Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Metodologi Penyusunan Rpijm Jalan Kabupaten - USMAN WIRYANTO - TEKNIK SIPIL UII YOGYAKARTA

Metodologi Penyusunan Rpijm Jalan Kabupaten - USMAN WIRYANTO - TEKNIK SIPIL UII YOGYAKARTA

Ratings:

4.38

(13)
|Views: 3,311 |Likes:
Published by usman_wir
Studi Penyusunan Program Penanganan Jalan Kabupaten
Studi Penyusunan Program Penanganan Jalan Kabupaten

More info:

Published by: usman_wir on Feb 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2013

pdf

 
 
METODOLOGI PENYUSUNAN RENCANA PROGRAMinvestasi JANGKA MENENGAH (RPiJM) JALAN KABUPATEN DI KABUPATENPURWOREJO TAHUN ANGGARAN 2001
Ir. USMAN WIRYANTO
LAPORAN PENDAHULUAN
1.1 PENDEKATAN UMUM
Pendekatan umum pelaksanaan tugas konsultan Penyusunan RencanaProgram Jangaka Menengah (RPJM) Penanganan Jalan Kabupaten diKabupaten Purworejo Tahun Anggaran 2002 didasarkan atas pemahamanterhadap ruang lingkup dan bidang kerja
Studi Perencanaan Umum dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten 
(SPUPP – JK). Pemahaman secaraumum maupun dalam lingkup detail terhadap semua aspek kegiatanpenyusunan program merupakan kebutuhan dasar yang harus dimiliki olehkonsultan agar sasaran yang diinginkan dapat tercapai sepenuhnya.Dalam kaitannya dengan pemahaman terhadap tujuan dan sasarandari pelaksanaan pekerjaan ini, maka pendekatan umum yang terpentingadalah terhadap aspek – aspek sebagai berikut :
 
Validitas data survai
 
Cara dan metode analisis data
 
Penentuan skala prioritas usulan
 
Penyusunan rekomendasiPenjelasan secara teknis terhadap hal – hal tersebut di atas akandiuraikan pada sub bab tersendiri, sedangkan penjelasan umum adalahseperti uraian berikut.
1.1.1
 
Validitas Data Survai
Konsultan akan melakukan segala upaya yang mungkin dan perluuntuk menjamin agar data survai yang didapat di lapangan dan yang akan
1
 
dipakai sebagai dasar analisis benar – benar teruji validitas ataukebenarannya. Untuk menjamin hal itu, maka jumlah, jenis dan carapelaksanaan survai akan mengacu kepada pedoman survai untuk studiperencanaan umum dan penyusunan program jalan kabupaten yang berlakuselama ini.
1.1.2
 
Cara dan Metode Analisis Data
Analisis data akan dilakukan dengan memakai alat bantu programKRMS (Kabupaten Road Management System) yang merupakan suatu carauntuk menjamin bahwa kegiatan studi perencanaan umum dan penyusunanprogram yang dilaksanakan benar – benar sesuai dengan ketentuan dalam SK– 77.Dengan menggunakan alat bantu KRMS, maka secara otomatis dapatdikatakan bahwa proses dan mekanisme yang dilakukan sudah sesuai denganSK – 77, karena program dimaksud tidak akan bisa berjalan jika ada suatupenyimpangan terhadap proses yang sudah digariskan.
1.1.3 Penentuan Skala Prioritas
Penentuan skala prioritas usulan untuk menyusun suatu rankingpenanganan berdasarkan nilai atau tingkat prioritasnya akan dilakukansecara kuantitatif dan kualitatif. Untuk menjamin agar penilaian skalaprioritas yang disusun oleh konsultan benar – benar sesuai dengan aspirasikepentingan daerah, maka aspek kuantitatif dan kualitatif tersebut sebelumdipakai menjadi pedoman akan didiskusikan terlebih dahulu dengan Sub DinBina Marga DPU Kabupaten Purworejo, Pemimpin Proyek dan instansi lainyang terkait dengan kegiatan pengelolaan jalan kabupaten di KabupatenPurworejo.
1.1.4 Penyusunan Rekomendasi
Untuk menjamin agar rekomendasi yang diusulkan oleh konsultansudah sesuai dengan yang diharapkan, maka dalam proses penyusunanrekomendasi dimaksud konsultan akan melakukan pembahasan secara
2
 
intensif dengan semua pihak yang terkait. Dari hasil pembahasan akan dapatdirumuskan rekomendasi akhir yang sudah mengakomodir aspirasi yang ada.
1.2 PENDEKATAN TEKNIS
Pendekatan teknis dimaksud adalah menyangkut semua aspekketeknik-an yang terkait dengan penyusunan program penanganan jalankabupaten.
1.2.1 Apresiasi Teknis
Pemahaman terhadap bidang kerja penyusunan program secarakeseluruhan maupun dalam lingkup detail merupakan kunci utama agardapat dihasilkan suatu rencana penanganan yang efektif dan efisien. Berikutini adalah apresiasi (pemahaman) umum mengenai prinsip – prinsip dasarmanajemen pengelolaan jalan kabupaten.
1.2.1.1 Siklus Manajemen Pengelolaan
Siklus manajemen pengelolaan jalan dapat dibagai menjadi 2(dua) kelompok utama, yaitu
perumusan sasaran 
dan
perwujudan sasaran 
. Perumusan sasaran meliputi penyusunan rencana jangka panjang,jangka menengah dan program tahunan. Sedangkan yang dimaksud denganperwujudan sasaran adalah semua kegiatan mulai dari perencanaan teknik,pelaksanaan, pengawasan dan pemeliharaan.Perumusan sasaran tergantung kepada input data yang ada,sedangkan perwujudan sasaran akan dinilai dari out – put yang dihasilkan.Dalam kerangka pengelolaan pembangunan jalan yang berkesinambungan,maka out -–put dari kegiatan pengelolaan pada gilirannya akan menjadiinput bagi periode atau siklus kegiatan tahun berikutnya (lihat
Gambar 1 -1
).Kegiatan penyusunan program merupakan bagian pokok dariperumusan sasaran, dimana sebagai input dari kegiatan ini adalah :
3

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
dehasri liked this
lamury liked this
catur069347 liked this
catur069347 liked this
catur069347 liked this
scribddigdo liked this
Josua Sianturi liked this
Romell Gaston liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->