Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Panduan-Access-2007

Panduan-Access-2007

Ratings: (0)|Views: 469|Likes:
Panduan Access 2007 untuk Pembelajaran
Panduan Access 2007 untuk Pembelajaran

More info:

Published by: Tri Kurnialis Tak Bersenjata on Feb 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/26/2013

pdf

text

original

 
 
Singkat-Padat-Jelas
Diktat 
Disusun oleh:
 
 
Pengantar 
Salam pendidikan....
Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena Dia senantiasa memberikannikmatNya, sehingga penyusunan diktat Microsoft Access 2007 untuk mata pelajaranKKPI SMK kelas XI semua jurusan ini telah selesai.Diktat ini disusun guna memberikan bahan acuan pendamping belajar danpraktikum Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi di LaboratoriumKomputer SMK Yos Sudarso Kawunganten. Dalam hal ini diktat ini disusunberdasarkan kurikulum SMK khususnya pada mata pelajaran KKPI. Adapunperinciannya sebagai berikut :Standar Kompetensi : Mengoperasikan Sistem Operasi Software.Kompetensi Dasar :1.
 
Mengoperasikan Software Aplikasi Basis Data.2.
 
Melakukan
 Entry 
Data Aplikasi dengan
Keyboard 
.3.
 
Melakukan
Update 
dan
Delete 
Data dengan Utilitas Aplikasi. Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pembaca yang telahmeluangkan waktu membaca diktat ini. Semoga bermanfaat.Cilacap, Februari 2011Penulis
 
Diktat Microsoft Access 2007
| 1
KD-1 : MENGOPERASIKAN SOFTWARE APLIKSI BASIS DATA 
A.
 
PENGENALAN SOFTWARE BASIS DATA (DATABASE)
 
1.
 
Pengertian Database
Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan bisa lepas dari data. Misalnyadata tentang peserta didik, nilai, harga, makanan, dan lain-lain. Agar datamenjadi suatu informasi yang bermanfaat bagi orang yang membacanya, makadata harus diorganisasikan dan diolah dalam suatu file database. Untuk  pengorganisasian dan pengolahan data dengan komputer dibutuhkan suatusistem manajemen database (DBMS). Dengan DBMS, kita dapat menambah,mengubah, menghapus, dan mengurutkan data sesuai dengan urutan yang sesuaidengan yang diinginkan serta membuat laporan bagi data tersebut.Database atau biasa dikenal dengan basis data adalah kumpulan data yangterhubung dengan suatu objek, topik, atau tujuan khusus tertentu. Contohdatabase antara lain : buku telepon, buku kamus, katalog buku diperpustakaaan,dan lain-lain.
2.
 
Mengenal Microsoft Access 2007
Microsoft Access 2007 atau lebih dikenal dengan sebutan Access 2007merupakan salah satu perangkat lunak yang diperuntukkan untuk mengolahdatabase di bawah system Windows. Dengan menggunakan Microsoft Acces2007 Anda dapat merancang, membuat, dan mengolah database dengan mudahdan cepat.Banyak kemudahan yang akan diperoleh jika bekerja dengan microsoftAccess 2007 diantaranya dapat melakukan proses penyortiran pengaturan data, pembuatan label data serta laporan pembuatan data kegiatan sehari-harimisalnya untuk menampung daftar pelanggan, pendataan data karyawan, danlain sebagainya.
3.
 
Database Dalam Access 2007
Di dalam mengolah database, Access 2007 memiliki sarana atau objek yang dapat mempermudah dalam membangun sebuah database. Adapun objek-objek tersebut antara lain :
 Tabel 1.1 Objek dalam Access 2007
Objek Kegunaan
Table
Merupakan tempat atau sarana untuk penyimpanan data
Query
Digunakan untuk menyaring data dengan berbagai kriteria dan urutanyang diinginkan
 Form
Digunakan untuk memasukkan dan mengubah data atau informasiyang ada didalam suatu database dengan menggunakan tampilanformulir 
 Report 
Digunakan untuk menampilkan atau mencetak data atau informasidalam bentuk laporanAda beberapa istilah yang harus diketahui pada saat bekerja dalamlingkungan Access 2007 yaitu :

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->