terjadi adalah padasetiap kondisi tersebut mengakibatkan pada gangguan penghantaran kalsium di dalamsarkomer, atau di dalam sistesis atau fungsi protein kontraktil ( Price. Sylvia A, 1995).
Penyebab kegagalan jantung dikategori kepada tiga penyebab :
 1.
 
Stroke volume : isi sekuncup2.
 
Kontraksi kardiak 3.
 
Preload dan afterloadMeliputi :1)
 
Kerusakan langsung pada jantung (berkurang kemampuan berkontraksi), infark myocarditis, myocarial fibrosis, aneurysma ventricular2)
 
Ventricular overload terlalu banyak pengisian dari ventricle

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->