Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perkembangan Peserta Didik

Perkembangan Peserta Didik

Ratings: (0)|Views: 195|Likes:
Published by Teddy Sanjaya
Penyesuaian diri remaja
Penyesuaian diri remaja

More info:

categoriesTypes, School Work
Published by: Teddy Sanjaya on Feb 16, 2013
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOCX, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/01/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN1.1
 
Latar Belakang
Permasalahan bagi manusia akan semakin kompleks ketika mereka menginjak usia remaja, usia dimana mereka masih berada di jenjang pendidikan usia sekolahmenengah. Pada masa itulah mereka mulai mengenal lingkungan atau masyarakat lebihluas, yang selalu dihadapkan pada permasalahan-permasalahan yang lebih rumit danmemerlukan penanganan yang sangat serius.Permasalahan bagi peserta didik usia sekolah menengah timbul baik dari internataupun ekstern yang mana keduanya sangat mengganggu proses belajar dan pembelajaran peserta didik di usia itu. Keingin tahuan pada usia sekolah menengahsangatlah besar karena pada masa itu mereka mencari jati diri dan figur yang di idolakanoleh mereka.Lingkungan sekolah mempunyai pengaruh yang besar terhadap perkembangan jiwa remaja. Selain mengemban fungsi pendidikan (transformasi nilai dan norma sosial).Dalam kaitan dengan pendidikan, peran sekolah tidak jauh berbeda dengan perankeluarga, yaitu sebagai tempat perlindungan jika anak mengalami masalah. Bagi seorang pendidik haruslah tahu keadaan peserta didiknya dan harus bisa mengarahkan pada hal-hal yang positif, sehingga peserta didik pada usia sekolah menengah tersebut akanterarah pada hal-hal positif. Pendidik juga harus mengetahui gejala-gejala yang terdapat pada peserta didik dan memberikan solusi yang terbaik dalam menghadapi keadaan peserta didik. Selain itu, di setiap sekolah lanjutan diadakan guru bimbingan dan penyuluhan untuk membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapinya.
 
2
Dalam makalah ini, membahas tentang permasalah dan upaya penangananmasalah penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menegah.
1.2
 
Rumusan Masalah
1.
 
Apa saja upaya yang dapat dilakukan untuk memperlancar proses penyesuaian diri peserta didik usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan?2.
 
Apa saja masalah penyesuaian diri yang ada di peserta didik usia sekolah menengah(remaja)?3.
 
Bagaimana karakteristik masalah peserta didik usia sekolah menengah (remaja)?4.
 
Apa saja masalah peserta didik usia sekolah menengah (remaja)?5.
 
Bagaimana penanganan masalah remaja dengan cara mekanisme pertahanan diri?
1.3
 
Tujuan
1.
 
Mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk memperlancar proses penyesuaiandiri peserta didik usia sekolah menengah terhadap penyelenggaraan pendidikan.2.
 
Mengetahui masalah penyesuaian diri yang ada di peserta didik usia sekolahmenengah (remaja).3.
 
Mengetahui karakteristik masalah peserta didik usia sekolah menengah (remaja).4.
 
Mengetahui masalah peserta didik usia sekolah menengah (remaja).5.
 
Mengetahui penanganan masalah remaja dengan cara mekanisme pertahanan diri.
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
 Seseorang tidak dilahirkan dalam keadaan telah mampu menyesuaikan diri atautidak mampu menyesuaikan diri. Kondisi fisik, mental dan emosional dipengarungi olehfaktor lingkungan, dimana kemungkinan akan berkembang proses penyesuaian diri yang baik atau yang salah, sejak lahir sampai meninggal seorang individu merupakanorganisme yang aktif. Ia aktif dengan tujuan dan aktivitas yang berkesinambungan. Ia berusaha memuaskan kebutuhan jasmaninya. Penyesuaian diri adalah suatu proses dansalah satu ciri pokok dari kepribadian yang sehat mentalnya ialah memiliki kemampuanuntuk mengadakan penyesuain diri secara harmonis, baik kepada diri sendiri mapunterhadap lingkungannya.Penyesuaian berarti adaptasi, dapat mempertahankan eksistensinya (survive) danmemperoleh kesejahteraan rohaniah, serta dapat mengadakan relasi yang memuaskandengan tuntutan sosial. Penyesuaian diri juga dapat diartikan bagai konvormitas, yangmenyesuaikan sesuatu dengan standart atau prinsip. Definisi lain mengenai penyesuaiandiri yaitu, kemampuan untuk membuat rencana dan mengorganisasi respon- responsedemikian rupa, sehingga bisa mengatasi segala macam konflik, kesulitan, dan frustasi-frustasi secara efisien individu memiliki kemampuan untuk menghadapi realitas hidupdengan cara yang memenuhi syarat. Penyesuaian diri juga dapat diartikan sebagai suatu penguasaan dan kematangan emosional. Kematangan emosional maksudnya ialah secara positif memiliki respon emosional yang tepat pada setiap situasi. Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa penyesuaian diri adalah usaha manusia untuk mencapaikeharmonisan pada diri sendiri dan lingkungannya.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->