Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
2Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Distosia Karena Kelainan Vulva Dan Vagina

Distosia Karena Kelainan Vulva Dan Vagina

Ratings: (0)|Views: 464 |Likes:
Published by Anna Andany Lestari

More info:

Published by: Anna Andany Lestari on Feb 14, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2014

pdf

text

original

 
 
Distosia Karena Kelainan Vulva dan Vagina
1. Atresia vulvaAtresia vulva (tertutupnya vulva) ada yang bawaan dan ada yang diperoleh misalnya karenaradang atau trauma. Atresia yang sempurna menyebabkan kemandulan dan yangmenyebabkan distosia hanya atresia yang inkomplit.2. Edema vulvaEdema bisa timbul pada waktu kehamilan. Biasanya sebagai gejala pre-eklamsi akan tetapidapat pula timbul karena sebab lain misalnya gangguan gizi atau malnutrisi atau padapersalinan yang lama. Edema dapat juga terjadi pada persalinan dengan dispoporsi sefalopelvikatau wanita mengejan terlampau lama (terus menerus), sedangkan kepala belum cukup turun.Hal itu mempersulit pemeriksaan dalam danmenghambat kemajuan persalinan yang akhirnya dapat menimbulkan kerusakan luas pada jalan lahir. Kelainan ini umumnya jarang merupakan rintangan bagi kelahiran pervaginam.
 
3. Stenosis vulvaStenosis pada vulva biasanya terjadi sebagai akibat perlukaan dan radang,yang menyebabkanulkus-ulkus dan yang sembuh dengan parut-parut dapat menimbulkan kesulitan, walaupunumumnya dapat diatasi dengan melakukan episiotomi yang cukup luas agar persalinan berjalanlancar.Penanganannya dengan melakukan sayatan median secukupnya untuk melahirkankepala janin4. Tumor vulvaDapat berupa abses bartholini atau kista atau suatu kondilomata, tetapi apabila tidak terlalubesar tidak akan menghalangi persalinan.Kista kelenjar bartholinKista kelenjar bartholin merupakan bentuk radang menahun kelenjar bartholin. Abses kelenjarbartholin diserap isinya, sehingga tinggal kantung yang mengandung cairan yang disebut kistabartholin. Pengobatan kista bartholin adalah dengan mengangkat seluruh kista danmarsivialisasi.Operasi ini memerlukan keahlian sehingga perlu dilakukan di rumah sakitBidan dilapangan yang menemukan kista bartholin perlu merujuk ke rumah sakit sehinggamendapat pengobatan sebagaimana mestinya.
 
Tumor Vulva
Stenosis vagina kongenitalStenosis vagina kogenital jarang terjadi. Lebih sering ditemukan septum vagina yangmemisahkan vagina secara lengkap atau tidak lengkap dalam bagian kiri dan bagian kanan.Septum lengkap adalah septum yang terbentang dalam seluruh vagina dari serviks sampaiintroitus vagina.Septum yang lengkap sangat jarang mengalami distosia, karena separuhvaginayang harus dilewati oleh janin biasanya cukup melebar baik untuk coitus maupun untuklahirnya janin. Akan tetapi septum yang tidak lengkap kadang- kadang menghambat turunnyakepala janin pada persalinan dan harus dipotong terlebih dahulu. Stenosis dapat terjadikarenaparut-parut akibat perlukaan dan radang. Pada stenosis vagina yang tetap kaku dalamkehamilan dan merupakan halangan untuk lahirnya janin,perlu dipertimbangkan seksio sesaria.
Kista vagina
Kista vagina berasal dari duktus Gartner atau duktus Muller, biasanya berukuran kecil dan dapatmenjadi besar sehingga bukan saja mengganggu coitus namun bisa juga menyulitkanpersalinan. Letaknya lateral dalam vagina bagian proksimal, ditengah, distal dibawah orificiumuretra eksternum. Isi kista adalah cairan jernih dan dindingnya ada yang sangat tipis ada pulayang agak tebal. Wanita tidak mengalami kesulitan waktu coitus dan persalinan, karena jarangsekali kista ini demikian besarnya sehingga menghambat turunnya kepala dan perlu di punksi,atau pecah akibat tekanan kepala. Bila kecil dan tidak ada keluhan dibiarkan tapi bila besardilakukan pembedahan. Marsupialisasi sebaiknya 3 bulan setelah lahir.(Ilmu kebidanan, 2005)Adakalanya pada kista terjadi peradangan, bahkan dapat pula terjadi abses. Biasanya absesakan pecah spontan bila ukuranya sudah besar. Apabila tidak, maka perlu dilakukan insisi.Terapi kista vagina pada umumnya tergantung pada besarnya, tempatnya dan saatditemukannya.Kista kecil yang tidak melebihi buah duku biasanya tidak diketahui olehpenderita dan tidak perlu penanganan. Akan tetapi, kista yang besar dan disadari oleh wanitaatau apabila disertai keluhan sebaiknya diangkat. Saat yang paling baik untuk pembedahanadalah diluar kehamilan. Dalam kehamilan tua atau apabila kista baru pertama kali diketahuisewaktu wanita dalam persalinan sikap konservatif lebih baik.

Activity (2)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->